Jaeger-LeCoultre Reverso Cal 185, Karya Haute Horlogerie dengan Empat ‘Wajah’

Jaeger-LeCoultre Reverso Cal 185, Karya Haute Horlogerie dengan Empat ‘Wajah’

Brand-brand jam tangan Swiss-made memang tak pernah kehabisan cara untuk menunjukkan eksklusivitas dan ‘kemegahannya’. Kali ini, gebrakan tersebut dihadirkan oleh Jaeger-LeCoultre (JLC) melalui model terbaru Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. Diperkenalkan pertama kali pada pagelaran akbar Watches & Wonders 2021 di Geneva, tak berlebihan kalau jam tangan mewah pria ini layak dilabeli sebagai karya haute horlogerie dengan grandes complications yang menakjubkan. 


Tak tanggung-tanggung, di balik ukuran dan appearance-nya yang nyaris terlihat ‘normal’, jam tangan mewah original JLC Reverso Cal 185 hadir dengan 11 komplikasi high end, mulai dari tourbillon sampai indikator lunar-cycle paling komprehensif. Makin spesial, karena semua komplikasi tersebut dikemas dalam visual yang tetap memanjakan mata, berkat hadirnya inovasi ‘empat wajah’ alias empat dial. Penasaran semenakjubkan apa karya jam tangan terbaru ini? Langsung simak review-nya!

Jam Tangan Mewah Pria Super Kompleks Tapi Tetap Compact 

Jam tangan mewah pria Jaeger LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185
Ini dia, jam tangan dengan empat ‘dial pertama di dunia. (Image : gmtpost)

Menilik deretan jam tangan terdahulu yang hadir dengan 11 komplikasi, hampir semuanya punya proporsi yang cenderung oversized, membuatnya jadi kurang nyaman ‘dilihat’ maupun dipakai. Tapi, Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Cal 185 berhasil mematahkan tren tersebut. Meski elemen yang diperlukan untuk menghadirkan banyak fitur bisa dibilang sangat amat kompleks, nyatanya jam tangan mewah ini tetap memiliki desain yang praktis dan compact. Memungkinkannya tetap wearable dan nyaman digunakan.

Dengan semua kompleksitas elemen dan mekanisme yang dimiliki, JLC Reverso Cal 185 punya rectangle dial berukuran ‘hanya’ 51.2 mm x 31 mm dan ketebalan case relatif ‘normal’ yakni 15.15 mm. Possibility buat mengemas kompleksitas 11 fitur dalam desain yang tetap compact, tak lepas dari inovasi Jaeger-LeCoultre buat menghadirkan empat wajah alias empat dial pada karya terbarunya ini. Yes, Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Cal 185 diklaim merupakan jam tangan Quadriptyque (empat-dial) pertama yang ada di dunia. 

Baca Juga : Mengintip 3 Rilisan Terbaru ORIS di Watches & Wonders 2021.

MembedahWajah’ (Dial) Pertama Jaeger-LeCoultre Reverso Cal 185

Jam tangan mewah original terbaru Jaeger LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185.
Detail ‘wajah’ alias dial utama Jaeger-LeCoultre Reverso Cal 185. (Image : JLC)

Dial pertama Jaeger-LeCoultre Hybris Mechanica Calibre 185, sekaligus menjadi dial utama jam tangan mewah pria ini punya tidak kurang dari 5 komplikasi. Meliputi indikator penunjuk jam dan detik, perpetual calendar penunjuk tahun kabisat, indikator hari dan bulan, indikator siang dan malam, juga tourbillon besar yang terletak di angka 7 dan menjadi center of attention dari dial ini. Kehadiran tourbillon yang berfungsi meningkatkan akurasi semakin mengukuhkan JLC Reverso Cal 185 sebagai haute horlogerie, mengingat makin ke sini hanya wristwatch dengan eksklusivitas tinggilah yang dihadirkan dengan komplikasi tourbillon karena kerumitan dan skill yang diperlukan untuk membuatnya. 

MengintipWajah’ (Dial) Kedua Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Cal 185 

Jaeger LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 untuk pencinta Jaeger LeCoultre Indonesia
Dial kedua Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. (Image : JLC)

Next, kita beralih membedah ‘wajah’ atau dial kedua Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. Dial kedua ini terletak tepat di belakang dial pertama, dan akan terlihat jika kamu membuka sisi depan jam tangan mewah original ini. Pada wajah keduanya, JLC Reverso Cal 185 dibekali fungsi timekeeping dengan jumping hour dan minute repeater. Nah, kalau minute repeater ‘tradisional’ biasanya akan ter-pause sejenak saat berpindah dari jam, menit, dan detik, mekanisme modern yang dihadirkan pada JLC Reverso Cal 185 membuat jam ini bisa melakukan mekanisme switching yang jauh lebih smooth.

Menilik Wajah’ (Dial) Ketiga Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Cal 185

Jaeger LeCoultre Reverso terbaru 2021 jam tangan pria mewah original
Detail dial ketiga Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. (Image : JLC)

Tepat di sebelah dial kedua, alias akan terlihat ketika kamu membuka dial utama, juga akan terlihat ‘wajah’ ketiga Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. Lagi-lagi, inovasi mutakhir JLC terlihat melalui komplikasi moon phase yang ada pada dial ketiga ini. Kalau fitur moon phase tradisional hanya bisa menunjukkan siklus sinodik bulan (siklus dari bulan purnama sampai bulan baru), maka JLC Reverso Cal 185 memiliki dua lunar tracker tambahan, yang juga mampu mendeteksi siklus drakonik dan anomalistik bulan. Yes, jam tangan ini juga bisa mendeteksi kapan gerhana bulan dan matahari akan terjadi (siklus drakonik), serta mendeteksi jarak bulan dan bumi di orbit (siklus anomalistik). Keren, kan? 

Mengupas Wajah’ (Dial) Keempat Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Cal 185

Jam tangan mewah pria limited edition Jaeger LeCoultre harga tinggi original
Dial keempat sekaligus case back Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185. (Image : JLC)

And voila, sampailah kita di ‘wajah’ alias dial keempat jam tangan mewah pria Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 yang juga berfungsi sebagai case back jam ini. Pada dial keempat ini, hanya terdapat satu komplikasi yaitu moonphase display dilihat dari belahan bumi bagian selatan. Dibandingkan dial-dial sebelumnya, wajah keempat ini bisa dibilang paling sederhana dalam hal kompleksitas elemen. Tapi, dari segi visual, case back JLC ini tetap bisa dibilang sangat eye-pleasuring karena dihiasi dekorasi star chart yang indah.

Jaeger-LeCoultre Reverso Cal 185 Hanya Dirilis 10 Buah di Seluruh Dunia 

‘Megah’ baik dari segi desain maupun kompilasi yang dihadirkan, jam tangan mewah pria Jaeger-LeCoultre Reverso Hybris Mechanica Calibre 185 makin spesial karena hanya diproduksi 10 buah saja di seluruh dunia. Jadi gimana para pencinta dan kolektor Jaeger-LeCoultre Indonesia? tertarik ikut memiliki koleksi limited edition yang dirancang dengan in-house movement calibre 185, case material emas putih dengan water resistant 30 meter, dan alligator leather strap ini? Kalau iya, siap-siap aja mengeluarkan budget besar. Karena seri Jaeger-LeCoultre harga tinggi ini dibanderol di angka 1,35 juta euro dan cuma dijual di dealers terpilih. 

Kalau sekarang belum ada budget buat menebus jam ini tenang aja. Masih banyak kok jam tangan pria lain yang nggak kalah berkualitas dan lebih affordable buat kamu bawa pulang sekarang juga. Tinggal intip aja koleksi jam tangan #PastiOri dengan harga terbaik yang ada di Machtwatch – Jamtangan.com, lalu pilih merek dan model yang paling sesuai sama preferensi maupun kantongmu. Mumpung lagi ada Promo Hidayah Ramadan diskon up to 75%!

 

Categories: Watch Reviews