Winding up,
Almost Ready ...

Hands-on Review Spinnaker Fleuss GMT Purple Dial: Pakai Jika Berani!

by Fazriano Oct 10, 2024 7 min read
Hands-on Review Spinnaker Fleuss GMT Purple Dial: Pakai Jika Berani!

Memiliki desain Skin Diver

Henry Fleuss memamerkan alat scuba yang ia kembangkan

Fleuss merupakan koleksi diver’s watch dari Spinnaker yang namanya diambil dari seorang penyelam sekaligus insinyur yang berkontribusi besar pada dunia penyelaman modern, Henry Albers Fluess. Henry Fleuss diakui sebagai penemu alat pernapasan bawah air mandiri atau Scuba pada tahun 1878. Secara desain, Spinnaker Fleuss merupakan homage dari diver’s watch pertama di dunia yaitu Blancpain Fifty Fathoms, tetapi dengan sentuhan yang berbeda. 

Berbeda dari Fleuss generasi sebelumnya, kali ini, Spinnaker menyematkan automatic GMT movement ke seri Fleuss. Dalam hal menyelam, Spinnaker Fleuss GMT memiliki ketahanan air 150 meter. Membuat jam tangan ini tergolong ke dalam jenis skin diver. Skin diving sendiri merujuk kepada olahraga menyelam tanpa menggunakan peralatan selam, sehingga biasanya tidak menyelam terlalu dalam.

Dimensi dan Finishing

Stainless steel case Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 dirancang dengan diameter 43 mm, lug to lug 51 mm, dan ketebalan 13 mm. Meskipun terdengar besar di atas kertas, jam tangan ini memiliki bentuk case yang melengkung sehingga memeluk pergelangan tangan dengan baik. Namun begitu, kami mengharapkan jika suatu saat nanti, Fleuss versi GMT dirilis dalam versi Fleuss 40 mm. 

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 crown
Crown dan bezel Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77

Karena mengusung desain diver, case jam tangan ini diberikan brushed finished pada sisi atas dan samping. Bevel case ini diberikan polished finish. Menurut kami, keputusan ini tepat karena brushed finish membuat goresan-goresan pada permukaan menjadi tidak terlalu terlihat. 

Pada posisi pukul 3 terdapat screw down crown dengan logo Spinnaker yang di-stamp. Hal kecil ini menurut kami ini merupakan sesuatu yang cerdas dari Spinnaker, karena memperhatikan detail kecil untuk jam tangan dengan harga di bawah Rp4 jutaan. Seperti diketahui, stamp logo pada crown lazimnya ada pada jam tangan mewah.

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 glass bezel insert
Glass bezel insert pada Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77


Karena dibekali dengan komplikasi GMT, jam tangan ini dilengkapi dengan 73 clicks bidirectional bezel dan two tone glass insert berwarna ungu dan hitam dengan skala 24 jam. Berbeda dengan koleksi Fleuss generasi sebelumnya yang memakai transparent caseback, jam tangan ini memiliki caseback solid yang diberi gambar peta dunia dan tulisan GMT, menggambarkan zona waktu dunia.

 

Datang dengan Bracelet Beads of Rice dan Rubber Strap

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 menggunakan Beads of Rice bracelet
Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 menggunakan Beads of Rice bracelet

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 datang dengan dua jenis strap berukuran 22 mm, bracelet dan rubber strap. Bracelet yang terpasang pada jam tangan ini memiliki gaya beads of rice (BOR) yang mengecil ke 20 mm pada clasp. Bracelet dengan desain BOR memiliki karakteristik rangkaian lima links di tengah bracelet yang menyerupai bentuk buliran beras atau nasi. Link berbentuk buliran beras tersebut diberikan polished finish dan diapit oleh links terluar yang diberi brushed finish. Adapun clasp pada jam tangan ini bergaya 3-fold ditambah kait pengaman dan double push button. Clasp juga dilengkapi oleh diving extension dengan sistem pengait. 

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 clasp
Clasp bracelet pada Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77
Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 menggunakan rubber strap

Rubber strap yang ada pada kotak jam tangan, memiliki warna ungu dengan keeper hitam serta signed buckle dengan brushed finish. Strap ini dihiasi dengan motif lingkaran di tepinya. Rubber strap yang hemat kami, sepertinya dibuat memakai FKM rubber. Rubber ini juga cukup elastis dan tebal sehingga menawarkan durability dan kenyamanan. Spinnaker membekali kedua strap dengan quick release springbar dengan untuk mempermudah penggantian strap. Lagi-lagi ini merupakan detail sederhana tapi mewah bagi para strap monster enthusiast.

Rubber strap yang include di dalam kotak Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77

Dial Ungu Jarang Kami Temui di Jam Tangan Lain

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 Dull Violet dial
Dial Dull Violet Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77

Dull Violet adalah nama yang Spinnaker berikan untuk warna dial Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77. Kami sangat jarang melihat dial berwarna ungu, terutama untuk jam tangan yang ditujukan untuk pria. Namun, jika kami boleh jujur, mata kami tidak bisa berpaling dari dial jam tangan ini. Ungu yang digunakan Spinnaker memiliki gradasi dari gelap di tepi ke terang di tengah. Pada posisi pukul 12 kamu akan menemukan applied logo Spinnaker berwarna silver polished dan teks “GMT” berwarna kuning di bawahnya. Sedangkan pada posisi pukul 6 terdapat teks “Fleuss” yang ditulis dengan huruf miring. Sedangkan teks “AUTOMATIC” berwarna kuning, serta teks “500FT/150M” berwarna putih. Pada posisi angka tiga terdapat date window persegi yang diberi frame kuning dan di dalamnya terdapat date wheel dengan teks putih dengan latar hitam.

Logo Fleuss pada Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77

Marker jam tangan menggabungkan desain baton dan arabic numeral. Arabic numeral ada pada pukul 12, 6, dan 9. Jarum jam dan menit pada jam tangan ini diberi brushed finish dan bergaya jarum suntik. Sedangkan jarum detik berwarna hijau dan jarum GMT kuning memiliki desain arrow. Chapter ring, marker, bezel serta hands jam tangan ini diberi Swiss Newlite lume yang memiliki warna sedikit kuning ketika tidak menyala sehingga memberikan efek patina. Jenis warna yang menyerupai patina ini sering dinamakan faux-tina atau patina palsu. Kaca jam tangan ini menggunakan box-shaped sapphire crystal yang dilapisi double AR coating, ini merupakan spesifikasi yang cukup tinggi untuk ukuran jam tangan di bawah Rp4 jutaan.

Lume pada Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77

Automatic Movement NH34 Mendukung Office GMT

Caseback Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 memamerkan komplikasi GMT

Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 dibekali dengan TMI automatic movement caliber NH34 (Seiko Group) yang mendukung komplikasi caller/office GMT. Berbeda dengan komplikasi flyer/true GMT yang memiliki mekanisme independent quick set pada jarum jam utamanya, caller/office GMT biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui time zone yang berbeda di belahan Bumi lain. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT yang bergerak jumping hour. Jarum GMT menunjuk ke marker skala 24 jam pada bezel insert

Selain komplikasi GMT, jam tangan ini juga punya komplikasi tanggal, kemampuan hacking dan hand winding. Movement ini memiliki power reserve selama 41 jam dan berdetak sebanyak 21,600 beat per jam. Akurasi jam tangan ini tergolong standar untuk entry level movement, yaitu antara +45 / -35 detik per hari. Reliabilitas movement ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Movement ini sudah menjadi pilihan jam tangan entry level GMT bagi banyak brand, termasuk Spinnaker yang sering menggunakan movement ini pada beberapa model GMT terbaru mereka.

Kesimpulan

Spinnaker tidak pernah gagal dalam menawarkan jam tangan berkonstruksi solid dan spesifikasi gahar dengan harga yang terjangkau. Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 menawarkan bentuk yang familiar dan timeless kemudian memadukannya dengan pilihan warna yang nyentrik. Dengan ketahanan air yang cocok dipakai untuk skin diving dan movement yang cocok untuk memantau zona waktu berbeda, jam tangan dengan dial ungu ini cocok dipakai untuk harian, sebagai beater, bahkan untuk ke kantor jika kamu cukup berani.

Kami masih bertanya-tanya, bagaimana Spinnaker bisa menjual jam tangan ini dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa memiliki Spinnaker Fleuss GMT SP-5120-77 hanya dengan harga Rp3,9 jutaan saja. Jika kamu belum berani mengenakan jam tangan dengan dial ungu, Spinnaker menawarkan warna-warna lain dalam koleksi Fleuss GMT. Cek koleksi Spinnaker terbaru di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more