Winding up,
Almost Ready ...

Hands On Review Seiko SSK041J1: Seiko Presage Cocktail Time Perdana dengan GMT

by Fazriano Oct 01, 2024 6 min read
Hands On Review Seiko SSK041J1: Seiko Presage Cocktail Time Perdana dengan GMT

Dimensi Case

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 on a 7,5 inch wrist
Seiko Presage Cocktail Time SSK041J1 di pergelangan 7,5 inchi

Mirip seperti case para pendahulunya, stainless steel case Seiko Cocktail Time SSK041J dirancang dengan diameter 40,5 mm, ketebalan 12,8 mm, dan lug to lug 47,5 mm. Ukuran tersebut kami nilai cukup pas untuk pergelangan sekitar 7 inchi. Namun, sebagai dress watch, kami merasa bahwa jam tangan ini seharusnya dirancang di dalam case berdiameter di bawah 40 mm dan dibuat lebih tipis lagi. 

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 crown
Crown pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Menambah kesan dressy, jam tangan ini diberikan polished finish pada seluruh permukaan casenya sehingga menambah kilauan. Di posisi angka 3 kamu akan menemukan onion crown yang kami nilai elegan dan senada dengan tekstur pada dial. Kami menghargai adanya simbol Seiko di crown, mengingatkan para watch enthusiast akan jam tangan Seiko terdahulu yang selalu diberikan simbol. Ukuran crown yang besar memudahkan kamu dalam setting atau winding jam tangan. Jam tangan ini memiliki ketahanan air sampai 50 meter. Jam tangan ini memiliki transparent screw down caseback yang memamerkan movement 4R34.

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 leather strap
Strap leather pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Untuk bagian strap, Seiko Cocktail Time SSK041J Acacia dilengkapi dengan leather strap cokelat bertekstur kulit buaya yang sangat cocok dengan dress watch. Adapun lebar lug pada jam tangan ini adalah 20 mm. Ukuran yang standar jika kamu berencana untuk menggantinya. Cek koleksi leather strap 20 mm kami di sini. Kami sangat suka dengan deployment buckle yang datang dengan strap ini, sama halnya dengan quick release spring bar yang memudahkan kamu untuk mengganti strap tanpa alat bantu.

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 deployment buckle
Deployment buckle pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Dial Terinspirasi Cocktail Acacia

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 dial
Dial Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Para watch enthusiast pasti sudah familiar dengan motif sunburst pada lini Seiko Presage Cocktail Time. Seiko Cocktail Time SSK041J datang dengan desain dial dengan tekstur sunburst yang sama seperti para pendahulunya. Jam tangan ini memiliki efek gradasi kuning madu yang sesuai namanya, terinspirasi dari sebuah minuman cocktail bernama Acacia yang mencampurkan Gin dan Benedictine dengan sedikit sentuhan Kirsch serta di-garnish oleh potongan lemon. Jika kamu tidak bisa membayangkan warnanya berdasarkan deskripsi cocktail tersebut, jangan khawatir. Simpelnya, warna jam tangan ini memiliki gradasi dari kuning madu di sisi terluar menjadi silver di tengah dial. Terdapat applied logo di posisi angka 12 dan teks “PRESAGE AUTOMATIC GMT” di posisi angka 6. Di sekujur lingkar luar dial terdapat minute marker berwarna hitam dan teks emas yang menandakan waktu GMT dengan skala 24 jam.

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 dial text
Detail dial Seiko Presage Cocktail Time SSK041
Seiko Presage Cocktail Time SSK041 date window
Date window pada dial Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Hands dan marker pada jam tangan ini memiliki desain dauphine yang sudah dipakai sejak desain Seiko Presage Cocktail Time generasi terdahulu. Mendukung komplikasi GMT, jam tangan ini memiliki jarum keempat berdesain arrow berwarna emas yang menunjuk ke marker berskala 24. Biasanya, desain jarum tersebut dipakai untuk penunjuk power reserve di lini Cocktail Time. Pada posisi angka tiga kamu akan menemukan framed date window yang sedikit memotong marker jam 3. 

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 hands
Hands pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Di atas dial terdapat Hardlex crystal buatan Seiko. Berdesain box-shaped, kaca jam tangan ini tetap memberikan distorsi pada tepinya. Meskipun Hardlex lebih tahan dengan impact, dengan harga yang ditawarkan, kami mengharapkan jam tangan ini dibekali oleh kaca safir. Walaupun demikian, kami memahami bahwa memproduksi kaca safir dengan bentuk box yang tinggi bisa menambah biaya produksi. Namun, kaca Hardlex menurut kami sudah sangat cukup untuk sebuah dress watch yang akan jarang menerima banyak benturan dan goresan.

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 Hardlex crystal
Kaca Hardlex pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Automatic GMT Movement Caliber 4R34

Automatic caliber 4R34 movement in the Seiko Presage Cocktail Time SSK041
Movement caliber 4R34 pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Seiko Cocktail Time SSK041J dibekali dengan in-house automatic movement kaliber 4R34 yang mendukung komplikasi caller/office GMT. Berbeda dengan komplikasi flyer/true GMT yang memiliki mekanisme independent quick set pada jarum jam utamanya, caller/office GMT biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui beberapa time zone yang berbeda. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT secara jumping hour. Jarum GMT menunjuk ke marker skala 24 jam pada dial

Seiko Presage Cocktail Time SSK041 GMT hand
Jarum GMT pada Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Selain komplikasi GMT, jam tangan ini memiliki fitur tanggal, kemampuan hacking dan hand winding. Movement ini memiliki power reserve selama 41 jam dan berdetak sebanyak 21,600 beat per jam. Akurasi jam tangan ini tergolong standar untuk entry level movement dari Seiko, yaitu antara +45 / -35 detik per hari. Reliabilitas movement ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Movement ini sudah menjadi pilihan jam tangan entry level GMT dari Seiko, dimulai dari Seiko 5 GMT, Seiko Presage GMT.

Kesimpulan

Seiko Presage Cocktail Time SSK041

Seri Cocktail Time sudah menjadi affordable dress watch andalan bagi banyak orang. Dengan hadirnya movement GMT 4R34, seri ini menjadi salah satu model yang paling cocok bagi para pebisnis dan pekerja yang harus mengawasi time zone kolega yang berbeda. Seiko Cocktail Time SSK041J bukan termasuk dress watch biasa, karena memiliki water resistant level yang cukup menahan percikan air dan fitur GMT, Seiko mendorong penggunanya untuk memakai jam tangan ini sebagai jam tangan harian. Meskipun kami mengharapkan jam tangan dengan spesifikasi yang lebih di harga Rp7,3 jutaan, kami sangat menghargai Seiko dalam memberikan kami desain klasik yang ikonik dengan movement GMT mereka.

Seiko Cocktail Time GMT datang dengan 3 warna. Jam tangan yang kami bahas adalah SSK041J dengan dial gradasi kuning silver dan strap cokelat. Selain itu, terdapat varian lain yang datang dengan dial biru muda dan bracelet yaitu SSK037J1, serta dial gradasi cokelat dengan strap cokelat yaitu SSK039J1. So, which one would you choose? Apapun pilihannya, pastikan beli di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more