Winding up,
Almost Ready ...

Hands-on Review Casio A1000DN-7DR Premium Series: Full Stainless Steel Case

by Fazriano Oct 16, 2024 6 min read
Hands-on Review Casio A1000DN-7DR Premium Series: Full Stainless Steel Case

Pengalaman Unboxing yang Premium

Casio A1000DN-7DR Premium Series packaging
Packaging premium Casio A1000DN-7DR Premium Series

Saat kamu pertama kali menerima Casio A1000DN-7DR, kamu akan disuguhkan dengan pengalaman unboxing yang berbeda daripada casio lainnya. Sesuai namanya, jam tangan ini datang dengan packaging yang lebih premium. Selain datang dengan outer box berwarna abu-abu dengan teks “CASIO” berwarna silver yang minimalis, jam tangan ini juga datang dengan inner box dengan desain yang serupa, tetapi alih alih teks, kotak bagian ini dipercantik dengan gambar outline Casio A1000DN-7DR. Membuka bagian ini, kamu akan menemukan presentasi yang rapi dengan Casio A1000DN-7DR di sisi kanan dan fabric strap di sisi kiri. Keduanya diamankan dengan tali elastis berwarna putih. Bagian tersebut bisa dibuka untuk mengakses paper. Ini menunjukan bahwa Casio dengan serius menawarkan jam tangan dengan feel yang premium, tidak hanya dari segi kualitas jam tangan, tetapi juga unboxing experience.

Hadir dengan Stainless Steel Case

Casio A1000DN-7DR Premium Series on a 7,5 inch wrist
Casio A1000DN-7DR Premium Series di pergelangan 7,5 inchi

Berbeda dari jam tangan digital bergaya metalik dari Casio lainnya yang terbuat dari chrome-plated resin case dan resin glass, A1000DN-7JR justru dirancang dengan material full stainless steel. Casio A1000DN-7DR memiliki diameter 38 mm, lug to lug 39,6 mm, dan ketebalan yang hanya 7,3 mm. Dimensi ini kami nilai sangat nyaman di pergelangan kecil sampai besar. Desainnya yang tipis juga mendukung untuk dipakai di bawah lengan baju. Jam tangan ini mendukung ketahanan air 30 meter, sehingga masih aman menahan percikan ringan. Screwed on caseback menunjukan spesifikasi, nama module, serta guna masing-masing pusher.

Brushed finish pada case Casio A1000DN-7DR Premium Series

Karena case sudah terbuat dari stainless steel, Casio mampu memamerkan keahlian mereka dalam memberikan finishing yang premium melalui hairline brushed finish dengan transisi yang rapi ke polished finish. Adapun bagian yang diberi brushed finish adalah pada bezel dan sisi atas lug, sedangkan sisi samping dan atas case diberi polished finish. Solid stainless steel bracelet meneruskan brushed finish pada lug. Walaupun Bracelet hanya dilengkapi dengan pressed 3-folds clasp dengan double push button, kami sangat menghargai adanya quick release springbar untuk mengganti strap lebih mudah

Dilengkapi Cloth Fabric Strap Tambahan

Casio A1000DN-7DR Premium Series dilengkapi dengan cloth strap beserta lug extender

Quick release springbar diberikan dalam kemasan Casio A1000DN-7DR karena jam tangan ini datang dengan tambahan fabric strap dengan style NATO berwarna abu-abu. Material strap tambahan tersebut menurut kami dibuat dengan baik karena memiliki buckle yang tebal dan keeper yang bisa diatur posisinya. Namun begitu, akan lebih baik lagi jika strap ini dibuat dari material yang lebih tidak kaku dan buckle-nya diberikan logo brand.

Buckle cloth strap Casio A1000DN-7DR Premium Series

Untuk memasang NATO strap, Casio juga memberikan lug extender agar strap bisa masuk dengan mudah. Lug extender tersebut diberikan brushed finish dan dilengkapi dengan quick release springbar. Menurut kami, hadirnya strap beserta lug extender-nya lebih jauh menunjukan komitmen Casio dalam memberikan pengalaman premium pada koleksi ini.

Dial dengan Brushed Finish

Dial silver pada Casio A1000DN-7DR

Serasi dengan material stainless steel, Casio A1000DN-7DR Premium Series pada sekeliling digital display-nya, memiliki dial yang juga diberi hairline brushed finish yang serasi dengan case dan bracelet. Sama seperti case dan bracelet, finishing ini memantulkan cahaya sehingga membuat kami terpaku melihatnya.

Brushed finish membingkai display digital
Brushed finish membingkai display digital

dilindungi oleh mineral crystal. Kami mencurigai Casio meletakan teks di sisi bawah kaca karena teks pada jam tangan ini terlihat mengambang. Adapun teks pada dial dibuat sesimpel mungkin dengan logo Casio di posisi pukul 12, teks “ILLUMINATOR” di posisi pukul 6, lambang ketahanan air di posisi sekitar pukul 1, serta teks kegunaan masing-masing pusher terletak sejajar dengan pusher pada case.

Module 3479 dengan Fitur Super Illuminator

Super Illuminator pada Casio A1000DN-7DR Premium Series

Casio A1000DN-7DR Premium Series dibekali dengan in-house digital quartz movement module 3479. Module ini mirip dengan movement yang digunakan pada seri F-91W, A159, A168 dan semacamnya. Perbedaan utama module ini dengan module terdahulu adalah hadirnya Super Illuminator, yaitu lampu LED berwarna putih yang menyinari hampir seluruh positive display. Lampu LED tersebut menambah kesan premium pada jam tangan. 

Selain lampu LED, module ini juga mendukung fitur-fitur standar yang biasanya ada pada Casio digital, seperti auto calendar hourly time signal, stopwatch, dan alarm. Jam tangan ini memiliki pusher pada kiri bawah untuk mengganti mode, pusher pada kiri atas untuk menyalakan lampu LED, dan pusher pada kanan bawah untuk mengganti mengaktifkan beberapa fitur tergantung pada mode yang sedang digunakan. Module ini memiliki dibekali baterai dengan cadangan daya 3 tahun.

Final Thought

Casio A1000DN-7DR Premium Series
Casio A1000DN-7DR Premium Series

Tidak heran Casio dijuluki brand  “God Tear” oleh Nico Leonard, seorang pengusaha jam tangan sekaligus seorang Youtuber jam tangan terkenal. Casio A1000DN-7DR Premium Series menawarkan jam tangan bergaya retro-modern yang kaya akan fitur dan material yang premium. Jam tangan ini menjadi jawaban dari doa-doa dari fans Casio yang menginginkan jam tangan bergaya seperti A158WA-1DF dan A168WA-1WDF namun dengan stainless steel case dan bracelet

Komitmen Casio dalam memberikan pengalaman premium tercerminkan dengan desain packaging yang minimalis dan terlihat premium jika dibandingkan dengan seri Casio Standard lainnya. Hadirnya strap tambahan juga membuktikan bahwa Casio serius dalam memberikan pengalaman yang maksimal. Dibanderol dengan harga Rp3,2 jutaan, Casio A1000DN-7DR Premium Series cocok untuk dipakai untuk harian, untuk menghadiri acara formal, atau hanya untuk sekedar melengkapi koleksi Casio bergaya retro-modern yang kamu kamu. Cek koleksi Casio lainnya di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more