GA-B001: Konstruksi Bezel dan Strap Baru dari G-Shock

G-Shock GA-B001, inovasi baru Casio pada konstruksi dan tampilan yang cukup menjanjikan di masa depan. Simak ulasan lengkapnya disini!
g shock GA-B001

Casio akhirnya memperkenalkan family baru dari seri G-Shock yang menawarkan beberapa inovasi baru, yaitu GA-B001. Sebelum rilis pada Agustus lalu, beberapa bocoran foto dari seri ini sempat beredar di dunia maya. Dari bocoran itu, terlihat konstruksi baru pada bagian bezel dan strap-nya. Desainnya tersebut langsung jadi bahan omongan para pecinta jam tangan, khususnya Casio G-Shock.

Kali ini, Minwatch akan mengulas beberapa detail menarik dari seri G-Shock GA-B001.

Bezel dan Strap G-Shock GA-B001 yang Menyatu

G-Shock GA-B001
G-Shock GA-B001. sumber : https://www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001-4A/

Hal yang cukup menarik perhatian banyak pecinta G-Shock adalah model bezel dan strap-nya yang tidak umum, yang mana kedua bagian ini menjadi satu kesatuan. Konstruksi baru ini dikembangkan oleh Casio dan sekaligus menjadi hal baru yang hadir di jejeran G-Shock. Model dari GA-B001 diperkirakan akan jadi masa depan seri G-Shock yang menjanjikan.

Inovasi pada model baru ini tentunya dibangun tanpa menghilangkan identitas G-Shock sebagai jam tangan yang tangguh serta tahan goncangan. Bagian strap dan bezel yang jadi satu bagian diikat oleh sekrup pada bagian samping, atas, dan bawah jam sehingga cukup kuat dan aman.

Bagian bezel dan strap dari seri GA-B001 terbuat dari resin. Material ini cukup umum digunakan pada jam tangan outdoor, salah satunya seri G-Shock karena terbukti cukup efektif dalam melindungi bagian jam. Selain itu, bahan resin dapat dibersihkan dengan mudah serta nyaman di kulit.

Pada bagian case, GA-B001 memiliki bentuk segi delapan yang sekilas mirip dengan G-Shock GA-2100, yang mana seri ini rilis lebih dulu. Material yang dipakai pada case adalah karbon, sehingga jam digital ini punya bobot yang cukup ringan, yaitu 51 gram. Dengan ukuran case 42,5 × 46 × 13,8 mm, seri G-Shock ini cocok digunakan oleh pria yang memiliki pergelangan tangan sedang hingga besar.

Tak hanya tangguh, G-Shock GA-B001 juga menawarkan kenyamanan saat dikenakan. Casio percaya bahwa inovasi ini dapat membuat seri GA-B001 jadi lebih ergonomis dalam pemakaiannya. Konstruksi jam tangannya dibentuk menyesuaikan pergelangan tangan sehingga akan meminimalisir ruang kosong di antaranya.

Fitur Bluetooth G-Shock GA-B001 yang Bisa Terhubung dengan Smartphone

Fitur Bluetooth G-Shock GA-B001
Fitur Bluetooth G-Shock GA-B001. Sumber : https://www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001G-1A/

Selain bagian bezel dan strap, G-Shock GA-B001 menawarkan fitur bluetooth yang bisa tersambung dengan smartphone. Fitur bluetooth ini diklaim hemat energi serta bisa menjangkau sinyal hingga radius 2 meter. Dengan adanya fitur tersebut, kamu bisa mengatur beberapa fungsi pada GA-B001 via aplikasi Casio Watches. Bagi kamu pengguna Android maupun iOS, aplikasi ini bisa diunduh di Google Play maupun Apple App Store.

Ada beberapa fitur yang dapat diatur, antara lain pengaturan waktu otomatis, stopwatch, countdown timer, kalender, pengaturan lampu LED hingga phone finder. Untuk pengaturan zona waktu, G-Shock GA-B001 bisa menyesuaikan 38 zona waktu atau sekitar 300 kota di dunia dengan otomatis. Ditambah lagi, fitur hand shift yang dapat memenuhi kebutuhan para traveler yang sering berpindah tempat, yang mana tampilan bahasa pada tanggal, bulan, dan hari dapat diganti ke 6 bahasa internasional, yakni Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, dan Rusia.

Fungsi stopwatch dan countdown timer pada G-Shock GA-B001 punya kapasitas pengukuran mencapai 24 jam. Untuk fungsi alarm, seri ini bisa mengatur 5 alarm harian serta sinyal bunyi yang bisa diterapkan pada setiap jam. Terdapat juga fitur water resistant 20 bar yang memungkinkan jam digital ini bisa tahan air hingga kedalaman 200 meter. Dengan spesifikasi tersebut, Casio menawarkan jam tangan digital fungsional yang berkualitas.

Tampilan Dial G-Shock GA-B001 yang Modern

Dial G-Shock GA-B001
Dial G-Shock GA-B001. Sumber : https://www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001G-2A/

Tak hanya bentuk case, model dial Ana-Digi atau analog digital pada G-Shock GA-B001 menyerupai seri, yaitu GA-2100. Namun, terdapat detail penting yang membuat seri barunya ini berbeda, yaitu indeks jam yang berbentuk bulat dengan highlight pada outline-nya. Terdapat 2 jarum analog, indeks jam berbentuk bulat, serta layar digital pada bagian kanan bawah dial-nya. Penggabungan tampilan analog dan digital ini cukup berhasil diterapkan oleh Casio, sehingga tampilan dial GA-B001 terlihat lebih modern. 

Layar digital pada G-Shock GA-B001 cukup kecil, namun dapat menampilkan beberapa informasi dengan efektif. Beberapa indikator dapat dipantau pada layar digital, antara lain bluetooth, alarm, tachymeter, stopwatch, hingga kalender. Elemen desain serta tulisan pun ditempatkan dengan rapi, sehingga penggunanya tidak pusing. Bahkan, logo ikonik Casio G-Shock masih terlihat jelas karena perpaduan warna yang kontras.

Material kaca yang terbuat dari mineral glass cukup membuat tampilan dial terlihat lebih jernih walau tidak dilengkapi fitur anti-refleksi. Selain itu, jam tangan digital ini punya fitur malam, yaitu double LED light. Pada bagian dial utama dan layar digitalnya terdapat LED light dan backlight yang bisa diatur durasi iluminasinya (1,5 detik atau 3 detik).

Baterai G-Shock GA-B001 Tahan Hingga 2 Tahun

Ilustrasi Baterai G-Shock GA-B001
Ilustrasi Baterai G-Shock GA-B001. Sumber : https://www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001G-1A/

Setelah mengulas eksterior serta fitur canggihnya, bagian yang tak kalah penting adalah baterai jam. G-Shock GA-B001 merupakan jam tangan analog digital yang digerakan oleh tenaga baterai. Baterai pada umumnya menjadi tolok ukur kualitas suatu jam digital.

Dibekali dengan 2 batu baterai seri SR726W, Casio mengklaim bahwa G-Shock GA-B001 punya masa pakai hingga 2 tahun. Penambahan beberapa fitur seperti bluetooth tampaknya cukup menguras tenaga baterai, yang mana seri GA-2100 yang tidak dilengkapi fitur bluetooth dapat bertahan hingga 3 tahun. Untuk ketepatan waktunya, kedua jam tangan digital ini punya akurasi waktu yang sama, yakni +-15 detik per bulan.

4 Varian Warna dari G-Shock GA-B001 

G-Shock GA-B001 
G-Shock GA-B001 . Sumber : https://www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001G-2A/

Dengan konstruksi baru yang dibalut desain yang modern, Casio luncurkan 4 seri G-Shock GA-B001 dengan 4 variasi warna. Seri GA-B001-1A dan GA-B001-4A punya model warna yang solid. Sedangkan, seri GA-B001G memiliki gradasi warna yang tembus cahaya.

Model G-Shock GA-B001

  • GA-B001-1A: Hitam
  • GA-B001-4A: Merah
  • GA-B001G-1A: Hitam, Merah
  • GA-B001G-2A: Hitam, Biru

Buat yang nungguin G-Shock GA-B001, kamu pantengin aja Jamtangan.com. Kamu juga bisa dapatkan seri G-Shock terbaru lainnya di ecommerce jam tangan nomor satu di Indonesia ini. Dan jangan lupa gunakan fitur alarm pengingat, biar kamu ga melewatkan jam tangan incaranmu.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

casiofanmag.com/news/ga-b001-with-integrated-strap-and-bezel

casiofanmag.com/news/ga-b001-the-new-casioak-with-bluetooth

www.casio.com/intl/watches/gshock/product.GA-B001-1A

www.casio.com/intl/news/2022/0823-ga-b001

yangcanggih.com/2022/08/24/casio-g-shock-ga-b001

Total
0
Shares
Previous Article
G Shock Paisley

G-Shock Paisley, Hadir Pertama Kali dengan Dial Biru

Next Article
Seiko Diver - Prospex Re-Interpretation 1968

3 Seri Klasik Seiko Diver: Prospex Re-Interpretation 1968

Related Posts