Ekspansi Seagull di Pasar Internasional

Ekspansi Seagull di Pasar Internasional

Tianjin merupakan kota yang sangat strategis dan menjadi sumber terbesar kegiatan perekonomian terutama melalui industri. Kota ini terletak di antara propinsi Hebei dan Beijing. Tianjin termasuk salah satu kota dengan perkembangan yang pesat di Cina (bahkan dunia). Hal ini tentunya sangat berpengaruh juga bagi manufaktur-manufaktur yang ada di dalamnya, termasuk Seagull.

Construction workers at work, TianjinGambar 1. Pemandangan Kota Tianjin

September 2008 merupakan bulan yang bersejarah bagi Tianjin Seagull Watch Group. Perusahaan ini mencuri perhatian internasional karena dapat menembus pasar Eropa (saat itu melalui sebuah agen). Website Seagull untuk pasar Eropa telah diluncurkan dan mendapat respon yang besar oleh masyarakat luas. Website tersebut menawarkan produk-produk utama yang berkualitas tinggi.

Oktober 2008, tongkat estafet pemasaran telah sampai di Amerika Serikat (AS). Adalah Mr Kevin Ma yang akhirnya menjadi manajer dari www.usseagull.com yang menjadi ujung tombak di pasar AS. Tidak seperti di Eropa, Seagull lebih cepat berkembang di AS. Pengembangan website-nya begitu pesat hingga pelanggan dapat langsung membeli melalui website tersebut.

2011 - Animated Minute RepeaterGambar 2. Animated Minute Repeater, Salah Satu Produk Limited Edition yang Bernilai Sangat Tinggi

Harga produk Seagull di pasaran berkisar mulai 1500 Yuan (sekitar USD 242 atau Rp 3,2 juta) hingga 1,5 juta Yuan (sekitar USD 242,000 atau Rp 3 M). Mesin jam tangan buatan Tianjin Seagull Watch Group ini juga dijual di pasaran untuk dipakai merk jam lain. Namun, hal ini justru membuat produk-produknya direplika (dipalsukan). Beberapa oknum membeli mesin jam tangan dari Seagull lalu menjualnya ke penadah sebelum akhirnya dibeli oleh kelompok pemalsu jam. Sekilas memang tampak sama mengingat mesinnya memang berkualitas. Akan tetapi pembuatan cover/bagian body jam tangan bukan buatan resmi dari Seagull. Para penggemar atau pemilik jam tangan hendaknya mempelajari terlebih dahulu ciri-ciri asli jam tangan Seagull sebelum membeli. Tentunya jam tangan asli selalu dibuat dari bahan dasar pilihan terbaik dari stainless stell atau emas putih atau emas kuning. Para pengguna jam tangan dianjurkan untuk tidak tergiur dengan harga yang ekstrim rendah agar terhindar dari barang palsu/tiruan.

catalogue-34í¬35Gambar 3. Tourbillon, Salah Satu Produk Unggulan Seagull

Selain dikenal sebagai penyuplai mesin otomatis/automatic movement untuk merk-merk jam tangan kelas dunia, Seagull juga memiliki unggulan lain yaitu tourbillon. Ditegaskan oleh Mr Jian Wang, pada September 2010 di Europa Star Magz, bahwa Cina memiliki 6 perusahaan yang memproduksi tourbillon. Tourbillon merupakan bagian dari jam tangan yang berfungsi sebagai penyeimbang yang meminimalisasi efek dari gravitasi agar jam dapat beroperasi dengan baik dalam posisi apapun. Tourbillon buatan Seagull memiliki kualitas terbaik dan menjadi salah satu dari tiga perusahaan besar yang diakui dunia. Oleh karena itu, Seagull juga termasuk produsen jam tangan yang bersaing dengan Swiss dan memperbaiki citra “made in China” karena mempunyai akurasi penunjuk waktu yang baik (+/- 5 detik atau +/- 10 detik). Hal ini sempat menjadi bahasan di forum jam tangan di internet serta selalu dibandingkan dengan merk-merk Swiss. (machtwatch)

Klik di sini untuk informasi langsung produk jam tangan Seagull

Categories: Sea-Gull, Watch Brands