Deretan Seiko 5 Sports Limited Edition Terpopuler, Mana yang Jadi Incaranmu?

Penasaran dengan koleksi Seiko 5 Sport limited edition mana saja yang begitu populer? Simak ulasan Minwatch selengkapnya di bawah ini!

seiko 5 sports limited edition
seiko 5 sports limited edition

Seiko 5 Sports jadi salah satu sport watch atau dive watch andalan dari Seiko yang terkenal dengan durabilitasnya. Tak hanya punya desain yang tangguh, seri ini juga didesain dengan stylish sehingga versatile untuk digunakan sehari-hari. Selain itu, Seiko 5 Sports seringkali membuat koleksi dari hasil kolaborasi secara limited edition yang sayang untuk dilewatkan. 

Penasaran dengan koleksi Seiko 5 Sport limited edition mana saja yang begitu populer? Simak ulasan Minwatch selengkapnya di bawah ini!

Seiko 5 Sports Pertama Kali Diperkenalkan pada Tahun 1963

Seiko Sportsmatic 5
Seiko Sportsmatic 5. Sumber: diywatch.club

Jam tangan Seiko 5 yang pertama kali diluncurkan adalah model Seiko Sportsmatic 5 yang memulai debutnya pada tahun 1963 lalu. Ini menjadi jam tangan automatic day-date pertama dari Seiko. Sementara angka ‘5’ pada nama seri ini merepresentasikan 5 atribusi utama yang digaungkan oleh seri Seiko 5, yaitu automatic movement, tampilan day-date di posisi pukul 3, tahan air, crown pada posisi pukul 4, serta konstruksi case dan bracelet yang tahan lama. 

Deretan Seiko 5 Sports Limited Edition yang Paling Populer

Umumnya, Seiko 5 Sports limited edition menghadirkan kolaborasi dengan figur-figur menarik atau dirilis pada momentum tertentu. Sehingga tak heran kemunculannya akan ramai diperbincangkan dan diincar oleh para penggemarnya. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 jam tangan dari seri Seiko 5 Sports yang paling populer dan jadi incaran para kolektor:

1. Seiko 5 Sports x Rowing Blazers 

Seiko 5 Sports x Rowing Blazers.
Seiko 5 Sports x Rowing Blazers. Sumber: Worn & Wound

Pertama adalah dari kolaborasi Seiko dengan brand fashion asal Amerika yaitu Rowing Blazers. Seri ini terinspirasi dari budaya dan fashion pop Hollywood  tahun 60-an dan 70-an. Rilis pada tahun 2022 lalu, Seiko 5 Sports x Rowing Blazers menghadirkan empat variasi warna dial yang menarik yaitu dial oranye (SRPJ57),  lime green dial (SRPJ59), sky blue dial (SRPJ61), dan dial hitam (SRPJ63). Pilihan warna tersebut diambil dari ciri khas Rowing Blazers yaitu “croque stripe” yang terlihat pada koleksi fashion mereka. 

Jam tangan ini punya case dan bezel dari stainless steel dengan ukuran case 40 mm. Selain itu, seri ini juga didesain dengan chamfered polished bezel dengan engraved crown yang menampilkan brand ‘R.B’. Sementara untuk movement-nya menggunakan automatic movement dari Seiko Caliber 4R36 yang punya 24 jewels, berdetak pada 21.600 vph, dan cadangan daya tahan hingga 41 jam.  Seiko 5 Sports x Rowing Blazers Limited Edition hanya diproduksi 888 unit saja, harganya dibanderol sekitar Rp14 jutaan. 

Berkat keberhasilan kolaborasi ini, Seiko 5 Sports x Rowing Blazers kembali meluncurkan koleksi terbarunya untuk musim panas pada Mei 2023 lalu, yang juga hanya diproduksi sebanyak 888 unit. 

2. Seiko 5 Sports x Kosuke Kawamura 

Seiko 5 Sports x Kosuke Kawamura
Seiko 5 Sports x Kosuke Kawamura

Berikutnya adalah kolaborasi Seiko 5 Sports dengan Kosuke Kawamura, seorang desainer grafis yang menjadikan jam tangan ini sebagai kanvasnya. Kosuke Kawamura mengambil inspirasi dari model Seiko Time Sonar di tahun 1970-an untuk desain dial dan hands-nya. Seri ini hadir dengan dua model yang didesain dengan dial transparan dan punya dua kombinasi warna. 

Pertama yaitu SRPJ41 yang menampilkan dial berwarna tangerine dan teal, lalu SRPJ43 yang punya dial berwarna teal dan hitam. Karena dial-nya transparan, kamu dapat melihat roda day-date dengan jelas. 

Bagian caseback Seiko 5 Sports x Kosuke Kawamura SRPJ43 
Bagian caseback Seiko 5 Sports x Kosuke Kawamura SRPJ43 

Seri ini jadi kolaborasi terbaik antara jam tangan dengan seni. Sementara model bezel 42,5 mm ini mengambil inspirasi dari Seiko 5 vintage dan Seiko Rally Divers. Jam tangan ini ditenagai dengan Seiko Calibre 4R36 dengan cadangan daya hingga 41 jam yang dapat dilihat dari bagian caseback yang tercetak tanda tangan sang seniman. 

Kedua jam tangannya terintegrasi dengan stainless steel bracelet dan ekstra NATO strap berwarna hitam. Untuk SRPJ41 hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit sementara SRPJ43 hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja, harganya dibanderol sekitar Rp9 jutaan. 

3. Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91

Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91
Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91

Apakah kamu salah satu penggemar Kamen Rider? Maka seri limited edition yang satu ini jangan sampai terlewatkan! Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91K1 hadir dalam perayaan anniversary Seiko 5 Sports ke-55. Desain jam tangan ini terinspirasi dari Seiko 5126-8090 yang rilis pada tahun 1968. Jam tangan tersebut digunakan oleh Hiroshi Fujioka, aktor pemeran Takeshi Hongo di Masked Rider 1 (atau Kamen Rider Ichigo).

Wajah Seiko 5126-8090 yang Rilis 1968 lalu
Wajah Seiko 5126-8090 yang Rilis 1968 lalu. Sumber: Fratellowatch

SRPJ91 memiliki stainless steel case berdiameter 42,5 mm dengan ketebalan 13,4 mm yang terintegrasi dengan calfskin strap. Jam tangan ini juga dibekali curved Hardlex crystal serta Lumibrite pada bagian hands dan indeks marker. Sementara dial-nya berwarna hijau bertekstur yang terinspirasi dari helm Masked Rider 1. Adapun bagian belakang leather strap berwarna merah seperti warna scarf yang biasa digunakan Masked Rider 1. 

Bagian caseback Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91
Bagian caseback Seiko 5 Sports Masked Rider SRPJ91

Menariknya, pada bagian caseback semi transparannya menampilkan logo Tachibana Racing yang digunakan pada desain sepeda motor dan belt Masked Rider, lengkap dengan tulisan ‘Limited Edition’. Seri ini hanya diproduksi sebanyak 4.000 unit dan dibanderol  dengan harga Rp5 jutaan. 

4. Seiko 5 Sports × Peanuts “Surfboard” SRPK25

 Seiko 5 Sports x Peanuts “Surfboard” SRPK25
 Seiko 5 Sports x Peanuts “Surfboard” SRPK25

Masih dalam perayaan anniversary Seiko 5 Sports ke-55, Seiko berkolaborasi dengan Peanuts yang menampilkan jam tangan dengan desain karakter Snoopy yang menggemaskan. Koleksi ini hadir dalam dua model, yaitu SRPK27 ‘Parachute’ dan yang paling populer adalah SRPK25 ‘Surfboard’. 

Model ini memiliki stainless steel case berukuran 38 mm dan ketebalan 12,1 mm yang terintegrasi dengan nylon strap berwarna abu-abu putih. SRPK25 yang menggunakan basis desain SKX style juga dilengkapi dengan undirectional rotating bezel berwarna hitam, Hardlex crystal, serta Lumibrite untuk menambah visibility

Bagian caseback Seiko 5 Sports × Peanuts “Surfboard” SRPK25
Bagian caseback Seiko 5 Sports × Peanuts “Surfboard” SRPK25

Sementara pada dial putihnya terdapat karakter Snoopy yang memegang surfboard bertuliskan ‘Seiko 5 Sports’. Lalu di bagian caseback terdapat tulisan ‘Limited Edition’ lengkap dengan gambar Snoopy sedang berselancar di pantai. Jam tangan ini digerakkan oleh Caliber 4R36 dengan cadangan daya tahan hingga 41 jam. 

Seiko 5 Sports x Peanuts “Surfboard” Limited Edition hanya diproduksi sebanyak 8.900 unit saja dan sebentar lagi akan hadir di Jamtangan.com, pantengin terus ya. 

5. Seiko 5 Sports AUTO MOAI 

Seiko 5 Sports AUTO MOAI
Seiko 5 Sports AUTO MOAI

Terakhir adalah hasil kolaborasi Seiko dengan seniman asal Jepang, AUTO MOAI yang dirilis pada tahun 2021 lalu. AUTO MOAI merupakan seorang seniman yang bekerja dengan tema ‘anonymity’. Kolaborasi ini hadir dalam dua model, yaitu SRPG43 yang didominasi warna putih dan hanya diproduksi sebanyak 1.500 unit serta SBSA125 yang didominasi warna hitam yang hanya diproduksi sebanyak 300 unit saja. 

Bagian dial-nya menampilkan motif ikonis dari AUTO MOAI yaitu “faceless figures“. Sementara pada leather strap-nya menampilkan pandangan AUTO MOAI terhadap dunia dengan menampilkan ilustrasi yang sama.

Bagian caseback Seiko 5 Sports AUTO MOAI SBSA125

Jam tangan ini dibekali dengan caliber 4R36 dengan cadangan daya tahan hingga 41 jam yang dapat terlihat dari caseback transparan lengkap dengan desain ilustrasi “faceless figures” AUTO MOAI yang ikonis. Seiko 5 Sports AUTO MOAI sangat populer berkat desainnya yang artistik, koleksi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp6,5 jutaan.


Itulah deretan Seiko 5 Sports Limited Edition yang paling populer dan banyak diincar. Tertarik mengoleksinya? Kamu bisa dapatkan berbagai koleksi Seiko lainnya dengan harga terbaik di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
timex indiglo

Jam Tangan Timex Indiglo, Dial-nya Mampu Berpendar Begitu Terang pada Kondisi Gelap

Next Article
Garmin Instinct Crossover Solar

Garmin Instinct Crossover Solar Tactical Smartwatch Hadir dengan Tampilan Dial Analog-Digital

Related Posts
Total
0
Share