Bulgari Rilis Koleksi Octo Finissimo Sketch 140th Anniversary

Bulgari Octo Finissimo

Di tahun 2024 ini, Bulgari merayakan hari jadi ke-140, sekaligus hari jadi koleksi Octo Finissimo yang ke-10. Pada momen istimewa tersebut, luxury house asal Italia yang didirikan tahun 1884 merilis Octo Finissimo Sketch Dial Automatic dan Chronograph 140th Anniversary. 

Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic dan Chronograph 140th Anniversary 
Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic dan Chronograph 140th Anniversary 

Koleksi ini terdiri dari tiga model jam tangan yang dirancang dengan dial sketsa dalam versi stainless steel dan rose gold, serta satu versi chronograph. Simak terus artikel di bawah ini untuk bisa tahu lebih banyak tentang Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic dan Chronograph 140th Anniversary.

Sekilas Tentang Koleksi Bulgari Octo Finissimo

Bulgari Octo Finissimo Tourbillon (2014)
Bulgari Octo Finissimo Tourbillon (2014)

Kehadiran koleksi Bulgari Octo Finissimo telah memikat hati banyak watch enthusiast sejak model pertama muncul di Baselworld tahun 2014. Pada kesempatan tersebut, Bulgari merilis 2 model jam tangan dengan case ultra-tipis. Bahkan, salah satu model jam tangan tourbillon-nya menggunakan movement yang tebalnya hanya 1,95 mm dan case tebalnya sekitar 5 mm. 

Dengan berjalannya waktu, Bulgari pun terus melakukan inovasi pada koleksi Octo Finissimo. Mulai dari penggunaan komplikasi modern hingga finishing luar biasa untuk edisi istimewa yang tentu menggunakan case ultra-tipis. Begitu pula dengan koleksi Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary yang dihadirkan dengan dial sketsa yang fenomenal.

Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary

Generasi pertama Octo Finissimo dengan dial sketsa (2022)
Generasi pertama Octo Finissimo dengan dial sketsa (2022)

Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary merupakan jam tangan edisi terbatas generasi kedua yang dirancang dengan konsep “sketch dial”. Konsep dial sketsa pertama kali diperkenalkan tahun 2022 dalam versi automatic dan chronograph. Kedua jam tangan tersebut dirilis sebagai bentuk penghormatan pada product creation executive director Bulgari, Fabrizio Buonamassa Stigliani. Begitu pula dengan Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary yang menggunakan dial dengan sketsa gambar buatan tangan sang desainer. 

Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary
Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary

Tampilan Kedua Jam Tangan Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial 140th Anniversary

Berikut adalah tampilan dari kedua jam tangan Bulgari Octo Finissimo Automatic 140th Anniversary

1. Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary versi stainless steel

Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary versi stainless steel

Jam tangan ini menggunakan stainless steel dengan satin finish dan polished facet, serta dilengkapi stainless steel bracelet dengan 3-folding clasp.

2. Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary versi rose gold

Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary versi rose gold

Jam tangan ini menggunakan pink gold dengan satin finish dan polished facet, serta dilengkapi 18k rose gold bracelet dengan 3-folding clasp.

Spesifikasi Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary

Case Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary 
Case Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary 

Case Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary berdiameter 40 mm dan tebal 6,4 mm. Kedua jam tangan menggunakan screw-down crown. Sedangkan untuk water resistant, kedua jam tangan memiliki ketahanan air hingga 100 meter. Kedua jam tangan juga menggunakan kristal safir untuk front dan caseback transparan.

Dial dan Movement Bulgari Octo Finissimo Sketch Dial Automatic 140th Anniversary    

Dial Bulgari Octo Finissimo Automatic 140th Anniversary
Dial Bulgari Octo Finissimo Automatic 140th Anniversary

Dial dengan sandblasted finish terlihat serasi dengan case-nya. Pada dial juga terdapat sketsa pertama caliber BVL138 yang dibuat dengan tangan milik Fabrizio Buonamassa Stigliani. Kedua jam tangan ini menggunakan satin-finish hands dengan lapisan PVD hitam sehingga terlihat kontras dengan dial-nya. Sedangkan, detik utama ditampilkan pada pukul 7. Indeks marker, angka, trek menit, dan subdial ditampilkan sebagai seni garis dari pensil milik Buonamassa Stigliani.

Kedua jam tangan Bulgari Octo Finissimo Automatic 140th Anniversary menggunakan in-house automatic movement caliber BVL138 dengan platinum micro-rotor. Movement ini memiliki ketebalan sangat tipis yaitu 2,23 mm, berdetak sebanyak 21.600 bph dan memiliki power reserve 60 jam. Pada caseback transparan juga terdapat tulisan “Edizione Limitata 1884-2024” yang menandakan jika ini adalah jam tangan edisi terbatas. Movement-nya juga di-finish dengan Geneva stripes, memiliki tekstur butiran melingkar, dan dengan bridge yang miring.

Bulgari Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch

Tampilan sketsa dial Bulgari Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch 
Tampilan sketsa dial Bulgari Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch 

Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch menggunakan movement caliber BVL 318 dengan dial sketsa milik Buonamassa Stigliani. Movement ini memiliki power reserve 55 jam. Bocoran tampilan jam tangan versi ini memang masih belum banyak, tetapi watch enthusiast sudah diperlihatkan desain dial yang dibuat dengan sketsa tangan. Pada dial jam tangan tampak winding & mainspring barrel di antara pukul 11 dan 12. Ini menandakan jika dial Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch tersebut menggambarkan bagian depan movement, bukan bagian belakang. 

Di antara pukul 4 dan 5 juga terdapat balance wheel, sedangkan column wheel ditampilkan di antara pukul 7 dan 8. Detail lainnya adalah Côtes de Genève finishing diterapkan pada dial dengan tri-compax chronograph subdial. Subdial pada pukul 3 merupakan zona waktu kedua untuk fitur GMT, subdial pada pukul 6 merupakan indikator chronograph 30 menit, dan subdial pada pukul 9 adalah detik utama. Jam tangan ini menggunakan stainless steel case berdiameter 43 mm dan tebal 8,75 mm. Untuk melindungi dial, koleksi ini juga menggunakan kristal safir pada front dan caseback. Jam tangan juga memiliki ketahanan air hingga 100 meter.

Bulgari Octo Finissimo Automatic dan Chronograph 140th Anniversary Sketch Dial merupakan jam tangan edisi terbatas. Versi automatic stainless steel akan diproduksi 280 pieces dan dibanderol EUR17.800 atau sekitar Rp302 jutaan. Sedangkan versi automatic rose gold diproduksi hanya 70 pieces dan dibanderol dengan harga EUR51.500 atau sekitar Rp875 jutaan. Sementara untuk Octo Finissimo Chronograph GMT Sketch diproduksi hanya 140 pieces dan dijual EUR20.800 atau sekitar Rp353 jutaan. Dapatkan jam tangan dari brand lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Timex Marlin Moon Phase Multifunction

Timex Rilis Marlin Moon Phase, Chronograph & Automatic

Next Article
orient star elegan

5 Jam Tangan Orient Star Pria Automatic: Mewah dan Elegan

Related Posts
Total
0
Share