AVI-8 Bell- X-1 Limited Edition Peringatan 76 Tahun Pesawat Supersonik Pertama di Dunia

AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Untuk merayakan peristiwa bersejarah ketika pesawat supersonik Bell X-1 berhasil melampaui kecepatan suara, AVI-8 melakukan kolaborasi bersama dengan Bell X-1 dengan merilis AVI-8 Bell X-1 Limited Edition. Jam tangan tersebut dirancang dengan memadukan presisi engineering dengan elemen desain jam tangan klasik yang terinspirasi dari instrumen kokpit Bell X-1.

AVI-8 Bell X-1 Limited Edition
AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Untuk tahu lebih lengkap tentang spesifikasi AVI-8 Bell X-1 Limited Edition, Minwatch akan kasih bocoran untuk kamu semua. So, baca terus artikel di bawah ini sampai selesai ya!

AVI-8 Bell X-1 Limited Edition Terinspirasi dari Spirit Pilot Chuck Yeager

Chuck Yeager bersama dengan pesawat Bell X-1
Chuck Yeager bersama dengan pesawat Bell X-1

Pada tahun 1947, pilot legendaris Chuck Yeager naik ke kokpit Bell X-1 untuk sebuah misi yang saat itu dianggap mustahil. Bell X-1 sendiri adalah pesawat supersonik bertenaga roket yang dirancang untuk dapat melampaui kecepatan suara. Walaupun banyak orang ragu dengan misi tersebut, tetapi Bell X-1 berhasil memecahkan rekor sebagai pesawat berpenumpang pertama yang bisa terbang lebih cepat dari kecepatan suara. Chuck Yeager pun menamai pesawat tersebut dengan ‘Glamorous Glennis’, yaitu nama istrinya.

Yeager berhasil menerbangkan pesawat Bell X-1 dengan kecepatan 1.127 km/jam (kecepatan suara 1.234,8 km/jam). Penerbangan tersebut dilakukan pada 14 Oktober 1947 berlokasi di Gurun Mojave California. Ini adalah tonggak bersejarah yang tidak hanya mendorong batas kecepatan penerbangan, tetapi juga menjadi pondasi untuk eksplorasi supersonik di masa mendatang. Sebagai bentuk apresiasi pada keberanian dan semangat Chuck Yeager, AVI-8 pun melakukan kolaborasi bersama Bell X-1 dengan merilis jam tangan edisi terbatas AVI-8 Bell X-1 Limited Edition. 

Case AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Case tangguh pada VI-8 Bell X-1 Limited Edition
Case tangguh pada AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Bell X-1 Limited Edition dibuat dari material yang kokoh dan tangguh. Case-nya menggunakan 316L stainless steel berdiameter 41 mm dan ketebalannya 13 mm. Jam tangan ini juga dilengkapi aluminium insert bezel oranye yang akan mengingatkan kita pada warna khas pesawat Bell X-1. AVI-8 Bell X-1 Limited Edition juga menggunakan lensa sapphire anti gores untuk memastikan display dial terlihat dengan jelas. Jam tangan dengan berat 170 gram ini juga memiliki ketahanan air hingga 50 meter dan crown-nya ditempatkan pada pukul 3.

Dial AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Dial jam tangan AVI-8 Bell X-1 Limited Edition
Dial jam tangan AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

Dial AVI-8 Bell X-1 Limited Edition terdiri dua warna yaitu hitam dan oranye serta tampak bertekstur. Dial-nya juga dirancang seperti instrumen pada kokpit Bell X-1 dengan indeks Arab oversize pada pukul 12 yang diwakili angka 0 dan pada pukul 6. Di bawah angka 0 terdapat logo “AVI-8” dan di atas pukul 6 terdapat tulisan “Automatic”. Sedangkan indeks lainnya berbentuk baton.

Pada pukul 3 terdapat date window berbentuk trapesium dengan background hitam dan angka berwarna putih, sedangkan pada pukul 9 terdapat tulisan “BELL Aircraft”. Jarum jam terinspirasi dari altimeter dan indikator kecepatan. Pada dial hitam, jarum detiknya berwarna oranye dengan pangkal jarum berbentuk pesawat. Sedangkan pada dial oranye, jarum detik menggunakan warna putih dan pangkal jarum berbentuk pesawat. Indeks dan jarum diisi Super-LumiNova untuk meningkatkan visibilitas pada kondisi minim cahaya.

Movement dan Bracelet AVI-8 Bell X-1 Limited Edition

AVI-8 Bell X-1 Limited Edition menggunakan automatic movement dari Seiko
AVI-8 Bell X-1 Limited Edition menggunakan automatic movement dari Seiko

AVI-8 Bell X-1 Limited Edition dibekali automatic movement Seiko TMI-NH35 yang dapat diandalkan. Movement ini memiliki 24 jewel dan dihiasi rotor berbentuk khusus dan menampilkan karya seni yang terinspirasi oleh mesin jet Bell X-1. Kamu juga dapat melihat movement tersebut dari balik caseback

Bracelet-nya menggunakan solid stainless steel dengan H-link dan dilengkapi fold over buckle dengan safety lock dan push button. Jam tangan ini juga dilengkapi custom rubber dan leather strap yang membuatnya makin praktis dan serbaguna.

Minwatch masih belum tahu berapa pieces AVI-8 Bell X-1 Limited Edition yang akan dirilis. Namun, jam tangan yang dibuat dengan desain kokoh dan macho ini sudah pasti akan memikat banyak pencinta horologi. Apakah kamu salah satunya? Tunggu saja ya kehadirannya di Jamtangan.com. Dapatkan juga jam tangan AVI-8 lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
SEIKO RILIS PROSPEX SPB411 LIMITED EDITION

Seiko Prospex SPB411 Limited Edition, Re-creation Seiko GMT Pertama Navigator Time

Next Article
LONGINES SPIRIT FLYBACK KINI DENGAN TITANIUM

Lebih Ringan! Longines Rilis Spirit Flyback Versi Titanium

Related Posts
Total
0
Share