Audemars Piguet x John Mayer Rilis Jam Tangan Royal Oak Perpetual Calendar

Audemars Piguet x John Mayer

Bukan hal baru lagi ketika Audemars Piguet (AP) berkolaborasi dengan selebriti atau musisi dengan merilis jam tangan fenomenal. Pada November 2023 lalu saja, Audemars Piguet bekerja sama dengan Travis Scott dengan meluncurkan Royal Oak Perpetual Calendar “Cactus Jack”. Dan di tahun 2024 ini, Audemars Piguet menggandeng John Mayer, musisi sekaligus kolektor jam tangan, dengan memperkenalkan Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer Limited Edition ref. 26574BC.OO.1220BC.02.

Audemars Piguet berkolaborasi dengan John Mayer
Audemars Piguet berkolaborasi dengan John Mayer

Koleksi ini dihadirkan dengan dial Crystal Sky” warna biru yang fresh dan tampak bertekstur sehingga terlihat mengesankan. Untuk tahu lebih detail tentang Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer, yuk simak dalam artikel di bawah ini!

Crystal Sky Dial pada AP Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer
Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer dirancang dengan komplikasi QP (Quantieme Perpetuel) yang menampilkan waktu, hari, tanggal, bulan, jumlah minggu dalam setahun, bulan astronomi, serta tahun kabisat. Dalam hal desain, John Mayer juga ikut terlibat dengan memberi sentuhan berbeda dengan ide menghadirkan tampilan kontemporer pada versi AP Royal Oak perpetual calendar yaitu Tuscan dial

Audemars Piguet Royal Oak Jumbo 16202BC (2023)
Audemars Piguet Royal Oak Jumbo 16202BC (2023)

Dial dengan tekstur pukulan palu seperti ini pertama kali dirilis tahun 1990-an dan pernah terlihat pada model jam tangan sebelumnya. Misalnya pada AP Royal Oak Jumbo 16202BC yang diluncurkan tahun 2023 silam. Dalam keterangannya, watchmaker brand asal Swiss ini menyatakan jika dial AP Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer dirancang untuk menggambarkan langit yang luas. 

Dial Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer
Dial Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Dinamai “Crystal Sky”, dial ini dibuat dengan proses stamping yang tidak mudah. Brass dial plate di-finish dengan pola berkilau baru menyerupai kristal dengan tekstur potongan kristal yang terukir. Hasilnya adalah tekstur dial dengan tampilan mirip kristal alami. Sedangkan warna biru tua diperoleh dengan proses PVD sehingga pola dial terlihat deep.

Tampilan dial yang cemerlang pada Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer
Tampilan dial yang cemerlang pada Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Pada jam tangan ini terdapat empat subdial. Subdial pada pukul 3 adalah indikator tanggal, subdial pada pukul 6 adalah moonphase, subdial pada pukul 9 adalah indikator hari, dan subdial pada pukul 12 adalah indikator bulan dalam setahun. Terdapat skala jumlah minggu dalam setahun pada inner chapter ring. Sedangkan jarum detik utamanya menggunakan warna biru muda.

Case Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Case Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer
Case Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer dirancang menggunakan 18k white gold case dengan brushed finish pada permukaan atas dan samping, serta polished finish pada bevel-nya. Case-nya berdiameter 41 mm dan ketebalannya 9,5 mm. Jam tangan ini juga menggunakan kristal safir pada front dan caseback, serta memiliki ketahanan air hingga 20 meter. Untuk bracelet, jam tangan ini dilengkapi integrated Royal Oak bracelet dengan AP folding clasp terbuat dari 18k white gold

Movement AP Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Caseback Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer
Caseback Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer dibekali in-house automatic movement caliber 5134 dengan central rotor yang bisa dilihat dari caseback transparan. Pada caseback juga terdapat ukiran “ROYAL OAK QUANTIEME PERPETUAL” dan tulisan “LIMITED EDITION 200 of PIECES” yang melingkari kaca safir. Movement caliber 5134 berdetak sebanyak 19.800 bph dan memiliki power reserve 40 jam. Meskipun movement-nya sama seperti AP Royal Oak Perpetual Calendar lainnya, tetapi versi John Mayer ini akan model terakhir yang dilengkapi caliber 5134. 

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer saat dipakai di pergelangan tangan
Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer saat dipakai di pergelangan tangan

Diluncurkan tahun 2015, caliber 5134 dibuat memakai base caliber 2120 dengan mempertahankan profil tipis 4,3 mm. Caliber 2120 yang diluncurkan tahun 1967 menjadi jantung dari Royal Oak Jumbo 5402ST (1972). Dan sekarang, Audemars Piguet telah meluncurkan AP Royal Oak 16202ST Jumbo dengan movement baru caliber 7121. Dalam pernyataanya, Audemars Piguet juga memutuskan akan discontinue caliber 5134 dan jam tangan ini menjadi rilisan terakhir yang memakai movement tersebut. 

Audemars Piguet Royal Oak Perpetual Calendar John Mayer adalah jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 200 pieces. Khusus untuk John Mayer, Audemars Piguet membuatkan versi bezel safir. Jam tangan ini akan dibanderol dengan harga US$180.700 atau sekitar Rp2,8 miliar. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mendapatkan jam tangan keren lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Trio Seiko Prospex Diver New 62MAS

Seiko Kenalkan New 62MAS Diver Facelift, Spesifikasi Langsung Naik Kelas!

Next Article
Seiko 5 Presage Classic Series

Seiko Kenalkan 5 Presage Classic Series dengan Warna Tradisional Jepang

Related Posts
Total
0
Share