Apa Sih Istimewanya Powermatic 80?

Apa Sih Istimewanya Powermatic 80?
TISSOT PRS 516 Powermatic 80

TISSOT PRS 516 Powermatic 80

Powermatic 80 adalah movement (mesin penggerak jam) yang dirancang oleh Tissot. Sesuai namanya, movement ini merupakan modifikasi dari ETA 2824-2 dengan perubahan yang utama adalah meningkatnya power reserve menjadi 80 jam. Namun, sebenarnya apa sih pentingnya power reserve?

Meskipun memang tidak menggunakan listrik, marilah kita anggap power reserve itu seperti daya pada baterai. Setiap jam mekanik yang dalam kapasitas penuh dapat beroperasi dalam jangka waktu tertentu sampai tenaganya habis. Kebanyakan jam tangan mekanik mempunyai power reserve hingga 40-42 jam, itu artinya dalam kondisi diputar penuh, jam tangan tersebut dapat menyala selama 40-42 jam jika dibiarkan saja sampai mati.

Power reserve hingga 80 jam berarti jam tangan dengan Powermatic 80 yang terisi penuh dapat dibiarkan hingga 3 hari dan tetap menyala. Dari pihak Tissot sendiri mengatakan bahwa pemakainya dapat melepas jam ini di hari Jumat, baru dikenakan lagi saat Senin, dan masih tetap beroperasi, membuat jam tangan dengan Powermatic 80 cocok jika dijadikan sebagai jam tangan khusus untuk kerja. Selain Tissot, Powermatic juga digunakan oleh merek-merek di bawah Swatch Group lain seperti Certina dan Hamilton.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk mendapatkan power reserve sekitar dua kali lipat jam tangan mekanik normal Tissot melakukan modifikasi pada movement ETA 2824-21. Salah satu yang cukup terlihat adalah penurunan frekuensi dari 28800 bph menjadi 21600 bph, sehingga sekilas terlihat pergerakan jarum detiknya terkesan tidak sehalus jam tangan dengan movement dari ETA lainnya; jarum detik yang biasanya berdetak 8 kali per detik menjadi sekitar 6 kali. Selain itu juga dipilih material dengan gesekan rendah, inti barrel arbor (poros barrel/tempat di mana mainspring yang merupakan sumber tenaga jam terpasang) dibuat lebih kecil sehingga mainspring yang digunakan dapat diregangkan lebih lagi, dan modifikasi lainnya. Hal-hal ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi energi yang berdampak pada power reserve.

Tissot Ballade Powermatic 80 COSC

Tissot Ballade Powermatic 80 COSC

Namun tidak hanya soal power reserve, ada pula modifikasi-modifikasi lain yang juga meningkatkan akurasi jam tangan. Terdapat modifikasi terhadap balance wheel, salah satu komponen yang mengatur akurasi jam tangan. Tissot melakukan modifikasi khusus terhadap balance wheel ini, bahkan sampai satu titik balance wheel ini tidak mempunyai regulator manual untuk mengatur kecepatannya, semua sudah di-setting oleh Tissot dari pabrik. Bahkan ada varian Powermatic 80 yang menggunakan balance spring yang terbuat dari silikon yang biasanya terdapat pada jam tangan kelas atas seperti Tissot Ballade Powermatic 80 COSC. Jam tangan ini sudah tersertifikasi chronometer, satu standar akurasi jam tangan yang banyak digunakan oleh para produsen jam tangan. Untuk jam tangan Swiss hanya jam yang sudah disertifikasi oleh badan yang bernama COSC yang boleh mendapat embel-embel chronometer.

Tissot merupakan jawaban bahwa jam tangan Swiss berkualitas tidaklah harus didapat dengan biaya yang besar. Tissot mampu memberikan fitur yang biasanya hanya untuk jam-jam dengan harga fantastis kepada lebih banyak orang. Tidak hanya itu, Tissot juga merupakan 10 besar produsen Swiss penyumbang jam tangan bersertifikasi chronometer. Oleh karena itu, jika anda menginginkan jam tangan Swiss yang berkualitas dan inovatif namun tetap terjangkau Tissot dapat menjadi pilihan anda.