7 Rekomendasi Jam Tangan Solar Paling Tangguh

Rekomendasi Jam Tangan Solar Paling Tangguh
Rekomendasi Jam Tangan Solar Paling Tangguh

Solar watch atau dikenal dengan jam tangan solar merupakan salah satu jam yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi baterai.  Biasanya, jam tangan dengan teknologi ini memiliki lapisan photovoltaic (PV), yang mana salah satu komponen jam ini dapat memproses sinar matahari menjadi energi yang nantinya digunakan untuk menggerakan jam tangan.

Jika melihat sejarahnya, jam tangan solar pertama kali dipopulerkan oleh brand Ragen yang membuat Synchronar 2100 pada tahun 1972. Synchronar 2100 dirancang oleh insinyur AS, Roger Riehl.

Bagi para petualang, jam tangan solar ini jadi pilihan tepat karena ketangguhannya saat digunakan. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah petualangan atau perjalanan karena baterai akan terisi otomatis jika terkena sinar matahari.

Unggulnya Jam Tangan Tough Solar

Keunggulan: Baterai Jam Tangan Solar Lebih Awet

Jam tangan solar tentunya punya keunggulan yang tidak dimiliki jam tangan biasa. Dengan teknologi solar powered, kamu tidak perlu mengganti baterai baru di setiap tahunnya. Dimana, baterai yang dimiliki jam tangan solar ini dapat menyimpan listrik hasil dari sinar matahari.

Selain itu, jam tangan solar juga terbilang awet dan minim perawatan. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih hemat biaya karena harga baterai jam yang mungkin cukup mahal. Kamu hanya memerlukan paparan sinar matahari untuk energi movement jam tangan solar.

Cara Cepat Mengisi Jam Tangan Solar

Pada dasarnya, jam tangan solar akan terisi otomatis ketika terkena cahaya. Namun tidak semua cahaya dapat secara efisien mengisi baterainya. Sebenarnya, jam tangan solar dapat terisi dengan cahaya lampu atau ruangan pun, namun akan memakan waktu yang lama.

Yang lebih cepat dan tepat, kamu dapat menggunakan cahaya matahari untuk mengisi baterai jam dengan cepat. Kamu bisa meletakkan jam tangan solar di dekat jendela sehingga bagian dial jam terkena paparan sinar matahari. Saat mengisi baterainya, kamu pastikan jam tangan tidak overheat atau terkena sinar matahari yang terlalu panas.

Cara Cepat Mengisi Daya Jam Tangan Solar

7 Rekomendasi Jam Tangan Solar yang Tangguh

Setelah tau sejarah serta keunggulannya, Minwatch akan merekomendasikan jam tangan solar powered yang paling tangguh. Dari banyak koleksi jam tangan solar, Minwatch telah merangkum menjadi 7 jam tangan solar yang bisa kamu beli di Jamtangan.com.

1. Casio G-Shock GW-B5600BC-1BDR Origin Men Digital Dial Black Composite Resin Band

Casio G-Shock GW-B5600BC-1BDR Origin Men Digital Dial Black Composite Resin Band.
Casio G-Shock GW-B5600BC-1BDR Origin Men Digital Dial Black Composite Resin Band. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gwb5600bc1bdr-origin-men-digital-dial-black-composite-resin-band-228051

Rekomendasi pertama adalah Casio G-Shock GW-B5600BC-1BDR dengan tampilan hitam yang macho. Jam tangan ini memiliki inspirasi desain G-Shock keluaran pertama, yaitu DW-5000C.

Salah satu jam tangan series G-Shock ini dilengkapi fitur solar powered yang baterainya bisa tahan hingga 10 bulan pemakaian. Pada jam tangan Casio G-Shock,teknologi solar powered ini dinamakan tough solar.

Casio G-Shock GW-B5600BC-1BDR memiliki tampilan dial digital dan juga fitur bluetooth yang dapat dihubungkan ke smartphone. Selain itu, jam tangan anti guncangan ini tahan air hingga 200 meter. Kamu bisa membeli jam tangan solar ini dengan harga terjangkau, yaitu Rp1,8 juta-an saja.

Casio G-Shock GX-56BB King Kong dengan Teknologi Tough Solar

2. Casio G-Shock GA-B2100-1ADR Tough Solar Digital Analog Dial Black Resin Band

Casio G-Shock GA-B2100-1ADR Tough Solar Digital Analog Dial Black Resin Band.
Casio G-Shock GA-B2100-1ADR Tough Solar Digital Analog Dial Black Resin Band.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gab21001adr-tough-solar-digital-analog-dial-black-resin-band-497431

Casio G-Shock GA-B2100-1ADR merupakan koleksi G-Shock yang juga punya teknologi tough solar. Selain dilengkapi teknologi solar powered, jam tangan ini punya tampilan sporty dengan warna dominan gelap dan model dial ana-digi. Jam tangan ini mempunyai julukan populer “CasiOak” dan termasuk model yang banyak digemari. 

Casio G-Shock GA-B2100-1ADR memiliki fitur shock resistant dengan struktur Carbon Core Guard. Selain itu, terdapat fitur bluetooth yang dapat dikoneksikan ke smartphone. Dengan berbagai fitur tersebut, jam tangan solar ini dibanderol dengan harga Rp1,6 juta-an saja.

Baca juga : Tissot T-Touch Expert Solar, Jam Para Petualang

3. Citizen Eco-Drive AR3071-87E Black Dial Stainless Steel Strap

Citizen Eco-Drive AR3071-87E Black Dial Stainless Steel Strap
Citizen Eco-Drive AR3071-87E Black Dial Stainless Steel Strap
. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/citizen-ecodrive-ar307187e-black-dial-stainless-steel-strap-484601

Rekomendasi selanjutnya datang dari brand Citizen, yaitu Citizen Eco-Drive AR3071-87E. Salah satu koleksi Citizen ini merupakan salah satu jam tangan solar tertipis dengan tebal 10mm. Jam tangan solar ini dilengkapi fitur khas Citizen yaitu Eco-Drive yang mana sumber energi bisa dari cahaya apapun. Jam tangan dengan movement Eco-Drive ini pertama muncul pada tahun 1976

Baca juga : Citizen Caliber 0100 Jam Tangan Terakurat di Dunia

.

Jam tangan Citizen ini dibekali kaliber G870 dan juga fitur water resistant hingga 30 meter. Untuk harganya, Citizen Eco-Drive AR3071-87E yang punya dial dan strap stainless steel dibanderol dengan harga Rp3,8 juta-an.

4. Citizen Eco Drive CA4021-51E Chronograph Titanium Strap

Citizen Eco Drive CA4021-51E Chronograph Titanium Strap.
Citizen Eco Drive CA4021-51E Chronograph Titanium Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/citizen-eco-drive-ca402151e-chronograph-titanium-strap-126491

Rekomendasi selanjutnya masih datang dari Citizen, yaitu Citizen Eco Drive CA4021-51E. Jam tangan solar ini dibekali movement yang punya akurasi +- 15 detik per bulan. Seperti rekomendasi sebelumnya, jam tangan Citizen ini sudah dilengkapi teknologi Eco-Drive yang daya tahannya hingga 9 bulan pemakaian.

Tampilan dial jam tangan solar ini berwarna hitam dan punya fitur chronograph. Citizen Eco Drive CA4021-51E bisa jadi pilihan jam tangan solar dengan tampilan sporty. Kamu bisa membeli salah satu koleksi Citizen ini dengan harga Rp4 juta-an

Review Citizen AC2200-55E – Jam Tangan yang Membantu Tunanetra

5. Seiko Prospex SSC813P1 Speedtimer Panda Solar Chronograph White Dial Stainless Steel Strap

Seiko Prospex SSC813P1 Speedtimer Panda Solar Chronograph White Dial Stainless Steel Strap.
Seiko Prospex SSC813P1 Speedtimer Panda Solar Chronograph White Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-ssc813p1-speedtimer-solar-chronograph-white-dial-stainless-steel-strap-438631

Seiko Prospex SSC813P1 merupakan salah satu line-up dari series Prospex yang punya teknologi solar powered. Tampilannya pun cukup sporty dengan dial putih dan 3 buah sub-dial warna hitam sehingga tampilannya menyerupai corak pada hitam putih pada binatang panda. Selain dilengkapi fungsi chronograph, jam tangan ini juga punya bezel tachymeter yang berfungsi untuk menghitung rata-rata kecepatan.

Jarang Dipakai, Apa Sebenarnya Fungsi Tachymeter?

Seiko Prospex SSC813P1 dibekali kaliber V192 yang punya akurasi +-15 detik per bulan. Baterai dari jam tangan solar ini dapat bertahan hingga 6 bulan pemakaian. Kamu bisa membeli jam tangan Prospex ini dengan harga Rp8,7 juta-an.

SEIKO SPEEDTIMER PANDA HOT REVIEW!

6. Seiko Prospex SNE583P1 Solar Divers 200M Green Dial Stainless Steel Strap

Seiko Prospex SNE583P1 Solar Divers 200M Green Dial Stainless Steel Strap.
Seiko Prospex SNE583P1 Solar Divers 200M Green Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-sne583p1-solar-divers-200m-green-dial-stainless-steel-strap-444801

Selain Speedtimer, Seiko Prospex SNE583P1 jadi rekomendasi jam tangan solar dari series Prospex milik Seiko. Jam tangan solar ini termasuk koleksi diver’s watch dari Seiko Prospex yang punya spesifikasi standar ISO 6425. Baterai pada jam tangan ini jika terisi penuh, dapat bertahan hingga 10 bulan.

Baca juga : Mengintip Lebih Dalam Seiko Astron GPS Solar Dual Time

Seiko Prospex SNE583P1 dibekali kaliber V147 dan tahan air hingga 200 meter. Jam Seiko ini dibanderol dengan harga Rp4,1 juta-an.

Di antara sejumlah koleksi jam penyelam PADI (Professional Association for Diving Instructors) yang dikeluarkan oleh Seiko, bisa dikatakan bahwa tipe Seiko PADI Solar SNE435 tak terlampau dikenal oleh publik penggemar jam.

7. Timex Expedition TW2V03700 North Field Post Solar Green Dial Green Fabric Strap

Timex Expedition TW2V03700 North Field Post Solar Green Dial Green Fabric Strap.
Timex Expedition TW2V03700 North Field Post Solar Green Dial Green Fabric Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/timex-expedition-tw2v03700-north-field-post-solar-green-dial-green-fabric-strap-474762

Rekomendasi terakhir adalah salah satu koleksi jam tangan bergaya military dari brand Amerika, Timex Expedition TW2V03700. Jam tangan Timex ini dibekali teknologi solar powered yang cocok dengan genre jam ini. Selain itu, jam tangan solar ini tahan air hingga 100 meter.

Untuk tampilannya, jam tangan solar ini mengusung tema army, yang mana bagian dial dan strap fabric-nya berwarna hijau gelap. Timex Expedition TW2V03700 dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp1,5 juta-an saja.

Timex Hadirkan Jam Mekanikal Berdesain Retro Lewat M79 Automatic

Beberapa rekomendasi di atas bisa kamu beli langsung di Jamtangan.com. Dapatkan juga jam tangan solar dari brand populer lainnya, dengan koleksi lebih lengkap dan harga terbaik, hanya di Jamtangan.com.

Rekomendasi Jam Tangan Pria Anti Air : 10 G Shock Terbaru

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.studiosuits.com/blogs/articles/pros-and-cons-of-solar-wristwatches
https://www.seikowatches.com/us-en/customerservice/faq/solar1

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Rekomendasi Jam Tangan Chronograph Paling Berkualitas

7 Rekomendasi Jam Tangan Chronograph Paling Berkualitas

Next Article
Review Jam Tangan Orient Bambino

Review Jam Tangan: Orient Bambino, Dresswatch Paling Kekinian

Related Posts
Total
0
Share