Winding up,
Almost Ready ...

5 Rekomendasi Jam Tangan Automatic Open Heart di Bawah 5 juta

by Contributor Oct 15, 2024 6 min read
5 Rekomendasi Jam Tangan Automatic Open Heart di Bawah 5 juta

Desain open heart watch berawal dari jam saku tourbillon pada periode 1800-an, yaitu komponen pada movement mekanis yang berfungsi sebagai pengatur akurasi dan tidak terpengaruh oleh gravitasi. Dengan komplikasi movement tersebut, jam yang diberi tourbillon ini punya kestabilan akurasi dari movement biasa, terutama dalam posisi vertikal karena tidak terpengaruh gravitasi. Para pembuat jam saku pada masa itu memberikan lubang pada dial untuk memastikan komponen tourbillon bekerja seperti semestinya. Dari sanalah muncul istilah open heart yang merujuk ke lubang tersebut, namun pada jam tangan non tourbillon, lubang ini memperlihatkan balance wheel.

Setelah mengenali asal mulanya, Kamu bisa menyimak 5 rekomendasi jam tangan open heart dengan harga di bawah Rp5 juta yang berikut ini.

5 Rekomendasi Jam Tangan Open Heart

1. Orient Helios RA-AG0027Y

Orient Helios RA-AG0027Y
Orient Helios RA-AG0027Y

Pilihan open heart pertama datang dari Orient dalam model Orient Helios RA-AG0027Y, yang hadir dengan gaya klasik. Hadir dengan case stainless steel yang dikombinasikan dengan metal bracelet, membuatnya terlihat elegan. Model ini datang kaca cembung mineral yang menawan.

Datang dengan diameter 40.5 mm dan ketebalan 12 mm, jam tangan ini nyaman dipakai untuk harian maupun acara formal. Finishing pada case dieksekusi dengan baik, mengkombinasikan brushed dan polished pada case dan bracelet. Dial gradasi cokelat gelap yang menawan dibuat lebih indah dan unik dengan ditambahnya open heart pada posisi pukul 9.

Dibekali dengan in-house automatic movement caliber F6T22, jam tangan ini dibekali fitur hack dan hand winding serta memiliki power reserve 40 jam. Orient Helios RA-AG0027Y juga menjadi jawaban dari Orient untuk merancang jam tangan dengan gaya klasik dengan warna dial yang indah dan open heart yang memikat mata. Orient Helios RA-AG0027Y dapat kamu miliki dengan harga mulai dari Rp3,7 jutaan.

2. Thomas Earnshaw Barallier ES-8266-77

Thomas Earnshaw Barallier ES-8266-77
Thomas Earnshaw Barallier ES-8266-77

Tidak ada tempat lain yang lebih cocok untuk jam tangan ini daripada di urutan kedua. Jam tangan berikutnya datang dari Thomas Earnshaw yang datang tidak hanya dengan satu, melainkan dua balance wheel. Alhasil, jam tangan ini datang dengan 2 bukaan open heart sejajar berbentuk angka 8 pada posisi di antara pukul 5 dan 7 untuk memfasilitasi movement double balance wheel tersebut.

Thomas Earnshaw Barallier ESP8266-77 hadir dengan dial berwarna olive green bertekstur disanding aksen rose gold pada marker dan hands. Jam tangan ini dilengkapi dengan bracelet metal. Jam tangan memiliki diameter 42 mm dan ketebalan 15,5 mm sehingga masih nyaman di pergelangan sedang sampai besar. Jam tangan ini memiliki ketahanan air 30 meter serta dibekali oleh automatic movement. Memiliki desain movement double balance wheel yang terkesan rumit, jam tangan Thomas Earnshaw Barallier ESP8266-77 bisa kamu miliki dengan harga mulai dari Rp3,8 jutaan saja.

3. Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon SSA405J1

Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon SSA405J1
Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon SSA405J1

Sedikit mustahil jika kamu mengaku sebagai watch enthusiast namun tidak tahu tentang Seiko Presage Cocktail Time. Koleksi ini terkenal dengan dial-nya yang terinspirasi dengan berbagai jenis cocktail. Seiko menawarkan koleksi Presage Cocktail Time yang dengan open heart, salah satunya adalah Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon  SSA405J1.

Dial biru terinspirasi dari minuman cocktail Blue Moon serta diberikan tekstur terlihat indah. Kaca jam tangan ini memakai Hardlex crystal yang cembung. Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon SSA405J1 dirancang dengan stainless steel case berdiameter 40.5 mm dan ketebalan 11.8 mm, membuat Seiko ini cocok ketika dikenakan sebagai dress watch.

Terdapat open heart dial di posisi pukul 9. Seiko Presage SSA405J1 datang dengan leather strap biru tua dengan motif croco dan deployment clasp yang menambah kesan premium. Jam tangan ini dibekali dengan In-house automatic movement caliber 4R38 dengan power reserve 41 jam. Seiko Presage Cocktail Time Blue Moon SSA405J1 dibanderol dengan harga Rp4,7 jutaan saja.

4. Alexandre Christie Automatic AC 6577 MA RIPBALE V2

Alexandre Christie Automatic AC 6577 MA RIPBALE V2
Alexandre Christie Automatic AC 6577 MA RIPBALE V2

Selanjutnya terdapat jam tangan yang menawarkan visual yang sedikit nyentrik. Dengan bentuknya yang persegi dan aksen hijau, jam tangan ini cocok untuk kamu yang mencari jam tangan open heart dengan desain unik di bawah Rp5 juta. Perkenalkan, Alexandre Christie Automatic AC 6577 MA RIP BALE V2.

Dial yang unik dengan aksen hijau cerah ditemani dengan tiga sub dial. Sub dial pada posisi pukul 12 menampilkan power reserve, sub dial pada posisi pukul 5 menampilkan detik atau dikenal dengan sub second, dan sub dial pada posisi pukul 9 menampilkan open heart. Dial dilindungi oleh mineral crystal.

Dengan diameter 46.5 mm dan tebal 14 mm, jam tangan ini akan terlihat mencolok di pergelangan kalian. Stainless steel case kotak dilapisi oleh lapisan hitam yang memberikan kesan stealthy. Sesuai dengan angka yang tertera di power reserve indicator, jam tangan ini dibekali dengan automatic movement Jepang buatan Epson dengan power reserve 40 jam. Alexandre Christie Automatic AC 6577 MA RIP BALE V2 dibanderol dengan harga mulai dari Rp2,2 jutaan saja.

5. Fossil Inscription ME3237

Fossil Inscription ME3237
Fossil Inscription ME3237

Rekomendasi jam tangan open heart dengan harga di bawah Rp5 Juta yang terakhir adalah Fossil Inscription ME3237. Jam tangan dengan case kotak buatan Fossil ini memiliki desain yang unik dan mewah karena mengusung desain two tone dengan warna yellow gold pada center link bracelet. Tidak lupa, pada dial, terdapat open heart pada posisi pukul 6.

Fossil Inscription ME3237 dirancang dengan stainless steel case diameter 42 mm dan ketebalan 12 mm. Jam tangan kotak seperti ini akan terlihat lebih besar di pergelangan namun tetap nyaman dipakai. Hands dan hour marker yang biasanya terpampang di tengah dial pada jam tangan pada umumnya, dipindah menjadi sedikit ke atas seolah membentuk subdial tersendiri. Jam tangan dengan automatic movement ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp3,2 jutaan saja.

Automatic open heart watch menjadi salah satu kategori jam tangan yang digemari banyak kolektor dan pengguna. Terutama karena keunikan melihat jam tangan mekanis yang bergerak secara konstan seolah bernapas. Kamu dapat melihat dan mengenal lebih banyak lagi jam dengan fitur open heart, dengan mengunjungi website, JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more