Viral, Breitling Akuisisi Watchmaker Brand Legendaris Universal Genève 

Breitling Akuisisi Watchmaker Brand Legendaris
Breitling Akuisisi Watchmaker Brand Legendaris

Dunia horologi baru saja dikejutkan dengan kabar tentang Breitling yang mengakuisisi watchmaker brand legendaris yaitu Universal Genève. Pengumuman tersebut disampaikan pada 12 Desember 2023 lalu. Menurut rumor yang beredar, Breitling harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit mengingat brand Universal Genève memiliki nama besar di zamannya.\

Watchmaker brand legendaris Universal Genève
Watchmaker brand legendaris Universal Genève

Sebagian dari kita mungkin belum terlalu familiar dengan brand Universal Genève dan jam tangan yang pernah diluncurkan. Lalu, apa sebenarnya yang istimewa dari Universal Genève hingga brand sekelas Breitling pun tertarik untuk mengakuisisinya? Untuk tahu lebih banyak lagi, simak ya artikel selengkapnya di bawah ini sampai tuntas.

Sekelumit Tentang Universal Genève 

Manufaktur jam tangan Universal Genève
Manufaktur jam tangan Universal Genève

Universal Genève didirikan pada tahun 1894 oleh Numa Descombes dan Ulysse Perret. Watchmaker brand asal Swiss ini pernah merilis berbagai koleksi jam tangan yang legendaris dan cukup dikenal oleh watch enthusiast. Mulai dari Tri-Compax, Aero-Compax, Polerouter, hingga racing chronograph seperti “Nina Rindt” Compax. Universal Genève juga dikenal dengan movement yang inovatif karena menggunakan micro-rotor, inovasi ini secara teknis dianggap melampaui zamannya kala itu.

Proses produksi jam tangan Universal Genève
Proses produksi jam tangan Universal Genève

Seperti brand Swiss lainnya, quartz crisis yang mendisrupsi industri jam tangan mechanical Swiss pada tahun 1970-an hingga awal tahun 1980-an membuat Universal Genève mengalami masa sulit. Lambat laun, nama Universal Genève pun menghilang. Tidak serta merta mati, tetapi tidak seaktif biasanya dalam merilis jam tangan terbaru. Meskipun kini produknya sudah langka, tetapi kenangannya tetap hidup bagi kolektor jam tangan vintage

Universal Genève Sempat Dibeli oleh Perusahaan Investasi yang Berbasis di Hongkong

Universal Genève Tri-Compax (kiri) dan Aero-Compax (kanan)
Universal Genève Tri-Compax (kiri) dan Aero-Compax (kanan)

Konsekuensi dari krisis quartz membuat Universal Genève mengalami kesulitan finansial. Pada tahun 1989, Universal Genève dibeli oleh perusahaan investasi yang berbasis di Hongkong yaitu Stelux Holdings International, Ltd. Pembelian tersebut menyebabkan perusahaan ini secara otomatis memegang lisensi Cyma. Cyma sendiri adalah produsen jam tangan asal Swiss yang didirikan oleh Joseph dan Theodore Schwob tahun 1862. Cyma merupakan high-end Swiss watchmaker brand yang lisensinya dimiliki oleh Universal Genève sejak 1918.

Koleksi vintage jam tangan Universal Genève
Koleksi vintage jam tangan Universal Genève

Website Universal Genève masih menampilkan sejumlah jam tangan yang memiliki tampilan lawas terinspirasi dari jam-jam bersejarah brand ini. Jam tangan tersebut didukung oleh movement ETA basic dan ada yang dimodifikasi. Walaupun telah terjadi perubahan arah, tetapi Universal Genève tetap memiliki citra yang kuat di komunitas kolektor jam tangan. Bahkan beberapa model masuk top list dalam daftar barang koleksi dari pencinta horologi.

Universal Genève Segera Keluar dari Masa Hibernasi

CEO Breitling George Kern
CEO Breitling George Kern

Keputusan Breitling untuk mengambil alih Universal Genève yang sebelumnya oleh Stelux sejak 1989 – 2023 (34 tahun) membuat banyak watch enthusiast bersemangat. Breitling yang kini dipimpin oleh George Kern sebagai CEO (2017 – sekarang) telah sukses meningkatkan omset Breitling hampir dua kali lipat (dari $400 juta menjadi $940 juta) dan berhasil melambungkan nama Breitling menjadi top 10 watchmaker populer di dunia. 

Dengan pengalaman yang dimiliki, harapan untuk membangkitkan popularitas Universal Genève pun cukup tinggi. Banyak yang penasaran kenapa Breitling tertarik mengakuisisi Universal Genève. Sekarang mungkin masih sulit untuk menebaknya. Namun, Breitling yang hampir seluruhnya dimiliki oleh Partners Group Holding AG memiliki ambisi kuat dan modal besar dengan aset senilai $142 miliar. 

George Kern dan Partners Group yang mengumumkan akuisisi Universal Genève dari Stelux tidak mengungkapkan secara gamblang tentang jumlah uang yang harus dikeluarkan. Namun, ada kabar yang beredar jika Breitling harus menyediakan dana hingga $70 juta atau sekitar Rp1,1 triliun untuk bisa menguasai Universal Genève. Sebagian kalangan menyebutkan bahwa pengeluaran dana yang cukup besar tersebut bisa dimaklumi mengingat potensi dan nama legendaris dari brand Universal Genève. 

Beberapa jam tangan populer dari Universal Genève
Beberapa jam tangan populer dari Universal Genève

Dengan diakuisisinya Universal Genève oleh Breitling, Universal Genève bisa memakai teknologi dan chronograph movement Breitling seperti B01. Membangun kembali brand yang kaya dengan histori bukan pekerjaan yang mudah. Namun semua itu dapat diantisipasi sehingga ada harapan untuk menghadirkan kembali jam tangan Universal Genève kepada pencinta horologi.

Bahkan, Breitling sudah menyiapkan dedicated team agar Breitling dan Universal Genève dapat beroperasi sebagai watchmaker brand yang terpisah dengan ciri khasnya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan masa depan Universal Genève? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Tentu saja, ada ruang cukup besar untuk melakukan perbaikan dan merombak koleksi yang telah ada. Universal Genève, memiliki banyak koleksi jam tangan historis yang namanya dapat dihidupkan kembali. 

Dan dalam pernyataan resminya, Breitling mengatakan bahwa mereka berjanji untuk mengembalikan prestige dari nama watchmaker brand legendaris Universal Genève ke level selanjutnya agar bisa sukses dengan nama brand-nya sendiri. 

Masih cukup jauh untuk membayangkan kapan koleksi jam tangan Universal Genève di bawah kendali Breitling akan dirilis. Tetapi kamu masih bisa mendapatkan jam tangan Breitling lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
New Seiko 5 Sports Field GMT ref. SSK023 & SSK025

Seiko 5 Sports Field GMT Pertama Dirilis

Next Article
michael kors wanita

Anggun dan Feminin dengan 7 Jam Tangan Michael Kors Wanita

Related Posts
Total
0
Share