Trio Seiko Prospex New Samurai alias Shog-Urai Dirilis di Indonesia, Ini Detail Lengkapnya!

by Han Aug 21, 2024 5 min read
Seiko Prospex New Samurai atau Shog-Urai

Seiko Samurai selama ini dikenal sebagai jam tangan penyelam dengan ketahanan air 200 meter sesuai ISO, memiliki ukuran case besar, kokoh, dan terlihat modern. Apa saja yang dirilis Seiko Indonesia pada acara launching ini dan seperti apa detail ketiga Seiko Shog-Urai ini? Simak terus artikel di bawah ini untuk tahu lebih detail tentang spesifikasi New Samurai SRPL11K1, SRPL13K1, dan SRPL15K1.

Selain Samurai Shog-Urai, Seiko Indonesia Juga Merilis Banyak Jam tangan Seiko Baru

Seiko Prospex Shog-Urai pada acara launching yang diselenggarakan Seiko Indonesia di Bandung

Pada acara launching yang juga dihadiri tim Jamtangan.com ini, selain New Samurai atau “Shog-Urai” yang menjadi fokus utama, Seiko Indonesia juga merilis banyak jam tangan baru, seperti Seiko Prospex Speedtimer terbaru termasuk Pogue Re-InterpretationSeiko Presage Cocktail GMT, Seiko 5 Sports “SNZH5 Fifty Five Fathoms”, Seiko Presage Style 60’s ‘Elegant Yet Rugged’, Seiko 5 Sports Heritage Design Limited Edition, Seiko Presage Craftmanship Arita Porcelain 100th Anniversary, serta Seiko Classic Quartz Chronograph.

Beberapa jam tangan baru yang diluncurkan

Semua jam tangan terbaru ini termasuk Seiko Prospex Samurai atau Shog-Urai yang akan kami ulas, sudah coming soon di Jamtangan.com. Pastikan kamu selalu memantau website dan aplikasi Jamtangan.com agar tidak kehabisan setelah seluruh jam tangan terbaru ini tersedia. Kamu juga bisa mengunjungi toko offline Jamtangan.com.

Dibalik Julukan Shog-Urai

Seiko Samurai pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 di Jepang, namun produksinya sempat dihentikan pada tahun 2008. Setelah hampir 10 tahun absen, koleksi ini dihadirkan kembali pada tahun 2017 dengan tampilan telah diperbarui dengan case lebih tegas, dial-nya bertekstur, serta terdapat pembaruan pada bezel, font, warna, indeks marker, hands, serta movement baru.

Seiko King Samurai

Pada 2020 lalu, Seiko memperbarui Samurai dengan menggunakan material superior seperti kristal safir dengan cyclop hingga ceramic insert bezel. Versi ini kemudian dijuluki King Samurai. Pada tahun 2024 ini, Seiko merilis New Samurai dengan ukuran lebih kecil dan didesain ulang. Koleksi terbaru ini juga memiliki julukan baru, yaitu “Shog-Urai” karena desain jam tangannya seperti menggabungkan antara desain case Samurai dan unsur Seiko Shogun pada marker. Seperti apa penampakannya? berikut ini adalah tampilan dari ketiga model jam tangan Seiko Prospex Shog-Urai.

1. Seiko Prospex New Samurai Shog-Urai SRPL11K1

Seiko Prospex Shog-Urai SRPL11K1

SRPL11K1 dirancang dengan warna merah burgundy pada bezel dan dial, dilengkapi stainless steel bracelet, serta white-tone LumiBrite. Sebuah terobosan terbaru Seiko memasukan warna merah dalam lini diver-nya yang membuatnya terlihat fresh.

2. Seiko Prospex New Samurai Shog-Urai SRPL13K1

Seiko Prospex Shog-Urai SRPL13K1

SRPL13K1 dirancang dengan warna hitam klasik pada bezel dan dial, dilengkapi stainless steel bracelet, serta white-tone LumiBrite.

3. Seiko Prospex New Samurai Shog-Urai SRPL15K1

Seiko Prospex Shog-Urai SRPL15K1

Ref. SRPL15K1 dirancang menggunakan stainless steel yang dilapisi black hard coating case, dial dan bezel warna hitam, cream-tone LumiBrite, serta dilengkapi black silicone strap.

Seiko Prospex Samurai Shog-Urai Didesain dengan Dimensi Lebih Kecil

Seiko Prospex Shog-Urai didesain dengan dimensi lebih kecil

Ketiga Seiko Shog-Urai ini dirancang menggunakan stainless steel case dan salah satu model yakni SRPL15K1 dilapisi black hard coating. Finishing-nya dominan brushed finish. Selain itu, diameter ketiganya juga diperkecil dibanding Samurai generasi sebelumnya yang memiliki diameter 43,8 mm. Ketiga jam tangan Samurai terbaru ini memiliki diameter 41,7 mm, tebal 12,3 mm, dan lug-to-lug 49,5 mm.

Desain lug lebih pendek dari versi sebelumnya.

Selain dimensi yang diperkecil, bentuk jam tangan juga telah diperbarui. Seiko Shog-Urai masih terlihat modern dengan sudut tegas, serta memiliki lug jauh lebih runcing dan lebih pendek. Unidirectional bezel dengan metal insert didesain lebih ramping dibandingkan model sebelumnya, namun diberi skala yang terukir.

Bezel pada Seiko Prospex Shog-Urai dengan skala yang terukir

Ketiga jam tangan ini dibekali kristal Hardlex. Seperti Prospex Samurai sebelumnya, ketiganya juga dibekali ketahanan air 200 meter standar ISO 6425 dan menggunakan solid screw down caseback. Dua jam tangan dilengkapi stainless steel bracelet dengan 3-link folding clasp dan diving extension yaitu model SRPL11K1 dan SRPL13K1, serta untuk versi all black, dibekali silicon strap dengan black-coated pin buckle untuk versi SRPL15K1.

Dial dan Movement Seiko Prospex Shog-Urai

Seiko Prospex Shog-Urai memiliki desain dial gabungan Seiko Samurai dan Shogun

Seiko melakukan banyak perubahan pada Shog-Urai, namun ciri desain Samurai masih bisa dikenali walau desainnya sedikit berubah. Date window kali ini ditempatkan pada pukul 4:30 dengan posisi horizontal. Penempatan tanggal pada 4:30 ini membuat dial terlihat lebih simetris.

LumiBrite pada Seiko Prospex Shog-Urai

Indeks marker lancip bergaya pedang pada dial dibuat timbul, mirip dengan Seiko Shogun. Desain hands juga diperbarui dengan gaya semakin menyerupai pedang. Sedangkan indeks marker, dan bezel pip diisi LumiBrite dengan lapisan warna putih untuk versi bracelet dan cream pada versi rubberKetiga jam tangan Prospex Shog-Urai dibekali in-house automatic movement caliber 4R35. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph, memiliki power reserve 41 jam, dan akurasi -35/+45 detik per hari. Seiko Prospex New Samurai atau Shog-Urai merupakan koleksi permanen dan coming soon di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more