Tissot PRX 40 Powermatic 80 UFO Robot Grendizer Special Edition Dirilis!

by Han Aug 23, 2024 3 min read

Kolaborasi Tissot x UFO Robot Grendizer

Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer
Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Kolaborasi ini membuka babak baru dalam sejarah Tissot, yang memadukan jam tangan PRX vintage dengan budaya pop manga. Keduanya sama-sama diluncurkan pada tahun 1970-an silam. Adapun manga Grendizer mulai populer di Eropa pada tahun 1978, bersamaan dengan peluncuran Seastar 1978 yang desainnya menjadi base dari PRX modern. Lalu pada 2024, Tissot merilis PRX 40 mm UFO Robot Grendizer Special Edition yang membuat para penggemarnya bernostalgia. 

UFO Robot Grendizer
UFO Robot Grendizer

Intip Desain Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer 

Dial Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer
Dial Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Jam tangan ini dirancang dengan stainless steel case berdimensi 40 mm dan ketebalan 10,9 mm yang dibuat dengan brushed finish. Seperti PRX varian lainnya, jam tangan kolaborasi ini sudah memiliki ketahanan air 100 meter yang aman digunakan saat hujan maupun berenang di kolam renang. Lalu case-nya terintegrasi dengan stainless steel bracelet yang serasi.

Pada rehaut chapter ring bagian atas, terdapat teks bahasa Jepang yang bertuliskan “UFO ロボ グレンダイザー” atau judul asli Grendizer. Detail ini menunjukkan kolaborasi antara watchmaker Swiss ini dan manga Jepang. 

Lume Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer
Lume Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Sementara sunburst dial-nya dibuat berwarna biru tua dengan ukiran karakter Grendizer. Ini membangkitkan nostalgia para penggemar manga dan anime tahun 70-an ini. Menariknya, ukiran Grendizer pada dial dilapisi oleh Super-LumiNova berwarna kuning sedangkan jarum jam dan indeksnya dilapisi lume berwarna hijau.

Sehingga pada malam hari, gambar karakter robot ini semakin terlihat. Sedangkan pada siang hari, gambar Grendizer tampak memudar, mirip dengan pola geometris acak yang mirip dengan model PRX sebelumnya.

Movement dan Caseback Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Caseback Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer
Caseback Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Jam tangan ini ditenagai oleh automatic movement Caliber Powermatic 80 (ETA 2824-2 base). Movement ini berdetak sebanyak 21.600 vph, memiliki 23 jewels, serta power reserve hingga 80 jam. Selain itu, movement ini juga dilengkapi dengan balance-spring Nivachron yang memiliki ketahanan magnetik lebih baik daripada balance spring standar. Lalu pada bagian rotornya terdapat ukiran motif UFO Robot Grendizer. 

Kamu dapat melihat movement ini pada bagian caseback transparannya yang dilindungi oleh sapphire crystal. Untuk menandai kolaborasi spesial ini, terdapat pula ukiran tulisan ‘TISSOT X GRENDIZER’ dan ‘Go Nagai’, yaitu nama penulis manga Grendizer. 

Dikemas dalam Box Spesial

Box Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer
Box Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer

Sebagai jam tangan edisi spesial, Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer dikemas dalam kemasan yang menarik. Jam tangan ini dibungkus dengan box berbentuk Spazer, yaitu pesawat luar angkasa legendaris yang digunakan oleh Grendizer. Lalu bagian box sleeve-nya menampilkan gambar-gambar orisinil Go Nagai.

Itulah informasi terkait kolaborasi spesial Tissot dengan Grendizer. Untuk para penggemar, koleksi yang satu ini sayang untuk dilewatkan! Tissot tidak merinci berapa unit yang diproduksinya. Namun Tissot PRX 40 mm UFO Robot Grendizer dibanderol seharga US$825 atau sekitar Rp12,8 jutaan. Sambil menunggu tersedia, kamu bisa cek koleksi Tissot lainnya di Jamtangan.com

2 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

    mau order jam ini gmn kak?

Read more