Tips Bertransaksi Online dengan Nyaman

Tips Bertransaksi Online dengan Nyaman

Masyarakat dunia kini memasuki era saat semua hal memiliki peluang untuk terjadi. Perkembangan teknologi dan pengetahuan mengantarkan masyarakat dunia menjadi lebih tinggi mobilitasnya, makin tinggi tempo kehidupannya sehingga banyak inovasi yang tersaji untuk memudahkan manusia dalam menghemat waktu; salah satunya adalah toko online atau online store/shop.

Beberapa tahun terakhir ini menjamur sekali perdagangan online. Mulai dari barang bekas hingga ke barang-barang premium. Seluruh dunia demam dengan toko online, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pelanggan toko online terbesar di Asia.

Namun, hal tersebut bukannya berjalan tanpa masalah. Banyak pelanggan yang mengeluhkan beberapa online store karena pelayanannya. Sebaliknya, toko-toko dan para penjual online juga memiliki keluhannya sendiri. Redaksi kami mencoba mengumpulkan data serta merumuskan beberapa tips untuk para penggiat transaksi online yang mungkin juga termasuk Anda.

 

Memahami Tata Cara Pembelian
Semua website toko online selalu memiliki tata cara bertransaksinya masing-masing. Biasanya berupa halaman khusus (berjudul “How to Buy” atau “How to Order” atau “Cara Pembelian” atau “Cara Memesan” dsb). Baca dengan baik halaman tersebut. Apabila ada pertanyaan atau ketidak sesuaian kalimat penyampaian di halaman tersebut, barulah hubungi layanan pelanggan (customer care).

How to Order MachtwatchGambar 1. Halaman “How-to-Order

Memahami Proses Transaksi
Ada banyak cara komunikasi penawaran toko online kepada para pelanggannya; media sosial, website resmi, iklan, hingga melalui buzzer yang tersebar di internet. Tentunya sebelum bertransaksi, pelanggan dianjurkan untuk memahami proses transaksi yang ditawarkan. Beberapa toko online memiliki sistem yang berbeda dalam menjalankan proses transaksi tersebut. Perhatikanlah dengan seksama halaman barang yang akan dibeli. Bisa jadi semua informasi telah tersedia pada halaman tersebut secara langsung atau berupa tautan atau link.

IMG_20150704_140304_HDRGambar 2. Halaman Detil Barang

Melakukan Pencarian Ekstra
Masing-masing pelanggan terkadang tidak sabar dalam mengantri di customer care yang seringkali overload. Untuk menghemat waktu, pelanggan dapat melakukan pencarian tentang barang yang akan dibeli di mesin pencarian online. Dengan begitu, selain menghemat waktu, pelanggan juga berkemungkinan mendapat informasi menarik lain saat melakukan pencarian tersebut. Tentunya ini menguntungkan sekali, bukan?

Pahami Proses Pengiriman
Proses pengiriman merupakan salah satu hal paling krusial dalam bisnis online. Tekniknya bermacam-macam. Bisa melalui COD maupun pengiriman langsung ke alamat. Dalam proses ini, biasanya, sebuah toko online memiliki sistem tertentu yang memakan waktu. Sehingga, estimasi normal pengiriman sebuah produk yang dijual online (oleh toko online resmi, bukan personal online store/perorangan) paling cepat memakan waktu satu minggu pengiriman hingga sampai ke alamat yang dituju. (machtwatch)

Categories: Info & Tips