Timex Hadirkan Kembali Mystery Dial pada Q Timex 1975 Enigma Reissue

by Han Aug 07, 2024 1 min read
Q Timex 1975 Enigma Reissue
Q Timex 1975 Enigma Reissue

Konsep Mystery Dial Telah Diperkenalkan pada Abad ke-19

Pertama dirilis pada tahun 1975 lalu, model Enigma dari Timex terkenal dengan dial ‘misterius’-nya. Konsep dial seperti ini mulai digunakan pada abad ke-19 dan populer di pertengahan abad ke-20. Beberapa watchmaker terkenal juga ada yang mengadopsi dial ini, seperti Longines dan Jaeger-LeCoultre yang menggunakan piringan plastik sebagai pengganti jarum jam tradisional.

Alih-alih menggunakan piringan plastik pada dial, Timex masih mempertahankan jarum jam dan menit yang dirancang dengan warna yang senada dengan warna dasar dial-nya namun ujung kedua jarum berwarna putih. Sehingga ujung kedua jarum berwarna putih akan menimbulkan efek ilusi mengambang. Nah, konsep inilah yang dibawakan Q Timex 1975 Enigma Reissue. 

Punya Mystery Dial yang Unik

Dial Q Timex 1975 Enigma Reissue
Dial Q Timex 1975 Enigma Reissue

Seperti pendahulunya yang dirilis 1975, Q Timex 1975 Enigma Reissue mempertahankan ‘mystery dial’-nya. Ini terlihat pada titik biru tua yang dilukis di bawah acrylic crystal untuk menyembunyikan poros jarum jam.

Sementara, jarum jam dan menit dibuat senada dengan dial namun ujungnya berwarna putih, sehingga bagian ujung jarum berwarna putih seolah terlihat mengambang atau melayang di atas dial. Jarum detik lolipop dan batang jarum juga berwarna sama dengan dial, tetapi pada bagian bulatnya berwarna merah, sehingga bagian merah terlihat mengambang.

Dial-nya juga tampak minimalis yang dibuat berwarna biru tua tanpa indeks ataupun marker. Namun terdapat chapter ring berwarna biru muda yang tampak kontras. Lalu tercetak  tulisan ‘Q TIMEX QUARTZ’ pada posisi pukul 9 dan day-date window pada posisi pukul 3. Adapun domed acrylic crystal yang melindungi dial membuat jam tangan ini semakin terlihat sleek.

Intip Desain Case

Q Timex 1975 Enigma Reissue
Q Timex 1975 Enigma Reissue

Q Timex 1975 Enigma Reissue memiliki stainless steel cushion case berdiameter 37 mm dan ketebalan 12 mm. Bagian permukaan atas case dibuat dengan polished finish sedangkan sisi sampingnya brushed finish. Case ini juga sudah tahan air hingga 50 meter yang membuatnya tahan terkena percikan air. Lalu case-nya dipasangkan bracelet dengan brushed finish serta dilengkapi clasp model fold over dengan pengaman. Secara desain, bentuk case-nya masih mempertahankan desain asli versi 1975.

Caseback dan Movement Q Timex 1975 Enigma Reissue

Caseback Q Timex 1975 Enigma Reissue
Caseback Q Timex 1975 Enigma Reissue

Jam tangan ini digerakkan oleh quartz movement dan ditenagai oleh baterai SR626SW yang tahan hingga 2 tahun. Sama seperti pendahulunya, Q Timex 1975 Enigma Reissue memiliki screwed on caseback dengan 4 sekrup dan penutup baterai yang mudah dibuka.

Itulah informasi seputar Q Timex 1975 Enigma Reissue, tampilannya yang unik dan vintage membuat model yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Jam tangan ini dibanderol seharga US$199 atau sekitar Rp3,2 jutaan. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu kehadirannya di Jamtangan.com ya! Sambil menunggu, kamu dapat cek koleksi Timex lainnya di sini

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more