Tidak Selalu Mahal, Kenali 5 Jam Tangan Pilot Under 5 Juta!

by Contributor Jul 19, 2024 5 min read

Sama seperti namanya, ini adalah jam tangan yang dirancang untuk kalangan aviator atau penerbang pesawat. Entah itu mereka yang memakai pesawat komersial maupun pesawat tempur. Hal ini karena desan dan fiturnya dibuat untuk fungsional bagi para pilot. 

Jika menilik sejarahnya, pilot watch sudah ada dari era sebelum perang dunia I dan genre ini masih menjadi favorit para watch enthusiast maupun kalangan profesional yang bekerja di dunia aviasi.

ilustrasi jam tangan pilot AVI-8

Rekomendasi Pilot Watch di Bawah Rp5 Juta

Menariknya, kini jam tangan pilot pesawat tempur maupun jenis yang lain bisa kamu temukan dengan harga yang terjangkau, yaitu di bawah Rp5 juta. Ini rekomendasinya khusus untuk kamu! 

1. AVI-8 Hawker Hurricane AV-4088-11 Carey Dual Time

 jam tangan pilot pesawat tempur
AVI-8 Hawker Hurricane AV-4088-11 Carey Dual Time

Pertama, ada AVI-8 Hawker Hurricane Carey Dual Time AV-4088-11 yang harganya hanya ada di Rp1,6 jutaan. Harga ini pastinya sangat worth it mengingat desain, spesifikasi dan fitur dual time-nya. 

Jam tangan dengan ukuran diameter case 43 mm dan ketebalan 12 mm ini dibuat sebagai penghormatan kepada salah satu penerbang pesawat tempur Inggris yang dihormati di Eropa dan Pasifik selama PDII yaitu Frank Reginald Carey. Carey Dual Time adalah jam tangan pilot yang sangat nyaman dipakai, dirancang dengan gaya klasik. 

Material stainless steel pada case dan bracelet nyaman untuk kamu gunakan di waktu lama. Jam tangan ini dibekali Japan quartz movement yang terkenal awet

2. Seiko 5 Sports Flieger SRPH23K1

jam tangan pilot pesawat tempur
Seiko 5 Sports Flieger SRPH23K1

Jika kamu mencari jam tangan pilot sport Seiko 5 Sports Flieger SRPH23K1 bisa jadi solusi. Dengan desain Flieger Type-B yang terinspirasi dari jam tangan pilot tempur pasukan Jerman di perang dunia kedua, tampilanmu akan lebih keren ketika memakai pilot watch ini. Ukurannya pun tidak terlalu besar, yaitu 39,4 mm untuk diameter dan 13.2 mm. Walau ini pilot watch, namun dibekali mesh bracelet dengan slide buckle.

Pilot watch ini memiliki ketahanan air 100 meter, sehingga aman untuk daily. Selain itu jam tangan ini dibekali automatic movement caliber 4R36 dengan fitur day-date. Bahkan, harga jam tangan pilot water resist ini juga terjangkau, yaitu Rp2,9 jutaan saja. 

3. Citizen Eco Drive CA4558-16E Future Force Series Chronograph

rekomendasi jam tangan pilot
Citizen Eco Drive CA4558-16E Future Force Series Chronograph

Bagi kamu yang lebih suka jam tangan ramah lingkungan, Citizen Eco Drive CA4558-16E bisa jadi pilihan. Hal ini karena movement-nya adalah solar powered quartz yang energi baterainya bisa terisi ketika cahaya ditangkap panel surya. Jadi, kamu tidak perlu mengganti baterai selamanya. 

Selain itu, jam tangan pilot pria dari Future Force Series ini, dirancang dengan stainless steel case dan rally style leather strap. Sementara pada bezel diberi warna hijau dan terdapat skala kompas yang dapat membantu pilot menemukan arah. Sementara pada inner chapter ring diberi Telemeter yang berguna untuk mengukur momentum. Jam tangan ini berdiameter 43 mm dengan ketebalan 12.9 mm. 

Selain eco-friendly dan cocok untuk penerbangan, pilot watch ini juga punya fitur chronograph dengan 2 subdial putih berisi indikator 24 jam dan indikator 60 menit countdown serta 1 subdial hitam sebagai indikator detik waktu utama. Harganya pun tidak terlalu mahal, yaitu di Rp4,2 jutaan. 

4. Casio G-Shock Gravitymaster GA-1000-4BDR

harga jam tangan pilot water resist
Casio G-Shock Gravitymaster GA-1000-4BDR

Kurang lengkap rasanya jika sedang membicarakan rekomendasi jam tangan pilot tanpa menyebutkan G-Shock. Satu di antara sekian pilihannya adalah Casio G-Shock Gravitymaster GA-1000-4BDR. Pilot watch ini punya kombinasi warna hitam dan merah yang stylish dan dilengkapi fitur terbaik. 

Daya tarik utama jam tangan analog digital pilot ini adalah fitur digital compass, neon illuminator, thermometer, world time, stopwatch, timer, alarm, dan regular timekeeping. Tidak hanya fungsional, kombinasi resin case dengan stainless steel bezel serta resin strap membuatnya ringan sekaligus tangguh.

Ukurannya pun cukup besar, yaitu 52.1 mm untuk diameter dengan ketebalan 16.9 mm. Ketahanan terhadap airnya pun cukup tinggi, yaitu 200 meter, sehingga tidak heran jika jam tangan ini populer di kalangan militer. Harganya sekitar Rp3,3 jutaan. 

5. Hugo Boss Pilot Edition 1513850

 jam tangan pilot pria
Hugo Boss Pilot Edition 1513850

Apabila kamu ingin tampil dengan gaya lebih formal, Hugo Boss Pilot Edition 1513850 bisa jadi pilihan. Pilot watch ini memakai case dan bracelet yang terbuat dari stainless steel. Dial jam tangan ini memiliki dial berwarna biru navy dan terdapat 3 subdial yang berfungsi sebagai detik utama, indikator 24 jam dan indikator menit chronograph. 

Diameternya berukuran 44 mm dengan ketebalan 11.95 mm. Sedangkan harganya ada di Rp2,8 jutaan. 

Dari sekian jam tangan pilot di atas, koleksi mana yang jadi favoritmu? Pastinya, semua produknya bisa kamu temukan di JAMTANGAN.COM. Bahkan, kamu bisa mendapatkan diskon menarik dan penawaran terbaik yang lain. Jadi, sudah siap untuk membawa pulang pilot watch impianmu? 

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more