Sejarah dan Asal Usul Bund Strap yang Unik

Sejarah dan Asal Usul Bund Strap

Selama ini, sebagian orang mungkin lebih mengenal jam tangan yang dilengkapi dengan metal bracelet, serta strap yang terbuat dari leather, resin, dan material lainnya. Namun, tahukah kamu jika beberapa dekade yang lalu pernah muncul style leather strap bernama bund watch strap yang sangat terkenal? Bahkan, aktor legendaris seperti Steve McQueen dan Paul Newman pun pernah mempopulerkannya.

Jika masih belum tahu tentang apa itu bund strap, kamu wajib baca artikel di bawah ini karena Jamtangan.com akan sharing tentang sejarah dan asal usul bund strap. So, baca terus artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Bund Strap?

Bund watch strap
Bund watch strap

Bund strap adalah leather strap  jam tangan yang dilengkapi oleh lapisan leather ekstra yang berfungsi sebagai “tatakan” atau alas case jam tangan dan “tatakan” ini bisa dilepas dari leather strap utama yang menempel ke lug, namun bisa disatukan. Style strap seperti ini tidak hanya bisa melindungi jam tangan dari kotoran, kelembapan, dan suhu ekstrim, tetapi juga memberi perlindungan ekstra terhadap benturan dan goresan yang tidak disengaja. 

Jam tangan dengan bund strap saat dipakai di pergelangan tangan
Jam tangan dengan bund strap saat dipakai di pergelangan tangan

Mulanya, bund strap dirancang untuk penggunaan militer, tepatnya oleh angkatan udara Jerman pada Perang Dunia II, tetapi dengan popularitasnya yang terus menanjak membuatnya banyak dipakai oleh warga sipil. Bund watch strap dihadirkan dalam beragam material, warna dan style, serta menawarkan serangkaian opsi untuk individu yang menghargai fungsionalitas dan estetis pada koleksi jam tangannya.

Sejarah Bund Strap

Bund strap mulanya dipakai oleh personel angkatan udara Jerman saat Perang Dunia II
Bund strap mulanya dipakai oleh personel angkatan udara Jerman saat Perang Dunia II

Istilah “Bund” berasal dari bahasa Jerman “Bundeswehr” yang artinya “Pertahanan Federal”. Selama Perang Dunia ke-2, tepatnya di tahun 1940-an, angkatan udara Jerman memperkenalkan bund watch strap sebagai solusi atas ketidaknyamanan yang dirasakan pilot angkatan udara selama pertempuran karena memakai leather strap tradisional. Style bund strap dirancang untuk bisa dikenakan di atas flight jacket untuk mencegah jam tangan tergelincir ketika melakukan manuver saat terbang.

Kokpit pesawat tempur dan pesawat pembom seringkali mengalami sejumlah kondisi sangat berbahaya serta mengalami sensasi sangat panas dan sangat dingin saat bekerja. Hal ini membuat jam tangan logam makin sering bergesekan dengan pergelangan tangan yang menjadikannya tidak nyaman saat dipakai. 

Penggunaan bund strap dengan alas leather strap tebal dapat berfungsi sebagai lapisan pemisah antara kulit dan metal watch case sehingga bisa mencegah ketidaknyamanan. Jika terjadi kebakaran di kokpit, leather strap tersebut pun bisa menjadi pemisah antara case logam jam tangan dari kulit pergelangan, karena case jam bisa menjadi sangat panas dan melukai kulit dan daging. Pemakaian bund strap juga membantu mencegah kerusakan pada jam tangan akibat keringat berlebih. 

Tokoh yang Mempopulerkan Bund Watch Strap

Steve McQueen memakai jam tangan dengan bund strap
Steve McQueen memakai jam tangan dengan bund strap

Pada pertengahan abad ke-20, khususnya selama tahun 1960 – 1970-an, bund watch strap sempat populer dan menjadi favorit di kalangan pembalap motorsport. Meningkatnya popularitas bund strap tak bisa lepas dari ikon style Steve McQueen yang sering terlihat melengkapi jam tangannya seperti Hanhart 417 Chronograph dengan bund strap. Hal ini membuat bund strap dianggap sebagai kultur populer yang menyita perhatian watch enthusiast pada periode tersebut.

Paul Newman dengan koleksi jam tangan Rolex Daytona
Paul Newman dengan koleksi jam tangan Rolex Daytona

Kecintaan Steve McQueen pada passion-nya ditunjukan pada hobi motorsports dan perannya dalam film seperti “Le Mans” (1971) atau “Bullitt” (1968). Bund watch strap bisa dengan sempurna melengkapi lifestyle McQueen dan seolah menjadi perpanjangan dari pesona dan kepribadiannya di layar kaca dan di kehidupan sehari-hari. 

Nina Rindt
Nina Rindt

Paul Newman juga termasuk orang yang suka melengkapi jam tangan Rolex Daytona miliknya dengan bund strap. Penggunaan model strap ini makin menambah sentuhan unik pada model jam tangan yang dipakai. Selama periode waktu tersebut, figur lain seperti Nina Rindt juga ikut mempopulerkan bund watch strap. Ia adalah putri dari pembalap asal Finlandia Curt Lincoln dan istri dari pembalap F1 yaitu Jochen Rindt. Nina Rindt sering hadir di ajang balapan mobil dan menghiasi pergelangan tangannya dengan Universal Compax chronograph dan bund strap

Bund strap ini cukup populer dan identik dengan jam pilot, jam military, serta jam racing karena sejarahnya sehingga banyak dikoleksi watch enthusiast dan kolektor. Apakah kamu juga tertarik untuk memilikinya? Sebelum mengoleksinya, dapatkan dulu model jam tangan favoritmu dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
G-Shock CasiOak Terlaris 2024

5 Jam Tangan G-Shock CasiOak Terlaris 2024

Next Article
Oris Divers Sixty-Five All-Black Hölstein Edition

Rayakan Anniversary ke-120, Oris Rilis Divers Sixty-Five All-Black Hölstein Edition

Related Posts
Total
0
Share