Seiko Prospex Samurai Generasi Baru akan Dirilis, Dijuluki Shog-urai?

Seiko akan merilis seri Prospex “New Samurai”

Seiko akan merilis seri Prospex “New Samurai” dengan tampilan baru yang terdiri dari tiga versi. Ketiga model jam tangan tersebut adalah ref. SRPL11K1 dengan versi merah burgundy, SRPL13K1 dengan versi black-on-steel, dan SRPL15K1 dengan versi black-coated. Di kalangan watch enthusiast, koleksi Samurai merupakan salah satu Seiko diver’s terlaris selain Turtle. 

Seiko Samurai sendiri dikenal sebagai ISO diver’s watch yang memiliki ketahanan air hingga 200 meter, memiliki ukuran case besar, kokoh, dan lekukan tegas hingga membuatnya memiliki look modern. Simak terus artikel di bawah ini untuk tahu lebih detail tentang spesifikasi New Samurai SRPL11K1, SRPL13K1, dan SRPL15K1.

Sekilas Tentang Koleksi Seiko Samurai

Seiko Samurai (dari kiri ke kanan) SRPB53K1, SRPB51K1, SRPB49K1, dan SRPB55K1 (2017)
Seiko Samurai (dari kiri ke kanan) SRPB53K1, SRPB51K1, SRPB49K1, dan SRPB55K1 (2017)

Seiko Samurai pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004, tetapi produksinya sempat dihentikan pada tahun 2008. Setelah hampir 10 tahun absen, koleksi ini dihadirkan kembali pada tahun 2017 dengan tampilan telah di-update di antaranya SRPB49K1, SRPB51K1, SRPB53K1 dan SRPB55K1. Koleksi tersebut dirancang dengan case lebih tegas, dial-nya bertekstur, serta terdapat pembaruan pada bezel, font, warna, indeks marker/hands, dan movement lebih modern. 

Seiko Prospex New Samurai 2024
Seiko Prospex New Samurai 2024

Di tahun 2020, Seiko memperbarui Samurai dengan menggunakan material lebih baik seperti kristal safir dengan cyclop hingga ceramic insert bezel. Versi ini kemudian dijuluki King Samurai karena upgrade menggunakan material yang superior. Dan untuk merayakan 20 tahun model Samurai, di tahun 2024 ini, Seiko merilis New Samurai dengan mengubah banyak hal. Misalnya ukurannya lebih kecil dan tampilannya pun telah didesain ulang. Koleksi terbaru ini juga memiliki julukan baru, yaitu “Shog-Urai” karena desain jam tangannya seperti menggabungkan antara desain Samurai dan unsur Seiko Shogun. 

Spesifikasi Seiko Prospex New Samurai

Case Seiko Prospex New Samurai

Case Seiko Prospex New Samurai 
Case Seiko Prospex New Samurai 

Koleksi New Samurai dirancang menggunakan stainless steel case dengan salah satu model dilapisi black hard coating. Finishing-nya dominan brushed finish. Selain itu, New Samurai memiliki diameter 41,7 mm, tebalnya 12,3 mm, dan lug-to-lug 49,5 mm. Dimensi case-nya telah diubah secara drastis dibandingkan versi Samurai generasi sebelumnya yang berdiameter 43,8 mm. Ketiga jam tangan menggunakan unidirectional bezel dengan metal insert dan skala diving 60 menit. 

Seiko Prospex New Samurai saat dipakai di pergelangan tangan
Seiko Prospex New Samurai saat dipakai di pergelangan tangan

Selain pengurangan size, bentuk jam tangan juga telah di-update. Seiko New Samurai masih terlihat modern dengan sudut tegas, tetapi tampilannya tidak terlalu besar seperti model sebelumnya, serta memiliki lug jauh lebih runcing dan lebih ramping. Unidirectional bezel masih mempertahankan pola kurnled klasik pada bagian samping, tetapi dengan desain insert yang lebih ramping dibandingkan model sebelumnya.

Untuk melindungi dial, jam tangan ini dibekali kristal Hardlex. Seperti Prospex Samurai sebelumnya, jam tangan ini dibekali ketahanan air 200 meter standar ISO 6425 dan menggunakan solid screw down caseback. Dua jam tangan dilengkapi stainless steel bracelet dengan 3-link folding clasp dan diving extension yaitu model SRPL11K1 dan SRPL13K1, serta untuk versi all black, dibekali silicon strap dengan black-coated pin buckle untuk versi SRPL15K1. 

Dial dan Movement Seiko Prospex New Samurai

Dial Seiko Prospex New Samurai
Dial Seiko Prospex New Samurai

Seiko melakukan update pada dial New Samurai, dengan beberapa ciri desain Samurai yang masih bisa dikenali walau tampilannya lebih ramping. Date window ditempatkan pada pukul 4:30 dalam posisi horizontal sehingga dial terlihat lebih simetris. Di bawah pukul 12 terdapat tulisan “SEIKO”, sedangkan di atas pukul 6 terdapat logo Prospex dan tulisan “AUTOMATIC DIVERS 200M”. Indeks marker lancip bergaya pedang pada matte dial dibuat timbul, mengingatkan pada Seiko Shogun. Desain hands diperbarui dengan gaya semakin menyerupai pedang, indeks marker, dan bezel pip pada skala 60 pada bezel diisi LumiBrite dengan lapisan warna putih untuk model steel dan cream pada versi strap hitam. 

Ketiga jam tangan Prospex New Samurai dibekali in-house automatic movement caliber 4R35. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph, memiliki power reserve 41 jam, dan akurasinya -35/+45 detik per hari.

Tiga Model Jam Tangan Seiko Prospex New Samurai

Berikut ini adalah tampilan dari ketiga model jam tangan Seiko Prospex New Samurai.

1. Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL11K1 

Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL11K1 
Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL11K1 

Ref. SRPL11K1 dirancang dengan warna merah burgundy pada bezel dan dial, dilengkapi stainless steel bracelet, serta white-tone LumiBrite. Ini adalah terobosan terbaru Seiko memasukan warna merah dalam lini diver-nya yang membuatnya terlihat fresh.

2. Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL13K1

Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL13K1
Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL13K1

Ref. SRPL13K1 dirancang dengan versi hitam klasik pada bezel dan dial, dilengkapi stainless steel bracelet, serta white-tone LumiBrite.

3. Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL15K1

Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL15K1
Seiko Prospex New Samurai Ref. SRPL15K1

Ref. SRPL15K1 dirancang menggunakan stainless steel yang dilapisi black hard coated case, dial dan bezel warna hitam, cream-tone LumiB’’rite, serta dilengkapi black silicone strap.

Seiko Prospex New Samurai merupakan koleksi permanen yang dibanderol dengan harga EUR650 atau sekitar Rp11,5 jutaan untuk SRPL11K1 dan SRPL13K1, serta EUR600 untuk SRPL15K1 atau sekitar Rp10,6 jutaan. Namun itu adalah harga Eropa dan di Indonesia biasanya harganya lebih rendah. Jam tangan ini akan dirilis secara global pada Juli 2024 dan kemungkinan akan masuk Indonesia satu bulan setelah rilis global. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Dapatkan koleksi Seiko Prospex lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Jam Tangan Sport Mulai Rp700 Ribuan

Harga Jam Tangan Sport Mulai Rp700 Ribuan, Ini 5 Rekomendasi Terbaiknya!

Next Article
Jam Tangan Anti Air

Tetap Stylish dengan 5 Jam Tangan Anti Air Terbaik untuk Kamu yang Aktif

Related Posts
Total
0
Share