Seiko 140 th Anniversary Limited Edition : Prospex, Presage, Astron, 5 Sports

Seiko 140 th Anniversary Limited Edition : Prospex, Presage, Astron, 5 Sports

Seiko didirakan oleh Kintaro Hattori pada 1881, saat itu dia baru berusia 21 tahun. Selama lima puluh tahun memimpin, Seiko menjadi perusahaan jam tangan terkemuka di Jepang, dengan desain dan fasilitas produksinya sendiri. Pencapaian ini adalah hasil langsung dari visi Hattori yang berpikiran bahwa Seiko harus selalu “selangkah lebih maju dari yang lain”. Kata-katanya masih bergema dan terus menginspirasi Seiko hingga hari ini. Untuk merayakan ulang tahun Seiko yang ke 140, visi Kintaro sekarang diwujudkan dalam rangkaian empat jam tangan edisi terbatas yang, menunjukkan berbagai keahlian pembuatan jam Seiko, dari automatic hingga GPS Solar.

Dari Seiko Prospex ke Astron GPS Solar

Keempat jam tangan dalam koleksi ini memiliki warna biru dan putih yang sama tetapi mempunyai perbedaan pada desain, teknologi, dan karakter. Astron GPS Solar mewakili pembuatan jam elektronik berteknologi tinggi, sedangkan kaliber automatic GMT 6R64 ialah karya horologi tradisional terbaik. Koleksi ini juga mengacu pada tradisi panjang Seiko dalam jam tangan olahraga. Jam tangan Prospex meruapakan interpretasi dari jam tangan penyelam pertama Seiko dari tahun 1965, sedangkan Seiko 5 Sports melambangkan nilai luar biasa yang ditawarkan seri ini

untuk para pecinta jam tangan olahraga selama lebih dari setengah abad. Keempat jam tangan ini akan tersedia di butik Seiko dan retail terpilih seluruh dunia pada Mei 2021.

Prospex

Seio Prospex SPB213. Foto: Hodinkee

Menggunakan desain jam tangan penyelam pertama Seiko dari tahun 1965, serta dibekali jarum lebar dengan lumbrite, memberikan visibilitas tinggi. Sementara itu, screw down crown dan case back menawarkan ketahanan air 200 meter. Jam didesain agar mudah dipasang di pergelangan tangan. Jam ini merupakan edisi terbatas, hanya diproduksi sebanyak 6.000.

Presage

Seiko Presage Sharp Edged SPB223.

Presage Sharp Edged Series menggabungkan permukaan datar dengan sudut tajam yang memungkinkan jam tangan bersinar dari setiap sudut. Dilengkapi lapisan super keras yang melindungi case dan bracelet dari goresan sekaligus mempertahankan kilauannya. Dialnya menggunakan pola Asanoha atau daun rami yang telah digunakan selama ribuan tahun pada kain serta arsitektur Jepang. Tekstur yang penuh pola geometris, menciptakan variasi bayangan yang tak terbatas pada sudut yang berbeda saat cahaya bergerak melewatinya. Jam tangan ini didukung oleh kaliber GMT otomatis 6R64. Dan hanya diproduksi terbatas 3.500.

Astron

Seiko Astron SSH093. Foto : Hodinkee

Bentuk Astron GPS Solar ini memiliki siluet lekukan yang sama dengan Quartz Astron tahun 1969. Jam ini tetap menjadi salah satu pencapaian teknologi Seiko yang paling terkenal. Desainnya dimutakhirkan dengan GPS Solar Dual-Time kaliber 5X53 yang menyesuaikan dengan waktu yang tepat di mana saja di dunia. Menggunakan kekuatan cahaya serta menawarkan beberapa fitur canggih termasuk penyesuaian zona waktu kecepatan tinggi dan fungsi transfer waktu. Dial jamnya berwarna perak muda, bersih dengan aksen biru, dan bezelnya terbuat dari keramik biru. Jam ini terbatas 1.400.

Seiko 5 Sports

Seiko 5 Sports SRPG47. Foto : Hodinkee

Bentuk case yang cukup akrab untuk Seiko 5 Sports, berwarna putih. Dengan dial yang mempesona dan bezel biru, jam tangan ini menuntut untuk dipakai sepanjang musim panas. Kaliber 4R36 otomatis yang telah terbukti kehandalannya memberikan ketangguhan yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jam in merupakan edisi terbatas 11.000.

Categories: Editor's Choices, News, Seiko