Seagull, Penunjuk Waktu Dari Negeri Tirai Bambu

Seagull, Penunjuk Waktu Dari Negeri Tirai Bambu

Jika kita mendengar negeri Tirai Bambu, pasti pikiran kita akan langsung tertuju ke negara bernama Cina. Orang-orang akan berpikir negara Cina merupakan negara besar dan padat penduduknya. Cina merupakan salah satu negara yang produktif menghasilkan berbagai macam produk. Walaupun di Indonesia, orang akan berpikir produk Cina identik dengan barang kw atau barang berkualitas rendah. Itu semua hanya stereotip belaka, karena faktanya di Cina banyak juga produk yang kualitasnya sangat bagus. Salah satunya adalah Seagull, sebuah merk jam tangan dari Cina.

Seagull-factory-di-Cina
Gambar 1. Seagull factory di Cina.

 

Awalnya, Seagull bernama Tianjin Watch Factory yang berdiri pada tahun 1955, Kemudian berganti nama menjadi Tianjin Seagull Corporation. Seagull cukup diapresiasi oleh pecinta jam tangan. Banyak model Seagull yang cukup digemari. Salah satunya adalah Seagull chronograoh 1963 yang merupakan reissue dari Tianjin chronograph yang diluncurkan pada 1963. Jam ini digemari karena merupakan jam resmi untuk China Air Force. Seagull 1963 ini menggunakan movement Seagull ST19 yang mempunyai 21 jewels dan merupakan movement yang cukup rumit sekaligus indah. Movement ini diproduksi inhouse oleh Seagull. Jika sebuah brand jam tangan sudah bisa merancan dan membuat mesinnya sendiri, bisa dikatakan brand tersebut sangat patut diapresiasi. Karena inhouse movement merupakan ekspresi horology tertinggi dari sebuah brand jam tangan.

Seagull-1963-yang-digunakanCina-Air-Force
Gambar 2. Seagull 1963 yang digunakan Cina Air Force. (sumber: seagull1963.com)

 

Produk Seagull lainnya yang cukup menjadi incaran banyak kolektor ialah Seagull ST5, jam  produksi tahun 1970 ini, memang simple jika dilihat desainnya. Tetapi jika kita melihat mesinnya, kita akan takjub akan keindahan finishingnya. Terdapat garis garis dan detail yang cantik dari movementnya. Karena ST5 merupakan model vintage dari Seagull, model ini banyak dicari kolektor jam vintage yang ingin melengkapi koleksinya dengan Seagull.

Mesin-Seagull-ST5.-ST5-yang-merupakansalahsatu-model-Seagull-vintage-yang-dicari-para-kolektor
Gambar 3. Mesin Seagull ST5. ST5 yang merupakan salah satu model Seagull vintage yang dicari para kolektor. (sumber: uhrforum.de)

 

Seagull saat ini tidak hanya memproduksi jam tangan, tapi juga berperan sebagai movement manufacture atau pabrik pembuat mesin jam. Kualitas mesin buatan Seagull tentu tidak kalah dengan jam-jam buatan Swiss maupun Jepang. Beberapa brand seperti Parnis juga memakai mesin buatan Seagull ini. Terbukti mesin Seagull seperti ST19 dan ST5 diapresiasi dikalangan pecinta jam tangan, artinya kualitas dari mesin ini, baik secara estetika, durability maupun presisi cukup bagus.

 

Seagull-tourbillion
Gambar 4. Seagull tourbillion, salah satu produk high end Seagull yang memakai mesin turbillion. (sumber: dalltech.com)

 

Seagull saat ini juga sudah mampu membuat mesin jam yang rumit, seperti mesin berjenis Turbillion dan Minute Repeater. Artinya sebagai brand jam tangan Seagull selalu berinovasi mengikuti teknologi yang berkembang di dunia horology. Untuk jam tangan bisa dikatakan, Seagull yang berasal dari Cina ini, sudah bisa bersaing dengan brand brand jam tangan terkenal lainnya. Hebatnya lagi dengan berbagai macam jenis mesin yang rumit, harga jam tangan Seagull relatif dibawah harga brand Swiss yang terkenal.Jam tangan Seagull bermesin turbillion misalnya, harganya jauh dibawah harga jam turbillion buatan Swiss. (machtwatch)

Categories: Sea-Gull, Watch Brands
Tags: seagull