Winding up,
Almost Ready ...

Review Microbrand Italia: Venezianico Nereide GMT dan Redentore Ultrablack

by Fazriano Oct 18, 2024 8 min read
Review Microbrand Italia: Venezianico Nereide GMT dan Redentore Ultrablack

Sekilas Tentang Brand Venezianico

Alberto dan Alessandro Morelli

Brand ini didirikan oleh Morelli bersaudara,  Alberto dan Alessandro, pada tahun 2017. Berkat rasa cinta mereka terhadap jam tangan dan desain, mereka mendirikan Venezianico untuk menunjukan passion mereka terhadap watchmaking sekaligus mencerminkan kota kelahiran mereka, Venesia, dalam sebuah jam tangan. Karena ingin menunjukan komitmen mereka terhadap tradisi watchmaking brand ini selalu menggunakan mechanical movement pada semua jam tangan mereka. 

Secara visual, mereka ingin mengambil inspirasi dari hal-hal yang membentuk kota Venesia selama ratusan tahun, namun tetap mengedepankan kreativitas. Logo Venezianico sendiri terinspirasi dari simbol salib di atas lonceng sebuah menara jam di sisi utara Piazza San Marco.  Setelah mengetahui sekilas tentang brand ini, mari kita lihat dua jam tangan dengan desain yang segar namun sangat berbeda antara satu sama lain. Kami akan mulai dari jam tangan yang mendapatkan penghargaan jam tangan dengan rasio harga dan kualitas terbaik dari L’Orologio pada akhir tahun 2023.

Venezianico Redentore Ultrablack 40

Packaging Venezianico Redentore Ultrablack 40

Dimensi dan Finishing Case Venezianico Redentore Ultrablack 40

Venezianico Redentore Ultrablack 40 di pergelangan 7,5 inchi

Jika kamu melihat jam tangan ini untuk pertama kalinya, kamu pasti memahami alasan kami sulit berpaling dari jam tangan ini. Sesuai namanya, jam tangan ini dirancang dengan 316L stainless steel case berdiameter 40 mm, lug to lug 46,7 mm, dan ketebalan 11 mm. Dimensi ini terasa pas untuk pergelangan sedang sampai besar. Namun begitu, karena memiliki bezel yang tipis, kami merasa bahwa jam tangan ini seharusnya dibuat lebih kecil lagi. Untungnya, Venezianico sepertinya sudah memikirkan hal tersebut karena mereka juga menyediakan jam tangan ini dalam versi dimensi yang lebih kecil, yaitu 36 mm. Karena jam tangan ini kami nilai terlalu tebal dan besar sebagai sebuah dress watch, kami memasukan jam tangan ini dalam kategori casual. Jam tangan ini mendukung ketahanan air 50 meter.

Crown Venezianico Redentore Ultrablack 40

Jam tangan ini memiliki polished finish pada sisi atas case dan matte brushed yang halus pada samping case. Kilauan polished finish yang mendominasi case lebih jauh memberikan kesan bahwa jam tangan ini memang didesain sebagai dress watch. Pada posisi jam 3 terdapat crown yang diberi diberi crown guard. Kami sangat menyukai crown pada jam tangan ini karena di-stamped dengan logo Venezianico. Menunjukan komitmen mereka dalam industri watchmaking. Screwed on caseback jam tangan ini digrafir dengan gambar satelit di luar angkasa yang mencerminkan semangat eksplorasi meskipun dalam kegelapan. Jam tangan ini dilengkapi dengan leather strap hitam polos tanpa jahitan kecuali di dekat buckle yang diberi logo. Strap ini sesuai dengan warna dial-nya. 

Buckle strap Venezianico Redentore Ultrablack 40

Onyx Dial yang Dicat dengan Musou Black Menyerap 99,4% Cahaya

Onyx dial pada Redentore Ultrablack 40

Bisa dibilang, dial jam tangan ini lah yang membawa Venezianico penghargaan Watch of the Year 2023 dari L’Orologio. Jam tangan ini diberikan nama Ultrablack bukan tanpa alasan. Mereka menggunakan cat Musou Black dari Jepang yang diklaim mampu menyerap 99,4% cahaya. Artinya? Dial jam tangan ini memiliki warna hitam yang sangat pekat sehingga hampir tidak ada refleksi. Lebih dari itu, kaca safir pada jam tangan ini dilapisi dengan anti reflective coating yang meminimalisir refleksi pada kaca sehingga jernih. 

Hands dauphine Venezianico Redentore Ultrablack 40

Untuk memamerkan warna hitam pada dial, mereka bahkan tidak memberikan satu pun marker pada jam tangan. Pada dial hanya ada logo salib khas Venezianico pada posisi pukul 12 dan jarum bergaya dauphine. Dial jam tangan ini bahkan tidak memiliki minute marker atau date window. Dial dengan desain seperti ini biasanya disebut dengan onyx dial. Menurut kami, meskipun jam tangan ini sulit dibaca, jam tangan ini tetap memberikan keunikan yang jarang dimiliki brand lain.

Automatic Movement NH35 yang Dimodifikasi

Caseback Venezianico Redentore Ultrablack 40

Dengan desain yang begitu berbeda, Venezianico Redentore Ultrablack 40 membawa movement yang terkenal dapat diandalkan namun sangat sering kami temukan di jam tangan entry level. Jam tangan ini dibekali dengan automatic movement caliber NH35A dari TMI (Seiko Group). Movement ini mendukung komplikasi date dengan kapasitas hack dan manual winding. Movement ini juga  memiliki power reserve 41 jam, akurasi +45 / -35 detik per hari dan berdetak sebanyak 21.600 bph. Meskipun movement NH35 mendukung komplikasi date, Venezianico mencabut rangkaian penggerak komplikasi date pada movement dan keyless works. Alhasil, crown hanya bisa ditarik sekali klik untuk memutar hands. Menurut kami, ini adalah hal yang sangat cerdas dari Venezianico dengan menghilangkan ghost date position pada crown.

Venezianico Nereide GMT Cielo

Packaging Venezianico Nereide GMT Cielo

Model kedua yang akan kami ulas dari brand ini adalah Venezianico Nereide GMT Cielo. Nama tersebut diambil dari kapal selam Nereide buatan kota Venesia. Jam tangan ini mengusung desain sport watch dengan fitur GMT dan memiliki warna cerah. Simak ulasannya di bawah ini!

Dimensi dan Finishing Venezianico Nereide GMT Cielo 

Venezianico Nereide GMT Cielo di pergelangan 7,5 inchi

Venezianico Nereide GMT Cielo dirancang dengan stainless steel case berdiameter 39 mm, lug to lug 45,5 mm, dan ketebalan sekitar 13,5 mm. Dimensi ini terasa dan terlihat lebih proporsional di pergelangan dibandingkan dengan model sebelumnya, terutama karena bezel-nya yang lebih tebal. Adapun unidirectional bezel dapat diputar 120 click dan memiliki gerigi yang tegas agar mudah diputar. Bezel dilengkapi dengan insert dengan angka berskala 24 jam yang terbuat dari BK7 crystal serta berwarna turquoise dan putih. Kami sangat menyayangkan hadirnya unidirectional bezel tersebut pada jam tangan dengan komplikasi GMT, akan lebih fungsional jika Venezianico memilih bidirectional bezel dengan 72 clicks untuk mendukung komplikasi GMT. Jam tangan ini memiliki ketahanan air 200 meter yang artinya memiliki kapasitas sebagai dive watch. Screwed on caseback jam tangan ini digrafir dengan gambar dunia sekaligus menampilkan 24 zona waktu di seluruh dunia berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT).

Crown Venezianico Nereide GMT Cielo

Finishing pada case Venezianico Nereide GMT Cielo serupa dengan jam tangan sebelumnya, yaitu polished pada sisi atas dan brushed pada sisi samping. Sedikit berbeda dengan model sebelumnya, jam tangan ini memiliki screw down crown yang di-stamped dengan logo Venezianico dan dilindungi crown guard. Jam tangan ini dilengkapi dengan bracelet bergaya H links yang solid. Bracelet memiliki brushed finish pada H-links dan polished pada center links. Finishing pada jam tangan ini dieksekusi dengan sangat halus. Desain H-links bracelet jam tangan ini ditambah dengan butterfly clasp yang diberi logo mengingatkan kami dengan bracelet jam tangan Patek Philippe Nautilus.

Bracelet dan clasp Venezianico Nereide GMT Cielo

Dial Venezianico Nereide GMT Cielo Berwarna Turquoise

Dial toska Venezianico Nereide GMT Cielo

Venezianico memiliki dial berwarna turquoise atau toska yang terinspirasi dari langit biru, warnanya sedikit mengingatkan pada warna Tiffany blue. Pada dial terdapat logo brand di posisi angka 12 dan dan teks fitur-fitur utama dari jam tangan ini dalam bahasa Italia. Jarum jam dan menit serta marker memiliki gaya baton sedangkan jarum detik bergaya lollipop dan jarum GMT bergaya arrow. Hands dan marker diisi dengan lume BGW9 dari Super-LumiNova untuk membantu legibilitas dalam gelap. Warna dial ini tentunya terlihat segar dan cerah. Namun begitu, kami tidak bisa berhenti memanggil warna tersebut Tiffany Blue.

Hands dan date window Venezianico Nereide GMT Cielo

Automatic Movement NH34 mendukung fitur GMT

Caseback Venezianico Nereide GMT Cielo

Venezianico Nereide GMT Cielo dibekali dengan TMI automatic movement caliber NH34 (Seiko Group) yang mendukung hack, hand winding, date, serta komplikasi caller/office GMT. Komplikasi GMT tersebut biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui time zone yang berbeda di belahan Bumi lain. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT yang bergerak jumping hour. Movement ini memiliki power reserve selama 41 jam, berdetak sebanyak 21,600 beat per jam, dan memiliki akurasi +45 / -35 detik per hari.

Kesimpulan

Venezianico Redentore Ultrablack 40 dibanderol dengan harga €500.00 di website resminya, sedangkan Venezianico Nereide GMT Cielo dibanderol dengan harga €625.00. Untuk harga tersebut, brand ini berhasil menawarkan jam tangan dengan desain yang fresh dan unik. Jika kami bisa memberikan masukan kepada Venezianico, kami mengharapkan Venezianico Nereide GMT Cielo diperbarui dengan bi-directional 72 clicks bezel. Sedangkan untuk model Redentore Ultrablack 40, awalnya kami mengharapkan case dibuat lebih kecil dan lebih tipis. Namun, mereka ternyata sudah memiliki model  36 mm melalui model Redentore Ultrablack 36. 

Secara keseluruhan, kami sangat menyukai build quality, desain original yang ditawarkan dan finishing yang dieksekusi halus. Kami rasa, Morelli bersaudara sukses mencerminkan warisan-warisan kota kelahiran mereka, Venesia, ke dalam sebuah brand jam tangan. Dengan harga yang ditawarkan, apakah kamu tertarik dengan jam tangan Venezianico? Untuk sementara waktu, kamu bisa cek koleksi casual watch dan sport watch di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more