Review Citizen Collection NB1050 Series JDM, dengan Duratect Platinium dan Finishing Tingkat Tinggi

by Han Aug 15, 2024 8 min read
Citizen NB1050-59A
Citizen NB1050-59A.

Koleksi NB1050 terdiri dari 4 jam tangan yaitu NB1050-59E (dial hitam) NB1050-59L (dial biru) NB1050-59A (dial putih) serta NB1050-59H (dial abu-abu). Keempat jam tangan ini oleh penggemar jam tangan luar negeri, sering disebut sebagai “SARB Killer” (SARB merupakan salah satu jam tangan Seiko JDM populer yang memiliki desain dan finishing mendekati level Grand Seiko dan menjadi incaran kolektor karena sudah berhenti produksi dan langka). Hal itu cukup wajar karena Citizen NB1050 Series ini memiliki keseimbangan antara desain, spesifikasi dan eksekusi finishing yang sangat mengesankan. Selain itu, koleksi ini juga dirancang sebagai jam tangan sehari-hari yang sporty namun bisa juga digunakan sebagai jam tangan dress yang ideal. Seperti apa ulasannya? Simak review di bawah ini.

NB1050-59E
Citizen NB1050-59E.

Sekilas Tentang Citizen

Citizen terkenal dengan kualitas watchmaking yang cukup baik
Citizen terkenal dengan kualitas watchmaking yang cukup baik.

Sebagai salah satu Japan watchmaker brand yang cukup terkemuka di dunia selama lebih dari 100 tahun, Citizen telah mendapatkan respek akan inovasi horologi canggih seperti penggunaan material Super Titanium dan Eco-Drive movement. Selain itu, Citizen juga dikenal karena menjadi merek jam yang konsisten memproduksi movement dan seluruh komponen jam tangannya secara in-house. Hebatnya, dengan segala kualitasnya, jam tangan Citizen masih dijual pada harga yang relatif terjangkau. Tidak heran Citizen masuk 10 besar merek jam tangan populer di mesin pencarian Google serta dari sisi revenue, Citizen masuk ke dalam daftar 15 besar merek jam tangan dunia paling tinggi revenue-nya. Dengan kapasitas ini, tentu saja Citizen juga memiliki koleksi jam tangan yang berkualitas seperti NB01050 Series. 

Citizen NB1050-59L
Citizen NB1050-59L.

Citizen NB01050 Series Dibuat dengan Duratect Platinum

Citizen Collection NB1050 Series JDM dibuat dengan Duratect Platinum dan detail finishing yang menawan
Dibuat dengan Duratect Platinum dan detail finishing yang menawan.

Keempat koleksi ini memakai 316L stainless steel yang permukaannya di eksekusi menggunakan teknologi Duratect. Duratect sendiri ialah teknologi pemrosesan permukaan logam menjadi lebih keras dan lebih tahan goresan. Teknologi Duratect ini digunakan Citizen pada material stainless steel dan titanium. Pada NB01050 Series, Duratect yang digunakan ialah Duratect Platinum.

NB1050-59H
Citizen NB1050-59H.

Duratect Platinum sendiri menawarkan kualitas anti abrasi yang sangat baik dalam menjaga kilau stainless steel untuk jangka waktu yang lama. Platinum sendiri merupakan logam mulia lunak paling berkilau dan memiliki kekerasan Vickers di kisaran 50-100 Hv. Karena hal itu, Duratect Platinum meningkatkan angka kekerasan permukaan stainless steel yang awalnya kira-kira 200 Hv menjadi 1.000-1.200 Hv. Selain memberikan kekerasan yang unggul, Duratect Platinum juga memberikan kilau permukaan yang cerah dan hampir transparan untuk menghasilkan detail finishing yang sangat indah.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Sports watch modern yang cocok dipakai sebagai jam tangan formal.

Dimensi, Desain & Bracelet Citizen NB1050 Series

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Dimensi yang sempurna membuatnya cocok dipakai pergelangan tangan kecil hingga sedang.

Pada aspek dimensi, Citizen NB1050 Series hadir dengan dimensi yang menjadi sweet spot banyak orang, terutama mereka yang memiliki pergelangan tangan berukuran kecil hingga sedang. Dengan ukuran diameter case 38 mm, ketebalan hanya 10,5 mm, dan lug-to-lug 47 mm, membuat ukuran sweet spot ini memungkinkan jam tangan akan cukup nyaman ketika dipakai di pergelangan tangan. 

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Bracelet diberi brushed finish yang sangat detail dan rapi.

Meskipun bukan termasuk jam tangan paling formal di dunia, ukuran 38 mm dikombinasikan lekukan case yang tegas, memberikan identitas aura jam tangan formal modern yang fantastis jika dipakai dengan jas, namun tetap memiliki sisi sporty yang kuat dikarenakan penggunaan 3-link oyster style stainless bracelet.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Clasp dengan logo Citizen.

Sisi sporty juga diperkuat ketahanan air yang mencapai 100 meter sehingga aman jika terkena hujan hingga dipakai berenang. Kemahiran watchmaking Citizen juga tertuang pada detail bracelet, ini dibuktikan dengan diterapkannya hairline brushed finish yang dieksekusi dengan tingkat kedetailan dan kerapihan yang sangat baik. Apalagi bracelet ini juga menggunakan solid end-link dan folding clasp dengan push button.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Bagian dalam pelat clasp.

Finishing & Dial

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Sisi samping case dibuat dengan brushed finish, sementara bevel sisi bawah dengan polished finish.

Dari segi case finishing, keempat jam tangan ini juga dibuat dengan tingkat kedetailan yang sangat tinggi seperti bagian atas lug dan sisi case yang diberi brushed finish dengan sangat detail namun rapi. Sementara itu, mirror polished finish yang berkilau, diaplikasikan pada bezel serta  bevel sisi atas dan bevel sisi bawah di sisi case. Disini kita bisa melihat keahlian Citizen dalam mengaplikasikan finishing bisa dibilang ada di level yang cukup tinggi, bahkan jika tidak berlebihan, bisa disebut juga mendekati kualitas finishing merek-merek mewah berharga puluhan hingga ratusan juta.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Dial putih dengan matte finish.

Kecuali model dengan dial putih yang diberi matte finish, 3 warna dial lainnya diberi sunburst finish yang dapat menciptakan pantulan gradasi sinar layaknya pancaran cahaya matahari terbit pada permukaan dial-nya. Penggunaan kaca safir anti gores dengan lapisan anti reflektif, membuat kaca jam terlihat jernih dan dial bisa mudah dibaca.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Kaca safir dengan lapisan anti reflektif menjamin kejernihan.

Dial pada koleksi ini didesain dengan sederhana dan minimalis, terbukti dengan hanya terdapat 2 ornamen yaitu logo “CITIZEN” dan tulisan “AUTOMATIC” pada dial-nya. Logo “CITIZEN” sendiri dibuat stamped atau timbul dengan brushed finish sehingga tampak terlihat mengambang di atas permukaan dial, detail ini cukup terlihat menarik dan membuat jam tangan ini memiliki kesan premium. Keindahan minimalis ini semakin diperkuat dengan penggunaan marker berbentuk batang 3 dimensi dengan brushed finish yang sangat detail di permukaan atas dan polished finish di sisi miring dan samping.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Finishing pada marker dibuat dengan sangat detail.

Sementara jarum dan menit dibuat dengan gaya pensil dan jarum detik dibuat dengan gaya tongkat dengan proporsi yang seimbang, terbukti panjang jarum menit menjangkau hingga trek menit yang mengelilingi dial.  Jarum menit dan jam terdapat lapisan lume yang bisa menyala kebiruan di tempat gelap. Bagian belakang marker juga diberi lume yang tidak terlalu mencolok namun tetap terlihat proporsional.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Lume berpendar biru dalam kegelapan.

Bagian rehaut chapter ring pada bagian dalam case dibuat sedikit tinggi dan berkilau sehingga menambah kesan elegan dan deep pada keempat koleksi jam tangan ini. Jendela tanggal dengan bingkai luar berkilau dan bingkai dalam sand finish juga diletakan secara proporsional pada posisi pukul 3, menghasilkan tampilan dial yang secara keseluruhan sangat seimbang dan elegan.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Dial minimalis yang elegan.

Backcase dan Movement

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Terlihat Citizen automatic hi-beat movement caliber 9011.

Keempat koleksi ini memiliki screw down backcase dengan kaca transparan sehingga terlihat skeleton rotor dan Côtes de Genève finish pada back plate in-house movement caliber 9011. Caliber 9011 memiliki 24 jewels dan jarum detiknya berdetak sebanyak 28.800 ketukan per jam (4Hz) serta memiliki cadangan daya 42 jam sehingga bisa dibilang movement ini merupakan jenis hi-beat. Deviasi akurasinya tergolong cukup baik yaitu ada di -10 hingga +30 detik per hari. Tidak mengherankan, karena seluruh movement yang jadi bagian dari caliber 9000 Series, merupakan movement yang tergolong premium dalam daftar movement Citizen dan Miyota. 

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Crown tidak dirancang dengan mekanisme screw down, namun ketahanan air 100 meter dan screw down backcase membuatnya cocok untuk berbagai aktivitas.

Sedikit Pendapat Akhir Kami

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Sempurna di pergelangan tangan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah melihat banyak rilisan menarik dari Citizen dengan desain dan finishing kelas atas namun dengan harga yang masih bisa dijangkau banyak orang. Citizen Collection NB1050 Series adalah salah satu koleksi terbaru yang menawarkan nilai luar biasa sebagai jam tangan GADA (Go Anywhere, Do Anything) karena dibekali spesifikasi mumpuni, finishing yang memukau, teknologi pengerasan permukaan case yang canggih, dimensi yang cukup sempurna, serta in-house movement premium.

Citizen Collection NB1050 Series JDM
Lug width 19 mm membuat jam tangan ini tidak termasuk “Strap Monster’.

Satu-satunya kekurangan koleksi ini ialah jam tangan ini bukan tergolong “Strap Monster” karena memiliki lug width 19 mm sehingga cukup sedikit pilihan strap aftermarket yang bisa masuk ke dalam celah lug jam tangan ini. Selain itu, tidak adanya lug hole atau quick release spring bar juga tentu saja menjadi kendala bagi para watch enthusiast yang hobi bergonta-ganti strap. Namun, solid bracelet dengan kedetailan finishing tingkat tinggi bisa menutupi kekurangan jam tangan ini. Apalagi, dengan segala kelebihannya, seluruh koleksi yang sudah tersedia di Jamtangan.com ini hanya dibanderol Rp8 jutaan saja, sebuah harga yang cukup bisa dijangkau untuk sebuah jam tangan dengan kualitas seperti jam puluhan juta. Kamu juga bisa cek koleksi Citizen lainnya hanya di Jamtangan.com.

2 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

    Aku ada citizen eagle tahun 84. Sampe sekarang masi sakti….

Read more