Winding up,
Almost Ready ...

Review Casio Edifice Sospensione Solar 2,5 Jutaan, Pakai Carbon Fiber Reinforced Resin!

by Fazriano Oct 09, 2024 5 min read
Review Casio Edifice Sospensione Solar 2,5 Jutaan, Pakai Carbon Fiber Reinforced Resin!

Material yang Ringan Terinspirasi dari Mobil Balap Formula

Lug berongga terinspirasi dari suspensi mobil balap Formula

Casio Edifice terkenal dengan desain sport racing yang kental. Case Casio Edifice Sospensione EQS-960PB-1AVUDF terbuat dari material carbon fiber reinforced resin. Sesuai namanya, material ini tidak sepenuhnya terbuat dari serat karbon, melainkan campuran resin yang diperkuat carbon fiber. Dengan kombinasi tersebut, material resin menjadi lebih kuat dan lebih ringan. Berbeda dengan case, dial jam tangan ini terbuat dari carbon fiber murni. Meskipun material stainless steel tetap digunakan pada bezel dan caseback, kombinasi case, dial, dan strap membuat jam tangan ini memiliki bobot yang hanya 56 gram saja.

Dial Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF terbuat dari carbon fiber

Penggunaan material tersebut terinspirasi oleh bahan utama yang digunakan untuk membuat mobil balap formula, yaitu carbon fiber. Inspirasi tersebut tidak hanya tertuang pada pilihan material, tetapi juga bentuk lug yang berongga. Bentuk lug dibuat berongga menyerupai suspensi berkonfigurasi four arms pada mobil balap Formula.

Dimensi Case

Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF di pergelangan 7,5 inchi

Casio Edifice Sospensione EQS-960PB-1AVUDF dirancang dengan dimensi diameter 44,5 mm, lug to lug 50,1 mm, dan tebal 13.3 mm. Meskipun terdengar besar, lekukan pada jam tangan digabung dengan bobotnya yang ringan memberikan pengalaman pemakaian yang nyaman untuk pergelangan 6,5 inchi ke atas. Strap yang dipasangkan juga memiliki bentuk yang memeluk pergelangan dengan nyaman.

Integrated strap pada Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF

Integrated resin strap yang dipasangkan membuat jam tangan ini lebih ringan daripada pilihan warna lainnya dari model ini yang dipasangkan dengan bracelet. Kamu tidak perlu break in period yang lama karena strap sudah didesain dengan lengkungan. Kami sangat suka dengan signed keeper strap ini yang memiliki kait agar tidak mudah berpindah posisi seiring bergeraknya pergelangan. Buckle pada strap ini diberikan coating abu-abu gelap agar terlihat serasi dengan warna jam tangan secara keseluruhan.

Lug berongga pada Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF

Pada sisi kanan case terdapat crown yang dilindungi crown guard dan dua buah pusher untuk mengaktifkan chronograph. Case jam tangan ini dibuat simetris dengan memberikan aksen desain yang berbentuk seperti crown guard dan pusher pada sisi kiri case. Fixed Bezel diberikan circular brushed finish, dilapisi ion coating, dan memiliki marker dengan skala 60 menit. Caseback jam tangan ini dipasang dengan konstruksi screwed on. Jam tangan ini memiliki ketahanan air 100 meter sehingga cocok dengan karakteristik sport watch yang aman dipakai harian bahkan berenang.

Dial Carbon Fiber

Logo Casio Edifice pada EQS-960PB-1AVUDF

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, dial Casio Edifice Sospensione EQS-960PB-1AVUDF terbuat dari serat karbon. Tekstur anyaman pada dial memberikan pantulan cahaya yang dinamis. Dial jam tangan ini dikelilingi chapter ring yang menampilkan skala 60 menit. Pada posisi angka 3 terdapat logo Casio Edifice dan keterangan “WR 100M”. Marker jam tangan ini memiliki desain baton, sedangkan hands mengkombinasikan desain baton dan sword. Jarum detik pada jam tangan ini dibuat mencolok dengan warna hijau neon. Marker jam 4 diganti dengan date window. Marker dan hands diisi dengan lume untuk membantu legibilitas dalam gelap.

Sub dial detik chronograph berfungsi sebagai solar cell dan penunjuk power reserve

Dibekali dengan komplikasi chronograph, dial jam tangan ini memiliki tiga sub dial. Sub dial pada posisi jam 12 menunjukan jam dalam skala 24 jam yang mengikuti penunjuk jam utama, sub dial pada posisi jam 6 menunjukan detik untuk chronograph, sedangkan sub dial pada posisi jam 9 menunjukan menit chronograph. Sub dial detik chronograph juga terdapat indikator power reserve dengan indikator “HIGH”, “MID” dan “LOW” serta terdapat teks “SOLAR POWERED” berwarna hijau neon. Ketiga sub dial tersebut juga berfungsi sebagai panel surya untuk menyerap cahaya yang kemudian dikonversi menjadi sumber daya jam tangan. Dial jam tangan ini dilindungi oleh mineral crystal.

Solar Chronograph Movement Module 5585

Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF dibekali dengan solar movement module 5585

Jam tangan ini dibekali dengan in-house solar quartz movement Casio module 5585. Movement ini mendukung komplikasi tanggal dan chronograph. Dalam kondisi daya penuh, jika dibiarkan di tempat gelap, jam tangan ini diperkirakan memiliki battery life selama 5 bulan. Seperti movement quartz pada umumnya, jam tangan ini memiliki akurasi -+20 detik per bulan. Movement ini juga memiliki indikator baterai lemah dan penunjuk status baterai. Dengan menahan pusher di posisi pukul 4, jarum detik chronograph akan menunjuk ke status baterai high, mid, atau low. Jika jam tangan kekurangan daya, jarum detik akan bergerak dua detik sekali alih alih satu detik sekali pada kondisi daya cukup.

Caseback Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF

Komplikasi chronograph pada jam tangan ini dapat diaktifkan melalui pusher yang terletak pada posisi pukul 2. Chronograph pada movement ini tidak hanya bisa menghitung elapsed time, tetapi juga two finishes, dan split time. Sayangnya, chronograph movement jam tangan ini hanya mampu mengukur durasi hingga 30 menit saja.

Kesimpulan

Casio Edifice EQS-960PB-1AVUDF

Jika kamu mencari jam tangan yang ringan, hassle free, dan berdesain sporty, jangan sampai Casio Edifice Sospensione EQS-960PB-1AVUDF lewat dari radarmu. Jam tangan ini menggunakan material case yang jarang kami temui di harga yang ditawarkan. Meskipun carbon fiber yang digunakan pada case bukan murni 100 persen, material ini tetap memberikan ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan resin biasa dan bobot yang ringan.

Dibanderol dengan harga Rp2,5 jutaan, kamu sudah bisa memiliki jam tangan dengan carbon fiber reinforced resin dan solar movement. Koleksi ini datang dengan dua varian lain yang hadir dengan bracelet. Cek koleksi Casio Edifice lainnya di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more