Review 5 Koleksi Jam Tangan Citizen yang Wajib Dikoleksi di 2024

by Han Aug 27, 2024 6 min read

Masing-masing jam tangan dirancang dengan fitur fungsional, kokoh, dan tentu saja memiliki performa yang bisa diandalkan. Baca terus artikel di bawah ini untuk tahu lebih lengkap koleksi Citizen yang wajib dimiliki.

1. Citizen Promaster Marine Mechanical Diver NY012 Series

Citizen Promaster Marine Mechanical Diver NY012
Citizen Promaster Marine Mechanical Diver NY012

Citizen Promaster Marine Mechanical Diver NY012 adalah diver’s watch yang sebagian elemen desainnya terinspirasi dari diver’s watch Citizen tahun 1970-1980-an. Seri ini terdiri dari beberapa model dengan warna dial yang berbeda-beda. Koleksi ini memakai stainless steel case berdiameter 41 mm, tebalnya 13,7 mm, dan lug-to-lug 50 mm. 

Seri NY012 memakai unidirectional rotating bezel dengan 60-click dengan aluminium insert bezel. Seluruh jam tangan menggunakan screw-down crown dan memiliki ketahanan air hingga 200 meter sesuai standar ISO 6425. Selain itu juga terdapat versi rubber strap dan terdapat versi stainless steel bracelet.

Seri ini memakai hands dan indeks marker yang diisi lume. Pada pukul 3 terdapat day-date window. Seluruh koleksi dibekali in-house automatic movement caliber 8204. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph, memiliki power reserve 42 jam dan akurasinya +40 hingga -20 detik per hari.

2. Citizen Tsuyosa

Citizen Tsuyosa
Citizen Tsuyosa

Citizen Tsuyosa juga menjadi koleksi Citizen yang cukup populer sejak pertama kali debut tahun 2022. Tsuyosa sendiri adalah istilah dalam bahasa Jepang yang berarti “strength” atau kekuatan, filosofi inilah yang menggambarkan kokeksi ini sebagai sport watch harian yang kuat. Dengan berjalannya waktu, seri ini terus berkembang dengan diluncurkannya berbagai macam variasi warna dial dan beberapa model small second. Salah satu koleksi Tsuyosa yang cukup dikenal luas adalah seri Tsuyosa reguler 3-hands yang dilengkapi integrated bracelet dan date window dengan cyclop (terdapat juga versi pasar Eropa tanpa dilengkapi cyclop).

Koleksi ini menggunakan stainless steel case berdiameter 40 mm, tebalnya 11,7 mm, dan lug-to-lug 49 mm. Koleksi ini terdiri dari banyak jam tangan dengan warna dial dan tekstur berbeda.

Koleksi Citizen Small Second
Koleksi Citizen Tsuyosa Small Second

Seluruh koleksi Tsuyosa 3-hands memakai in-house automatic movement caliber 8210 yang dapat dilihat pada caseback transparan. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph dan memiliki power reserve 40 jam. Sedangkan versi small second yang tanpa fitur date, terdapat 3 model, dengan dua model menggunakan bracelet dan satu model dengan leather strap. Ketiganya menggunakan case berukuran sekitar 40 mm, tebal 13 mm, small second di posisi pukul 6 serta dibekali automatic movement caliber 8322 yang memiliki power reserve 60 jam.

3. Citizen Forza (Zenshin) Chrono

Citizen Forza (Zenshin) Chrono
Citizen Forza (Zenshin) Chronograph

Koleksi Citizen lainnya yang juga wajib dikoleksi adalah Citizen Forza (Zenshin) Chrono yang terdiri dari tiga model. Koleksi yang dikenal sebagai “Tissot PRX Killer” ini menggunakan Super Titanium case berdiameter 42,5 mm. Super Titanium ialah Titanium yang oleh Citizen permukaannya dikeraskan memakai teknologi Duratect, sehingga 5x lebih keras dari steel serta 40% lebih ringan dari stainless steel. Untuk water resistant, seri ini tahan air hingga 100 meter.

Koleksi ini dihadirkan dalam warna dial berbeda, yaitu CA4610-85A dengan dial warna panda, CA4610-85M dengan dial warna Tiffany blue , CA4610-85L dengan dial warna biru navy, dan CA4610-85Z dengan dial warna salmon. Jam tangan memiliki tiga subdial hitam. Subdial pada pukul 3 adalah chronograph 24 jam, subdial pada pukul 6 adalah detik utama, dan subdial pada pukul 9 adalah chronograph 60 menit. Date window ditampilkan pada pukul 4.30. 

Seluruh jam tangan dibekali Eco-Drive chronograph movement caliber B620-00M dengan power reserve 270 hari apabila disimpan di tempat tanpa cahaya. Selain itu, terdapat skala tachymeter pada inner chapter ring.

4. Citizen Series8 880 GMT

Citizen Series8 880 GMT
Citizen Series8 880 GMT

Koleksi Citizen lainnya yang wajib masuk daftar koleksi adalah Citizen Series8 880 GMT. Koleksi flagship Citizen ini memakai stainless steel case berdiameter 41 mm, tebalnya 13,4 mm, dan lug-to-lug 47 mm. Koleksi ini juga dilengkapi integrated stainless steel bracelet. Series8 880 GMT terdiri dari tiga model, di mana dua model merupakan versi stainless steel reguler dan versi ketiga adalah edisi terbatas NB6032-53P yang diproduksi hanya 1.300 pieces menggunakan gold tone color.

Dua model dengan stainless steel case tersebut adalah NB6030-59L dengan model “Pepsi” dengan dial warna biru, sedangkan model kedua adalah NB6031-56E dengan model “Batman” dengan dial warna hitam. Pola dial dari kedua jam tangan tersebut terinspirasi oleh langit Tokyo di malam hari. Seluruh jam tangan menggunakan automatic movement premium milik Citizen yaitu caliber 9054, berdetak 28.800 bph (hi-beat), memiliki power reserve hingga 50 jam, dan akurasinya +20/-10 detik per hari.  Movement ini mendukung fungsi jam, menit, detik, tanggal yang ditampilkan pada posisi jam 3, sedangkan second time zone ditujukan melalui jarum dengan ujung panah yang menunjuk skala 24 jam di bezel.

Movement ini menawarkan mekanisme flyer/travel GMT yang memungkinkan pengguna dapat mengatur jarum jam utama dengan cepat agar dapat memperbarui ke zona waktu baru. Hal ini membuat flyer/travel GMT lebih nyaman dan praktis dipakai saat dipakai traveling.

5. Citizen Promaster Marine Fujitsubo

Citizen Promaster Marine Fujitsubo
Citizen Promaster Marine Fujitsubo

Koleksi Citizen terakhir yang juga bisa dikoleksi adalah Promaster Marine Fujitsubo yang desainnya terinspirasi dari model tahun 1970-an yaitu Citizen Challenge Diver 1977. “Fujitsubo” diambil dari bahasa Jepang yang berarti teritip. Hal ini karena pada tahun 80an ada seorang penyelam yang menemukan Citizen Challenge Diver tenggelam di laut selama bertahun-tahun dan masih tetap berfungsi walaupun tertutup teritip, terinspirasi kisah itu, lahirlah koleksi ini.

Jam tangan ini memakai Super Titanium case berdiameter 41 mm dan tebalnya 12,3 mm. Material Super titanium memiliki karakter kekerasan 5x lipat lebih keras dan bobotnya 40% lebih ringan daripada stainless steel, memiliki sifat anti gores, tahan karat, berkilau lebih lama, dan hipoalergenik.

Promaster Marine Fujitsubo merupakan divers watch standar ISO dengan ketahanan air hingga 200 meter. Koleksi ini dibekali automatic movement caliber 9051 dan memiliki ketahanan magnet hingga 16.000 A/m (200 gauss). Movement Citizen ini berdetak sebanyak 28.800 bph sehingga bisa disebut hi-beat, memiliki power reserve 42 jam, dan akurasi +20/-10 detik per hari. Movement ini juga mendukung fitur hack second hand dan hand winding.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih koleksi Citizen yang mana? Dapatkan model yang kamu suka dengan mengunjungi website/aplikasi JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more