Piaget Polo 79 Kini Hadir dengan Movement Ultra-Tipis

Piaget Polo 79

Di tahun 2024 ini, Piaget yang berdiri tahun 1874 di Swiss ini merayakan anniversary ke-150 dengan merilis jam tangan reissue Piaget Polo original (1979) yaitu Piaget Polo 79. Piaget Polo memang sempat dihentikan produksinya pada tahun 1980-an. Dan ketika diluncurkan kembali di tahun 2016, koleksi ini dirancang dengan desain lebih modern dibandingkan versi original (1979) dengan mengadopsi desain sportwatch yang mewah.

Piaget Polo 79
Piaget Polo 79

Piaget Polo 79 merupakan versi desain ulang secara kontemporer dari versi original (1979) dengan menggunakan automatic movement ultra tipis. Jam tangan terbaru ini dirancang sebagai sports watch elegan yang bisa dipakai sebagai dress watch karena waterproof dan shockproof namun tipis dan mewah. Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih detail tentang Piaget Polo 79.

Sejarah Singkat Tentang Piaget Polo di Tahun 1970-an

Koleksi jam tangan Piaget Polo yang debut tahun 1979
Koleksi jam tangan Piaget Polo yang debut tahun 1979

Pada tahun 1970-an setelah Audemars Piguet menggebrak dengan Royal Oak-nya, banyak watchmaker merilis sportwatch yang praktis, dengan desain yang mengintegrasikan case dengan bracelet, serta menggunakan movement yang tipis. Piaget juga tidak mau ketinggalan. Setelah melakukan riset dan inovasi, pada tahun 1979 Piaget merilis koleksi Polo. Piaget Polo bukan sekadar sports watch dengan bracelet terintegrasi, baik dalam bentuk persegi ataupun bulat. Yang membuat koleksi Polo standout adalah karena serangkaian pola cekung horizontal sukses menciptakan efek seperti rusuk yang khas, mulai dari bracelet, case, hingga dial

Jam tangan Piaget Polo yang diluncurkan di tahun 1970-an
Jam tangan Piaget Polo yang diluncurkan di tahun 1970-an

Dan jika sports watch di tahun 1970-an banyak dibuat dari stainless steel, Polo seluruhnya terbuat dari gold untuk mencerminkan semangat craftsmanship jewelry-watchmaker. Dan seiring popularitas quartz movement, Piaget Polo pada tahun 1970-an juga lahir dengan quartz movement. Brand ini juga memiliki beberapa tonggak bersejarah di bidangnya. Misalnya menjadi salah satu pionir teknologi baru dengan menciptakan prototipe jam tangan quartz pertama tahun 1966 dengan movement Beta 21. 

Piaget Polo 2021
Piaget Polo 2021

Selanjutnya ada jam tangan dengan model cushion shape yang dibekali movement Beta 22 dan dipakai oleh Andy Warhol (seniman visual asal Amerika Serikat) tahun 1970-an. Namun, movement Beta dianggap relatif tebal dan Polo akhirnya dibekali movement lain yaitu caliber 7P dan mengalami kesuksesan komersial yang besar. Sayangnya, jajaran Polo produksinya discontinue di akhir tahun 1980-an dan kembali muncul pada tahun 2001 dalam versi modern.

Case dan Bracelet Piaget Polo 79

Case Piaget Polo 79
Case Piaget Polo 79

Piaget Polo 79 dirancang sebagai penghormatan pada versi original yang memakai round case (1979). Desainnya tampak sporty, elegan sekaligus flamboyan dengan sentuhan modern untuk memenuhi selera watch enthusiast masa kini. Case-nya terbuat dari 18k 3 N yellow gold dengan polished finish pada cekungan horizontal, bevel, dan sisi case. Sedangkan brushed finish dilakukan pada permukaan datar bagian atas case dan bracelet. Case-nya berdiameter 38 mm dan ketebalannya hanya 7,4 mm.

Konstruksi case Piaget Polo 79
Konstruksi case Piaget Polo 79

Dimensi jam tangan yang kecil dan tipis memang sedang trend akhir-akhir ini. Piaget Polo 79 juga menggunakan kristal safir pada bagian depan dan backcase. Jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 50 meter sehingga masih aman dipakai walaupun terkena cipratan air. Konstruksi case-nya sendiri cukup rumit dengan cekungan horizontal pada sekujur case dan bracelet-nya. 

Bracelet Piaget Polo 79
Bracelet Piaget Polo 79

Bracelet yang menyatu dengan case, cekungan horizontal dengan polished finish, serta permukaan datar dengan satin brush menciptakan pantulan yang eye-catching. Konstruksi link bracelet dengan sekrup untuk bongkar/pasang bracelet menegaskan konstruksinya yang kokoh. Bracelet-nya juga dilengkapi triple folding clasp tanpa micro-adjustment. 

Dial Piaget Polo 79

Dial Piaget Polo 79
Dial Piaget Polo 79

Cekungan Horizontal gadroon pada dial yang menyambung presisi dengan cekungan horizontal pada case berhasil menciptakan visual menakjubkan. Dial emas pada Piaget 79 diberi dot minute marker yang terlihat seperti batu mutiara berbagai ukuran. Jarum dengan style dauphine yang elegan juga dibuat dari 18k gold sehingga terkesan mewah. 

Movement Piaget Polo 79 yang Ultra Tipis

Movement yang digunakan pada Piaget Polo 79 dapat dilihat dari caseback
Movement yang digunakan pada Piaget Polo 79 dapat dilihat dari caseback

Caseback Polo 79 memperlihatkan in-house automatic movement caliber 1200P1 yang sangat tipis dengan micro-rotor-nya tidak ditempatkan pada bagian tengah. Movement-nya memiliki ketebalan hanya 2,3 mm dan berdiameter 29,9 mm. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph dan memiliki power reserve 44 jam. Movement caliber 1200P1 diberi gabungan finishing dan dekorasi yang sangat detail seperti pola circular, motif Côtes de Genève melengkung, sunburst finish pada roda serta sekrup biru dan jewels ungu.

Piaget Polo 79 saat dipakai di pergelangan tangan
Piaget Polo 79 saat dipakai di pergelangan tangan

Piaget tampak serius merancang Polo 79 agar bisa memiliki tampilan mewah, elegan, dan terkesan gagah saat dipakai di pergelangan tangan. Piaget Polo 79 akan menjadi koleksi permanen yang dibanderol dengan harga EUR 80.000 atau sekitar Rp1,4 miliar. Kalau harganya terlalu mahal, kamu bisa mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com untuk mendapatkan jam tangan impian dengan harga lebih affordable!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko 5 Sports Rally Divers

Coming Soon! Seiko 5 Sports Rally Divers

Next Article
Seiko Pogue

Detail Seiko Pogue 6139-6005 yang Dibawa ke Luar Angkasa pada Tahun 1973

Related Posts
Total
0
Share