Winding up,
Almost Ready ...

Perdana dengan GMT, Review Seiko Presage Craftsmanship Urushi Lacquer Dial

by Fazriano Oct 22, 2024 6 min read
Perdana dengan GMT, Review Seiko Presage Craftsmanship Urushi Lacquer Dial

Sekilas Tentang Urushi Lacquer

Artisan kerajinan lacquer, Isshu Tamura

Urushi Lacquer adalah teknik pernis (lacquer) tradisional dari Jepang. Nama tersebut diambil dari bahan utama teknik ini, yaitu lapisan pernis alami yang diambil dari getah pohon Urushi. Teknik Urushi Lacquer sering digunakan untuk melapisi mangkuk,piring, dan peralatan porselen lainnya karena memiliki karakteristik bahan alami yang tahan lama. Artisan kerajinan lacquer yang dipilih Seiko bernama Isshu Tamura. Beliau lahir pada tahun 1957 dan sudah terkenal dengan pembuatan lacquer pada pena bahkan jam tangan luxury di seluruh dunia.

Urushi Lacquer dial dibuat dengan cara mengaplikasikan pernis alami dari getah pohon Urushi pada pelat logam dial secara berlapis-lapis untuk menciptakan permukaan yang halus dan tahan lama. Setiap Urushi Lacquer dial dibuat secara handmade, sehingga setiap produksinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeringkan setiap lapisannya.

Dimensi, Finishing dan Strap Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 on wrist
Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 di pergelangan 7,5 inci

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 memakai stainless steel case dengan diameter 40,2 mm, ketebalan 12,4 mm, dan lug to lug 48 mm. Ukuran tersebut kami nilai cukup pas untuk pergelangan sekitar 7 inci atau lebih karena lekukan pada lug sehingga memeluk pergelangan dengan baik. Dimensi ini cukup familiar karena ini kurang lebih adalah dimensi yang sering digunakan oleh Seiko pada seri Presage. Kami sangat suka dengan crown jam tangan ini karena di-stamped dengan logo Seiko dan berukuran besar sehingga mudah diputar. Jam tangan ini dilengkapi dengan screw down caseback transparan.

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 crown
Signed crown dan polished finish pada sisi samping Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Finishing pada case Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 didominasi oleh polished finish pada sisi samping dan bawah case serta bezel. Sedangkan brushed finish dapat kamu temukan hanya pada sisi atas lug. Menurut kami finishing yang diberikan sesuai dengan desain keseluruhan jam tangan ini yang mengusung tema dress watch. Meskipun begitu, ketahanan air 100 meter pada jam tangan ini membuatnya mampu untuk dipakai sehari-hari, bahkan untuk hujan-hujanan sekalipun. Namun begitu, kami tidak menyarankan anda untuk memakai jam tangan ini dalam kondisi basah karena jam tangan ini dipasangkan dengan leather strap.

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 clasp
Three-fold clasp pada calfskin leather strap Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Adapun leather strap pada jam tangan ini terbuat dari kulit sapi muda (calfskin) sehingga nyaman di pergelangan berkat teksturnya yang lembut namun kuat. Produksi bahan kulit pada jam tangan ini tersertifikasi Leather Working Group, yaitu lembaga non-profit yang berdedikasi untuk memastikan produksi kulit dibuat secara sustainable. Strap jam tangan ini dilengkapi dengan three-fold clasp dengan double push button. Strap jam tangan ini dijahit dengan benang berwarna keemasan sehingga terlihat senada dengan dial

Urushi Lacquer Dial Handmade

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 dial
Dial Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Dial adalah fokus utama dari lini Seiko Presage Craftsmanship. Seiko SPB447J1 memiliki dial yang dibuat dengan teknik tradisional Jepang, yaitu Urushi Lacquer. Pada jam tangan ini, menghasilkan warna hitam pekat yang menurut kami, terlihat sedikit glossy sehingga menyerupai genangan tinta. Perlu diketahui bahwa proses pembuatan dial dilakukan secara handmade, sehingga satu jam tangan dengan jam tangan yang lain mungkin akan terlihat sedikit berbeda. Pada posisi di bawah angka 12 terdapat logo Seiko yang di-print dan pada posisi di atas angka 6 terdapat teks “PRESAGE” serta “AUTOMATIC 3 DAYS GMT”.

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 logo
Cekungan di central pinion karena proses pembuatan Urushi Lacquer dial

Jarum jam dan menit waktu utama diberi warna putih sedangkan jarum GMT diberi warna emas. Ketiga jarum tersebut memiliki desain daun (leaf). Warna emas juga dapat ditemukan pada jarum detik yang memiliki counter balance berbentuk sabit. Marker jam pada Seiko SPB447J1 memiliki gaya baton. Marker jam 3 diganti dengan date window yang dibingkai putih dan di dalamnya terdapat date wheel dengan warna teks putih berlatar hitam sehingga tidak mengganggu komposisi dial yang didominasi warna hitam. Pada parameter luar dial terdapat minute marker berwarna putih serta marker GMT berskala 24 jam berwarna emas. 

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 date window
Date window pada Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Menurut kami, kombinasi antara aksen putih dan emas terlihat kontras dengan black Urushi Lacquer dial sehingga mudah untuk membaca waktu. Aksen emas juga memberikan kesan mewah. Karena jam tangan ini merupakan dress watch maka tak mengherankan jam tangan ini tidak diberi lume pada hands atau marker-nya. Karena umumnya dress watch tidak membutuhkan lume.

Movement dengan Power Reserve 3 Hari dan Fitur Office GMT

Movement 6R54 dilihat dari caseback Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 dibekali dengan in house automatic movement caliber 6R54. Seiko mengumumkan movement ini pada bulan Maret 2023 dan dikembangkan berdasarkan framework caliber 6R35. Movement ini mendukung komplikasi hacking, manual winding, date, dan GMT. Hebatnya, movement ini memiliki power reserve 72 jam atau 3 hari. Selain itu movement ini memiliki akurasi -15 hingga +25 detik per hari, berdetak sebanyak 21.600 bph, dan memiliki ketahanan magnet 4.800 A/m (60 gauss).

Caliber 6R54 mendukung komplikasi caller/office GMT. Komplikasi GMT ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui beberapa time zone yang berbeda dari posisi saat itu. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT secara jumping hour. Movement dengan rotor berwarna emas ini dapat dilihat melalui caseback transparan. 

Final Thought

Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1

Jika dilihat sekilas dari jauh, Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 mungkin terlihat seperti dress watch dengan dial hitam pada umumnya. Namun jika dilihat lebih dekat, kami yakin kamu akan tenggelam dalam kilauan deep black Urushi Lacquer dial-nya. Selain memiliki dial yang dibuat dengan teknik tradisional jepang oleh artisan Isshu Tamura, jam tangan ini juga menawarkan ketahanan air 100 meter, movement dengan komplikasi GMT dan power reserve selama 3 hari sehingga cocok dipakai untuk kegiatan harian, untuk dipakai ke kantor, bahkan untuk menghadiri acara formal.

Dibanderol dengan harga Rp22,1 jutaan, Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1 tentunya masuk jajaran flagship-nya Seiko Presage. Namun begitu, sesuai dengan namanya, jam tangan ini menawarkan craftsmanship yang tinggi serta movement yang berguna dalam kegiatan sehari-hari maupun kantoran. Apakah kamu siap memberikan self reward berupa Seiko Presage Craftsmanship SPB447J1? Cek koleksi Presage lainnya dari Seiko di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more