Baru Rilis: Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition Sudah Hadir di Jamtangan.com dengan Black PVD Case

by Han Aug 14, 2024 4 min read
Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition
Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Mido Ocean Star Skin Driver Memulai Debutnya pada 1961

Desain Mido Ocean Star Skin Driver pada 1961
Desain Mido Ocean Star Skin Driver pada 1961

Ocean Star Skin Driver merupakan diver’s watch dari Mido yang memulai debutnya pada 1961 lalu. Pada tahun 1960-an, scuba diving masif dikomersialkan, tetapi penyakit dekompresi atau ‘the bends’ menjadi masalah serius yang berpotensi kematian. Untuk mencegahnya, penyelam harus memperlambat laju naik ke permukaan air secara bertahap agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tekanan.

Karena itulah, Ocean Star Skin Driver memiliki dial yang dirancang dengan tabel dekompresi warna-warni. Dial ini dapat membantu penyelam untuk menghitung kecepatan naik ke permukaan secara aman. Pada posisi pukul 12, terdapat angka 24-40 meter dan 80-130 kaki yang menunjukkan kedalaman penyelaman. Sedangkan angka-angka lainnya menunjukkan waktu yang diperlukan untuk dekompresi naik ke permukaan.

Sebelumnya, Mido sempat mengkreasikan ulang Ocean Star Decompression Timer 1961 dalam beberapa edisi yaitu pada tahun 2020, 2021, dan 2023. Lalu tahun ini, Mido kembali merilis diver’s watch legendarisnya itu dengan sentuhan baru, yaitu case berwarna hitam dengan PVD coating yang tampak semakin sporty.

Telisik Desain Case-nya

Skala dekompresi pada dial Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition
Skala dekompresi pada dial Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Kali ini, Mido mendesain Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition menggunakan stainless steel case dengan PVD coating berwarna hitam yang dilengkapi dengan unidirectional rotating bezel. Case ini berdimensi 40,5 mm, ketebalan 13,4 mm, dan lug-to-lug 47 mm. Sebagai diver’s watch, jam tangan ini sudah tahan air hingga 200 meter yang aman digunakan untuk scuba diving

Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition
Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Sementara bagian dial dibuat dengan latar belakang hitam matte lengkap dengan skala dekompresi yang terdiri dari empat lingkaran berwarna kuning, hijau, pink, dan biru. Adapun date window pada posisi pukul 3 serta lapisan Super-LumiNova pada bagian hands, indeks dan pip bezel untuk menambah visibilitas di tempat minim cahaya. Lalu dial ini dilindungi oleh sapphire crystal bergaya “glassbox” yang sangat cembung seperti plexiglass pada jam diver vintage.

Diberi Tambahan 2 Strap

Pilihan Strap Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition
Pilihan Strap Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Dalam satu paket pembelian Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition, kamu akan mendapatkan dua tambahan pilihan strap. Selain mesh bracelet berlapis PVD coating hitam yang terpasang di jam, di dalam kotak jam juga terdapat tropic rubber strap warna biru serta calfskin leather strap hitam yang mudah diganti berkat fitur quick release spring bars. 

kotak jam Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Movement dan Caseback Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition 

Caseback Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition 
Caseback Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition

Jam tangan ini digerakan oleh automatic movement calibre 80 (ETA C07.651 base) yang berdetak sebanyak 21.600 per jam, punya 25 jewels, dan cadangan daya tahan hingga 80 jam. Selain itu, movement ini dilengkapi dengan balance spring Nivachron yang dapat memastikan jam tangan dapat berfungsi dengan baik walau ada gelombang magnet.

Lalu caseback ini dilindungi oleh screw down caseback yang tampak kokoh dengan PVD coating berwarna hitam dengan lambang bintang laut khas Mido Ocean Star. Seperti terlihat pada caseback-nya, Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition hanya diproduksi sebanyak 1.961 unit.

Itulah informasi terkait  Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Limited Edition. Kabarnya jam tangan ini dirilis global pada Agustus 2024 dan saat ini sudah hadir di Jamtangan.com ya!  Kamu juga bisa cek koleksi Mido lainnya di sini.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more