Winding up,
Almost Ready ...

Jam Tangan Digital dan Smartwatch yang Banyak Dipakai di Dunia Militer

by Han Sep 24, 2024 5 min read
Jam Tangan Digital dan Smartwatch yang Banyak Dipakai di Dunia Militer

Di bidang tersebut, mereka memerlukan penunjuk waktu yang andal, kokoh, presisi, dan bisa diandalkan. Lalu, model jam tangan digital dan smartwatch apa saja yang laris manis dipakai oleh personil militer? Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

1. Casio

Berikut ini adalah beberapa model jam tangan Casio yang banyak dipakai di dunia militer.

1. Casio F91W

Casio F91W (Credit: watchesofespionage)
Casio F91W (Credit: watchesofespionage)

Casio F91W yang pertama kali debut pada tahun 1993 cukup familiar di dunia militer dan telah terjual lebih dari 120 juta unit. Jam tangan ini makin populer karena pernah dipakai oleh tentara koalisi, pasukan Amerika Serikat, dan SEAL Team Six di tahun 2011. Yang heboh, koleksi ini juga pernah dipakai Osama bin Laden. Koleksi ini memiliki ukuran case 35,2 mm x 38,2 mm. 

2. Casio Pro-Trek

Anggota militer memakai Casio Pro-Trek (Credit watchesofespionage)
Anggota militer memakai Casio Pro-Trek (Credit watchesofespionage)

Casio Pro-Trek juga menjadi model jam tangan digital yang banyak dipakai selama GWOT, mulai dari operator khusus hingga pasukan konvensional. Hal ini karena Pro-Trek bisa diandalkan dan memiliki fitur ABC atau altimeter, barometer dan compass yang terintegrasi. Ada beberapa model jam tangan Pro-Trek yang disukai oleh anggota militer amfibi, seperti model PAW 1500-1V, PAG240-1, PRW2500-1A, dan 130-1T.

2. G-Shock

G-Shock menjadi model jam tangan yang disukai di dunia militer karena setiap model harus memenuhi parameter “Triple 10” resistance. Yaitu harus mampu bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian 10 meter, memiliki ketahanan air hingga 10 atmosfer atau sekitar 100 meter, dan memiliki battery life hingga 10 tahun. Berikut adalah beberapa model jam tangan G-Shock yang sering dipakai di dunia militer. 

1. G-Shock DW-5600

G-Shock DW-5600E-1VDR (Credit: watchesofespionage)
G-Shock DW-5600E-1VDR (Credit: watchesofespionage)

DW-5600E-1VDR pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan dihadirkan dengan ukuran 42,8 mm x 48,9 mm dan tebalnya 13,4 mm. Mengingat harganya yang terjangkau, rangkaian fungsinya tergolong masih standar, tetapi sudah cukup bisa diandalkan oleh anggota militer.

2. G-Shock DW-6600

G-Shock DW-6600-1V (Credit:watchesofespionage)
G-Shock DW-6600-1V (Credit:watchesofespionage)

G-Shock DW-6600-1V sering dikaitkan dengan Chris Kyle, yaitu anggota US Navy SEAL yang menginspirasi sniper Amerika di tahun 2014. Model ini dianggap sebagai jam tangan GWOT Navy SEAL, bahkan menjadi pilihan sempurna untuk SEAL dengan fitur stopwatch yang bisa berfungsi sebagai dive timer, durable, dan memiliki backlight yang powerful. Sayangnya, DW6600-1V produksinya dihentikan pada tahun 2010.

3. G-Shock DW-6900

Model G-Shock DW-6900-1VDR (Credit: watchesofespionage)
Model G-Shock DW-6900-1VDR (Credit: watchesofespionage)

G-Shock DW-6900-1VDR memiliki elemen berbentuk sirip pada display dengan tiga lingkaran kecil yang secara visual menunjukan passing second. Tampaknya G-Shock DW6900 kini menjadi salah satu defacto purchase order untuk berbagai unit atau organisasi yang mencari jam tangan solid.

G-Shock DW6900-1V (Credit: watchesofespionage)
G-Shock DW6900-1V (Credit: watchesofespionage)

4. G-Shock DW-9052

G-Shock DW9052-1VDR (Credit: watchesofespionage)
G-Shock DW9052-1VDR (Credit: watchesofespionage)

Model jam tangan G-Shock DW-9052-1VDR lebih sering terlihat pada paruh kedua GWOT. Jam tangan ini menggunakan tombol plastik persegi lebih besar yang secara signifikan lebih mudah dioperasikan menggunakan sarung tangan. 

3. Timex Ironman

Timex Ironman (Credit: watchesofespionage)
Timex Ironman (Credit: watchesofespionage)

Timex Ironman menjadi salah satu jam tangan yang banyak dipakai selama GWOT. Tidak hanya oleh pasukan militer konvensional, tetapi juga badan intelijen AS, termasuk CIA. Koleksi ini dirancang dengan desain tangguh saat dipakai berenang, bersepeda, dan berlari selama perlombaan triathlon jarak jauh. Timex Ironman banyak dipakai di kalangan militer karena harganya terjangkau, display-nya jelas, memiliki fungsi timing andal, dan desainnya kokoh.

4. Garmin

Garmin menjadi salah satu smartwatch yang banyak dipakai di dunia militer berkat fitur GPS. Berikut adalah beberapa model smartwatch Garmin yang banyak dipakai oleh pasukan militer.

1. Garmin Instinct

Garmin Instinct (Credit: watchesofespionage)
Garmin Instinct (Credit: watchesofespionage)

Garmin Instinct yang diluncurkan tahun 2018 dibekali fitur GPS, menggunakan strap, case, user interface, dan display lebih sederhana dibandingkan model premium. GPS-nya juga bisa disinkronkan dengan beberapa sistem satelit. Beberapa fungsi seperti solar charging, aplikasi untuk olahraga, shock dan water resistant menjadi fitur yang sangat diperlukan di dunia militer. 

2. Garmin Fenix

Garmin Fenix (Credit: watchesofespionage)
Garmin Fenix (Credit: watchesofespionage)

Garmin Fenix yang pertama kali diluncurkan tahun 2012 menjadi koleksi smartwatch yang paling banyak dibeli selama GWOT. Koleksi ini memiliki serangkaian fitur outdoor yang fungsional, dibekali fungsi fitness, sekaligus GPS. 

3. Garmin Tactix

Garmin Tactix (Credit: watchesofespionage)
Garmin Tactix (Credit: watchesofespionage)

Pada dasarnya, Garmin Tactix merupakan versi khusus dari Fenix yang dibekali fitur GPS dan fungsi fitness, serta menampilkan fitur spesifik yang bisa dipakai dalam lingkungan taktis atau militer, termasuk display mode yang ditujukan untuk penggunaan night vision, ballistic calculator, dan jumpmaster mode untuk terjun payung.

Demikianlah beberapa model jam tangan digital dan smartwatch yang banyak dipakai di dunia militer. Kunjungi website/aplikasi Jamtangan.com untuk mendapatkan jam tangan digital dan smartwatch kesukaanmu.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more