Hidden Gem: Citizen Tsuno Chrono Bullhead Eco-drive Super Titanium, Tangguh Untuk Berpetualang

by Fazriano Sep 12, 2024 7 min read

Sekilas Sejarah Citizen Bullhead & Pernah Dipakai Brad Pitt

Citizen bullhead Tsuno Chrono vintage dengan movement 8110
Citizen bullhead Tsuno Chrono vintage dengan movement 8110

Pada tahun 1973, Citizen mengenalkan jam tangan berdesain Bullhead pertamanya dalam lini Challenge Timer. Koleksi ini mengusung tema racing chronograph sekaligus mengenalkan automatic chronograph movement caliber 8110. Julukan Bullhead diberikan karena posisi crown dan pusher yang tidak konvensional, yaitu di angka jam 12. Posisi tersebut membantu pengendara untuk mengaktifkan chronograph saat salah satu tangan harus memegang setir. Karena desainnya yang unik, jam ini juga kerap mendapatkan julukan Mickey Mouse dari fans.

Karakter Cliff Booth yang diperankan Brad Pitt memakai jam Citizen bullhead Tsuno Chrono vintage
Karakter Cliff Booth yang diperankan Brad Pitt memakai jam Citizen bullhead Tsuno Chrono vintage

Jika kamu penggemar film, kamu pasti mengenal judul Once Upon a Time in Hollywood yang disutradarai oleh Quentin Tarantino. Jam Tsuno Chrono Bullhead berwarna emas dengan bund strap mendapatkan perhatian ekstra dalam film ini karena dipakai oleh karakter Cliff Booth, seorang stuntman Hollywood yang diperankan oleh Brad Pitt. Jam tangan tersebut dipilih karena latar waktu dalam film, yaitu 1973. Tahun yang sama dengan waktu perilisan jam tangan Citizen Challenge Timer Bullhead dari Citizen.

Desain Case 

Citizen Bullhead AV0080-88E dirancang dengan case dan bracelet berbahan Super Titanium dengan diameter 43mm, lug to lug 48mm, tebal 16mm, lug width 12mm serta bobot 127 gram. Meskipun berdiameter besar, jam tangan ini tetap nyaman dipakai di pergelangan 7.5 inchi berkat lug-to-lug yang pendek dan bobot yang ringan. Posisi crown dan pusher berada di atas case alih alih di samping, posisi tersebut menjadikan jam tangan ini dijuluki Bullhead. Selain itu, terdapat crown tambahan pada posisi angka lima untuk fitur alarm, serta hidden pusher untuk me-reset hands di posisi angka tujuh. Solid screw down caseback pada jam ini terdapat tulisan spesifikasi serta peringatan untuk tidak dibuka.

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E on wrist
Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E di pergelangan 7.5 inchi

Hebatnya, meskipun jam tangan ini tidak memiliki screw down crown, Citizen tetap bisa memberikan rating ketahanan air sedalam 200 meter. Membuat jam ini cocok untuk dibawa berpetualang, berenang, trekking, atau kegiatan outdoor lainnya. Oleh karena itu, Citizen dengan bangga menambahkan jam tangan ini ke lini Promaster Land. Sebuah pencapaian yang hebat menurut kami. Jam tangan ini juga menggunakan flat sapphire crystal dengan bevel yang tegas di tepinya sehingga tidak sejajar dengan bezel.

Super Titanium & Finishing pada Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E dirancang dengan case Super Titanium. Case titanium dalam bentuk murninya memiliki karakteristik yang ringan dan kuat, namun rentan gores. Melalui teknologi hardening dan Duratect dari Citizen, case titanium disulap menjadi Super Titanium. Ada empat keunggulan Super Titanium, yaitu lima kali lebih kuat menahan goresan daripada stainless steel, ringan, hypoallergenic (tidak membuat iritasi kulit), dan lebih susah berkarat. 

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E side profile

Dengan mata telanjang, jam tangan ini terlihat seperti terbuat dari stainless steel biasa. Kalian akan kaget ketika memegang jam tangan ini dan menyadari bahwa case terbuat dari titanium. Jam tangan ini memiliki brushed finish pada permukaan atas dan samping, serta polished pada bezel dan bevel bawah case

Finishing on the Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E
Finishing dan cutting pada case Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Proses polishing material titanium sangat sulit. Melalui proses research and development yang panjang, Citizen mampu mengembangkan metode polishing yang elegan dan rapi pada material titanium. Metode tersebut kemudian ditambah dengan Sallaz polishing yang dilakukan oleh ahli. Citizen tampak berani untuk memamerkan case Super Titanium-nya melalui desain surface sudut siku-siku lebih tegas daripada pendahulunya. Pada lug-nya saja, kami menghitung delapan sisi dengan transisi yang tegas di setiap rusuknya. Jenis finishing dan cutting yang disebutkan biasanya sangat sulit dieksekusi, terutama di range harga under 15 juta.

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E buckle
Buckle pada jam Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Tidak hanya pada case. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan integrated Super Titanium bracelet dan memiliki links berbentuk H-link dengan transisi antara brushed dan polished finish yang sangat detail. Solid 3-fold Super Titanium clasp ditambah kait pengaman dan double push button membuat bracelet akan mengikat erat pergelangan tanganmu dengan nyaman. Sayangnya, jam tangan ini tidak bisa dikatakan strap monster karena desain integrated bracelet tersebut.

Dial & Hands

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E dial
Dial Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E memiliki dial hitam dengan glossy finish yang dilengkapi dengan empat sub dial. Hands dan marker pada jam tangan ini memiliki desain batton serta diisi oleh lume berwarna biru. Terhubung dengan central pinion, kamu akan menemukan jarum jam utama, jarum menit utama, jarum detik chronograph, dan jarum jam alarm. 

Solar cell on the Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E
Solar cell pada sub-dial Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Karena mengusung Eco-drive movement, sub dial pada jam tangan dijadikan tempat untuk solar cell. Selain itu, keempat sub dial tersebut juga memiliki perannya masing-masing. Dimulai dari sub dial di posisi angka 12 kamu akan menemukan sub dial untuk 60 menit chronograph, date window tanpa frame di posisi angka setengah dua, sub dial detik utama (running second) pada posisi angka 3, indikasi mati dan nyala alarm di angka setengah lima, sub dial untuk jam chronograph pada posisi angka 6, serta sub dial power reserve indicator di posisi angka 9. Jam tangan ini memiliki chapter ring berisi skala tachymeter untuk menghitung kecepatan per jam. 

Movement

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E ditenagai oleh movement Eco-drive caliber E210. Efisiensi penyerapan cahaya dari Citizen Eco-Drive movement, terkenal yang paling baik di antara para kompetitornya. Movement ini mendukung fitur chronograph yang dapat merekam waktu selama 12 jam, serta fitur alarm. 

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E alarm indicator
Indikator alarm pada Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E

Movement ini memiliki akurasi +-15 detik perbulan, date wheel dengan fitur rapid correction, peringatan insufficient charge dan over charge prevention. Movement ini memiliki power reserve 7-8 bulan jika disimpan pada tempat gelap dan dalam kondisi daya terisi 100%. Movement ini sangat tangguh karena dapat beroperasi di suhu ekstrim -10℃ sampai +60℃.

Final Thought

Desain Bullhead yang ikonik ditambah dengan movement Eco-drive dan inovasi Super Titanium case membuat Citizen Promaster Tsuno AV0080-88E menjadi jam yang bisa dipakai dalam kondisi apapun. Profil lekukan bagian bawah case memeluk pergelangan dengan baik serta bobot yang ringan menambah kenyamanan di tangan. Material Super Titanium serta metode polishing dari Citizen meningkatkan craftsmanship value-nya. Cutting yang tegas dan detail finishing yang detail menandakan build quality jam tangan ini cukup bagus.

Citizen Promaster Land Tsuno Bullhead Chronograph AV0080-88E on wrist
Eco-drive caliber E210 memberikan reliabilitas untuk menemani keseharianmu. Ditambah lagi, jam tangan ini dirilis khusus untuk market Eropa, menambah nilai eksklusivitasnya. Dari semua spesifikasi dan fiturnya, jam tangan ini cocok untuk harian dan kegiatan outdoor bahkan di medan ekstrim sekalipun. Kapan lagi kamu bisa punya jam dengan spesifikasi tinggi, berdesain ikonik, penuh inovasi serta limited release? Hanya dengan Rp13 jutaan, beli hanya di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more