Fresh Bezel & Dial Color, Review Koleksi Seiko 5 Sports GMT Terbaru

by Fazriano Sep 10, 2024 1 min read

Flashback Sejarah Seiko GMT

Seiko 6117-8000 Navigator Timer GMT

Datangnya Seiko 5 Sports GMT pada tahun 2022 lalu membawa tawaran yang menarik bagi Seiko Lovers. Koleksi ini memberikan pilihan jam dengan movement GMT dengan harga yang terjangkau. Datang dengan case yang ikonik di kalangan kolektor, yaitu case dengan gaya khas SKX, jam ini kerap mendapatkan respon yang baik dari para pembelinya. 

Jam ini bukanlah jajaran GMT pertama dari brand tersebut. Salah satu tawaran GMT dari seiko yang paling ikonik adalah yang dikenal dengan nama Seiko Navigator Timer. Jam tersebut mengusung desain C-shape case dan memiliki mesin GMT yang tidak bisa di-setting. Koleksi terbaru dari jajaran GMT mengusung tema warna tidak kami tebak sebelumnya. Simak spesifikasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut!

Spesifikasi 

Seiko 5 Sports GMT SSK033K1 on wrist
Seiko 5 Sports GMT SSK033K1 di pergelangan tangan

Seiko 5 Sports GMT dirancang dengan stainless steel case berdiameter 42.5 mm, lug-to-lug 46 mm, dan tebal 13.6 mm. Dimensi diameter yang lebar namun lug-to-lug yang pendek, membuat jam ini nyaman dipakai di pergelangan kecil sekalipun. Crown pada jam ini berada di posisi jam 4, serta memiliki crown guard. Jam ini juga dilengkapi screwdown caseback transparan yang memperlihatkan mesinnya dengan gagah. Berkat spesifikasi tersebut, jam tangan ini memiliki ketahanan air 100 meter. Ketahanan air yang cukup untuk kegiatan harian, membuat jam ini nyaman dipakai dalam kondisi apa pun.

Bracelet Seiko SSK035K1
Bracelet Seiko SSK035K1
Strap Seiko SSK036K1
Strap Seiko SSK036K1

Kenyamanan tersebut juga dibantu oleh pilihan strap yang datang dengan masing-masing jam. Kecuali SSK036K1 yang dibekali leather strap berwarna coklat, koleksi ini dibekali dengan stainless steel bracelet bergaya Jubilee dengan 3-fold clasp yang berartikulasi dengan baik sehingga mengikuti lekukan pergelangan tangan.

Movement

Movement Seiko 4R34 dilihat dari caseback
Movement Seiko 4R34 dilihat dari caseback

Ketiga jam tangan ini dibekali dengan in-house automatic movement kaliber 4R34 yang mendukung komplikasi caller/office GMT lewat jarum jam GMT yang menunjuk ke skala 24 jam pada bezel. Selain itu, jam tangan ini memiliki fitur tanggal, fitur hacking dan hand winding dan memiliki power reserve sampai 41 jam. Berbeda dengan komplikasi flyer/true GMT yang bisa independent quickset pada jarum jam utamanya, caller/office GMT biasanya digunakan oleh orang yang ingin mengetahui beberapa time zone yang berbeda dari posisi saat itu. Oleh karena itu, movement ini memiliki quickset jarum GMT secara jumping hour.

Dial, Crystal, dan Bezel

Warna-warna baru pada koleksi ini membuat kami sangat antusias pada saat perilisannya. Kombinasi warna yang dihadirkan memberikan nafas segar nan familiar di jajaran koleksi Seiko 5 Sports GMT terbaru ini.

Seiko SSK035K1 dial close up macro
Logo seiko pada dial Seiko SSK035K1
Seiko SSK033K1 GMT hands
Jarum GMT pada Seiko SSK033K1

Kecuali pada SSK036 yang memakai matte dial finish, dial pada kedua koleksi lainnya datang dengan sunburst finish. Terdapat teks “Seiko 5” di  bawah pukul 12 dan “Automatic GMT” di atas pukul 6. Date window diletakan di posisi angka 3 tanpa frame. Jarum dan marker dapat menyala dalam gelap karena diisi LumiBrite, dan di-frame dengan polish finish. Jam tangan ini dilengkapi dengan flat Hardlex crystal dengan cyclop di posisi jam 3 untuk membantu melihat date window.

Bezel Seiko 5 Sports GMT
Bezel Seiko SSK035K1
Bezel Seiko SSK036K1
Bezel Seiko SSK036K1

Bezel pada jam ini memiliki gerigi bertekstur knurling di bagian luarnya agar mudah diputar dengan mudah. Perlu dicatat bahwa bezel ini tidak memiliki click saat diputar. Keputusan ini tepat karena bezel GMT harus diputar ke dua arah dan harus berhenti di titik manapun. Two tone bezel insert pada koleksi ini memiliki skala 24 jam yang dilapisi kaca Hardlex. Efek transparan dan mengkilap dari lapisan tersebut membuat warna insert bezel terlihat berubah-ubah tergantung dari arah datang cahaya yang berbeda.

Varian Seiko 5 Sports GMT Terbaru 

Seiko 5 Sports GMT SSK035K1 “Sprite”

Seiko 5 Sports GMT SSK035K1 “Sprite”

Datang dengan warna “Sprite” pada insert bezel yang familiar, ini adalah kali pertama seiko menggunakan kombinasi warna ini. Kombinasi warna Sprite pada insert bezel pertama kali disematkan pada salah satu model Rolex GMT master II dengan warna insert hijau dan hitam. Dial pada jam tangan SSK035K1 memiliki warna hijau gelap dengan pantulan sunburst yang memikat mata. Meskipun frame pada marker tipe ini memiliki warna silver, jarum jam GMT serta teks “GMT” diberikan frame warna emas sebagai pembeda dari jarum lain. Jam tangan ini dilengkapi dengan bracelet bergaya Jubilee dengan 3-fold clasp.

Seiko 5 Sports GMT SSK036K1

Seiko 5 Sports GMT SSK036K1

Jam tangan ini adalah kali pertama koleksi Seiko 5 Sports GMT menggunakan leather strap, serta warna two-tone silver dan emas pada case. SSK036K1 memiliki warna dial hitam dengan matte finish, serta kombinasi hitam dan coklat pada bezel. Hampir seluruh teks dan frame pada jam tangan ini memiliki warna emas, kecuali pada teks “GMT” pada dial dan jarum jam GMT yang berwarna merah. Strap jam tangan ini terbuat dari calfskin leather dan dilengkapi dengan buckle berwarna silver dengan brushed finish. Material ini dipilih karena teksturnya yang halus dan membutuhkan break in period yang relatif singkat.

Seiko 5 Sports GMT SSK033K1

Seiko 5 Sports GMT SSK033K1

Meskipun mengusung warna bezel yang familiar, kombinasi warna ini lebih fresh daripada yang kamu kira. Dial pada SSK033K1 memiliki warna putih sunburst dengan frame jarum dan marker berwarna silver. Sama dengan saudara-saudaranya, model ini memiliki jarum jam GMT yang berbeda, yaitu warna biru. Bezel pada jam ini memiliki kombinasi warna biru dan abu-abu. Warna abu-abu pada bezel sering terlihat seperti warna hitam dari sudut tertentu, sehingga akan terlihat seperti Batman bezel.

Kesimpulan Akhir

Koleksi Seiko 5 Sports GMT terbaru memberikan pilihan baru bagi para watch enthusiast. Dengan desain case yang ikonik dan variasi warna yang baru, jam tangan ini memberikan nuansa segar dan menarik. Kombinasi warna dan strap juga menunjukan kepada watch enthusiast bahwa Seiko berani untuk mencoba hal-hal baru dan mampu mengeksekusinya dengan baik. So, which one would you choose? Apapun pilihannya, pastikan beli di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more