Deretan 7 Jam Tangan Pilot Automatic Mulai dari 2 Jutaan

jam tangan pilot automatic
jam tangan pilot automatic

Sebagai watch enthusiast, pastinya sudah kenal dengan jam tangan automatic pilot kan? Selain kaya akan sejarah, jam tangan pilot juga merupakan jam tangan yang fungsional untuk kamu dan para pilot. Kali ini Minwatch akan memberikan 7 rekomendasi jam tangan automatic pilot dari beberapa brand terkemuka mulai dari Seiko, Orient, Breitling dan lainnya. Yuk, simak terus review-nya  sampai habis!

Apa itu Jam Tangan Automatic Pilot?

Jam tangan automatic pilot adalah jam tangan pilot yang menggunakan automatic movement. Menilik sejarahnya, jam tangan pilot awalnya dahulu diciptakan untuk pilot dan dunia aviasi. Tak hanya soal desain saja, jam tangan pilot juga seringkali juga dibekali fitur-fitur yang mendukung dunia aviasi. Sementara istilah “automatic” merupakan mechanical movement yang mempunyai kapasitas self-winding. Power akan terisi jika mainspring dikencangkan melalui putaran rotor yang otomatis bergoyang jika jam digoyangkan melalui ayunan tangan.

Jam tangan pilot memiliki ciri khas, yaitu terdapat tanda segitiga di angka 12. Tanda segitiga yang menghadap ke atas ini menunjukkan ke arah langit. Ikon segitiga ke atas berawal dari desain jam tangan pilot tentara Jerman era perang dunia kedua (flieger/B-Uhren), di mana ikon segitiga ke atas ini berfungsi membantu pilot mengetahui orientasi waktu yang benar ketika mereka sedang di posisi apapun. 

Jam tangan pilot. Sumber: B-uhr.com.
Jam tangan pilot.

Jam tangan automatic pilot bukan hanya jam tangan untuk para pilot saja lho! Kamu juga dapat mengoleksinya dan gunakan sebagai fashion statement dan dedikasi terhadap dunia penerbangan. Berikut adalah ulasan koleksinya.

Koleksi Jam Tangan Automatic Pilot dari Jamtangan.com

1. Orient Flight RA-AC0H01L

    Orient Flight RA-AC0H01L.
    Orient Flight RA-AC0H01L.

    Orient Flight RA-AC0H01L merupakan jam tangan automatic pilot asal Jepang dari brand Orient. Jam tangan ini memiliki dial yang menggunakan desain Flieger type-B. Flieger sendiri merupakan jam tangan pilot pesawat tempur Jerman ketika perang dunia kedua. Dial-nya hadir dengan warna biru dan memiliki indeks yang cukup besar, sehingga memiliki tingkat keterbacaan yang baik. Selain itu jam tangan ini mempunyai screw down crown dengan fitur hack dan manual winding. Nggak salah kalo jam tangan ini memberikan tool-like feel bagi penggunanya.

    Case-nya hadir dengan material stainless steel berukuran 42,4 mm dengan ketebalan 11,6 mm. Di dekat penunjuk pukul 3, kamu dapat menemukan window date. Pada hands dan indeksnya, sudah dilengkapi dengan luminous sehingga memudahkan kamu melihat waktu meskipun dalam gelap. Dibekali dengan caliber F6722, Orient Flight RA-AC0H01L sudah memiliki water resistant 100 meter. Kamu bisa mendapatkannya dengan Rp3,1 jutaan.

    2. Seiko 5 Sports Flieger SRPH21K1

      Seiko 5 Sports Flieger SRPH21K1.
      Seiko 5 Sports Flieger SRPH21K1.

      Seiko 5 Sports Flieger SRPH21K1 merupakan jam tangan dengan desain berdasarkan flieger type B yang dipakai pilot pesawat tempur tentara Jerman di perang dunia kedua. Desain jam tangan ini dibuat agar jelas dan mudah dibaca dengan cepat, untuk memudahkan pilot dan navigator mengambil keputusan saat di udara. 

      Jam tangan ini hadir dengan stainless steel case, diameter 39,4 mm dan ketebalan 13,2 mm. Kamu dapat menemukan day date window yang terletak di dekat penunjuk pukul 3. Bracelet-nya hadir dengan mesh strap, tipe Milanese bracelet. Untuk movement-nya dibekali dengan automatic movement caliber 4R36. Indeks dan hands sudah dilengkapi dengan lume yang dapat berpijar saat gelap. Seiko 5 Sports Flieger SRPH21K1 memiliki water resistant 100 meter dan dibanderol dengan harga Rp2,9 jutaan. 

      3. Longines Spirit Zulu Time L3.812.4.53.2

        Longines Spirit Zulu Time L3.812.4.53.2.
        Longines Spirit Zulu Time L3.812.4.53.2.

        Rekomendasi jam tangan automatic pilot berikutnya hadir dari brand Longines. Longines Spirit Zulu Time L3.812.4.53.2 memiliki nama “Zulu time”. Nama tersebut diambil dari nama lain Greenwich Mean Time (GMT), yang merupakan standar waktu internasional untuk mensinkronkan perbedaan zona waktu yang sangat berguna untuk para pilot.

        Hadir dengan stainless steel case berdiameter 42 mm, dengan ketebalan 13,9 mm. Bezel-nya hadir dengan bi-directional rotating bezel dengan indikator 24 jam, dan terbuat dari material keramik. Jam tangan ini merupakan Traveller GMT yang mana jarum jam utama bisa diatur secara independen. Dial-nya sudah menggunakan kaca kristal safir dengan lapisan anti refleksi. Untuk meningkatkan visibilitas, indeks dan hand-nya sudah dilapisi dengan Super Luminova.

        Longines Spirit Zulu Time L3.812.4.53.2 dibekali dengan calibre L844.4 yang sudah mendapatkan sertifikasi Chronometer, dengan akurasi -4 sampai +6 detik per hari dan power reserve hingga 72 jam. Untuk water resistant-nya sudah berada di 100 meter. Jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp37,2 jutaan.

        4. Breitling Avenger Automatic 43 A17318101B1A1

          Breitling Avenger Automatic 43 A17318101B1A1.
          Breitling Avenger Automatic 43 A17318101B1A1.

          Tangguh dan tahan guncangan Breitling Avenger Automatic 43 A17318101B1A1 merupakan jam tangan automatic pilot yang andal. Jika kamu seorang pilot yang menggunakan sarung tangan, kamu bisa mengoperasikan bezel dan crown jam tangan ini dengan mudah.

          Hadir dengan stainless steel case berdiameter 43 mm, jam tangan ini memiliki ketebalan 12,2 mm. Jam tangan ini sudah menggunakan kaca sapphire crystal dengan lapisan tahan silau. Indeks dan hands-nya juga sudah memiliki lume. Kamu juga dapat menemukan window date di dekat pukul 3. 

          Breitling Avenger Automatic 43 A17318101B1A1 dibekali dengan automatic movement, caliber Breitling 17 yang sudah memiliki sertifikat chronometer COSC. Jam tangan ini menjamin akurasi -4 sampai +6 detik per hari pada 3 suhu berbeda. Selain itu, ketahanan airnya juga sudah berada di 300 meter. Kamu bisa dapatkan jam tangan ini dengan harga Rp34,9 jutaan.

          5. Bell & Ross BR 03-92 BR0392-BLU-ST/SCA

            Bell & Ross BR 03-92 BR0392-BLU-ST/SCA.
            Bell & Ross BR 03-92 BR0392-BLU-ST/SCA.

            Rekomendasi jam tangan automatic pilot berikutnya yaitu dari brand Bell & Ross. Brand asal Perancis memiliki spesialisasi mendesain jam tangan untuk instrumen aeronautika. Seperti koleksinya yaitu Bell & Ross BR 03-92 BR0392-BLU-ST/SCA hadir dengan dial blue sunray yang menawan, dengan indeks dan hands yang sudah dilapisi dengan Super-LumiNova. Case-nya hadir dengan stainless steel case finishing satin, berdiameter 42 mm dengan ketebalan 10 mm. Bahkan kacanya sudah menggunakan sapphire crystal dengan anti reflektif. Di antara pukul 4 dan 5, kamu dapat menemukan window date. 

            Jam tangan ini dibekali dengan automatic movement caliber BR-CAL.302. Jam tangan ini memiliki water resistant 100 meter. Kamu bisa dapatkan Bell & Ross BR 03-92 BR0392-BLU-ST/SCA dengan harga Rp33,8 jutaan.

            6. Duxot Altius DX-2024-01

              Duxot Altius DX-2024-01.
              Duxot Altius DX-2024-01.

              Duxot Altius DX-2024-01 merupakan jam tangan pilot dengan desain dial Flieger type-A yang simpel. Dial-nya hadir dengan warna hitam, dilengkapi dengan window date di dekat pukul 3. Di dekat pukul 9, terdapat juga subdial detik utama. Jam tangan ini hadir dengan case material stainless steel, dengan diameter 46 mm dan ketebalan 15 mm. Ukuran dial yang besar ini memudahkan pilot untuk membaca waktu. Kamu dapat menemukan crown yang cukup besar sehingga dapat mengatur waktu dengan mudah. 

              Jam tangan ini sudah menggunakan kaca sapphire crystal dengan lapisan anti-reflective sehingga tampilan dial-nya lebih jernih. Untuk ketahanan airnya, sudah dibekali dengan water resistant 100 meter. Kamu bisa dapatkan Duxot Altius DX-2024-01 dengan harga Rp2,6 jutaan.

              7. AVI-8 Spitfire AV-4073-33

                AVI-8 Spitfire AV-4073-33.
                AVI-8 Spitfire AV-4073-33.

                AVI-8 Spitfire AV-4073-33 merupakan jam tangan pilot yang berangkat dari sejarah penerbangan militer. Jam tangan ini terinspirasi dari jam tangan pilot klasik Jerman, yaitu flieger type-B design, dan merupakan jam tangan pilot yang terjangkau. 

                Hadir dengan case stainless steel, jam tangan ini memiliki diameter 42 mm dan ketebalan 13,5 mm. Pada penunjuk pukul 3, kamu dapat menemukan window date, sedangkan di antara pukul 4 dan 5 terdapat subdial sebagai indikator detik. Jam tangan ini sudah dilengkapi dengan kaca sapphire crystal. Selain itu, jam tangan ini memiliki fitur water resistant hingga 50 meter juga lho! 

                Untuk pembelian koleksi ini, kamu akan mendapatkan strap stainless steel dan ekstra leather strap di dalamnya. Kamu bisa dapatkan AVI-8 Spitfire AV-4073-33  dengan harga Rp3,4 jutaan.

                Itu dia 7 jajaran jam tangan automatic pilot, yang layak kamu koleksi. Jika kamu sudah penasaran ingin mencobanya, yuk buruan check out jam tangan incaran kamu sekarang juga! Kamu bisa install aplikasi Jamtangan.com di smartphone kamu, khusus pengguna Android, kamu bisa download di PlayStore dan pengguna Apple, kamu bisa download di App Store.

                Total
                0
                Shares
                Leave a Reply

                Your email address will not be published. Required fields are marked *

                This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

                Previous Article
                G-Shock GW-3000B Gravitymaster

                Inilah Ketangguhan G-Shock GW-3000B Gravitymaster, Pilot's Watch Anti Gravitasi dengan Tough Solar

                Next Article
                Citizen Promaster Diver Super Titanium Automatic NB6004-08E

                Tangguhnya Citizen Promaster Diver NB6004-08E, “Orca Whale” dari Super Titanium

                Related Posts
                Total
                0
                Share