Winding up,
Almost Ready ...

Batik Day Special: Review Orient Star RE-AU0002S, Dress Watch dengan Tampilan Klasik

by Fazriano Oct 02, 2024 5 min read
Batik Day Special: Review Orient Star RE-AU0002S, Dress Watch dengan Tampilan Klasik

Cocok Jadi Dress Watch Ideal

Orient Star RE-AU0002S di pergelangan 7,5 inchi

Stainless steel case Orient Star RE-AU0002S dirancang dengan diameter 38,7 mm, ketebalan 13 mm, dan lug to lug 46 mm. Dimensi tersebut kami nilai sangat cocok untuk sebuah dress watch. Meskipun tergolong kecil, jam tangan ini masih sangat cocok dipakai di pergelangan 7,5 inchi. Namun, sebagai dress watch yang seharusnya bisa masuk ke cuff pada baju lengan panjang, kami mengharapkan case yang lebih tipis lagi. Meskipun demikian, kami menyadari bahwa untuk melakukan itu, Orient harus mengembangkan movement baru yang mungkin akan menaikan harga jam tangan.

Crown pada Orient Star RE-AU0002S

Mengusung desain dress watch, jam tangan ini diberikan polished finish pada seluruh permukaan casenya sehingga menambah kilauan elegan. Jam tangan ini memiliki bentuk lug yang tipis. Pada posisi angka 3 kamu akan menemukan signed crown yang elegan dan menambah kesan klasik. Jam tangan ini memiliki ketahanan air sampai 50 meter, hal ini bisa dimaklumi, mengingat dress watch tidak membutuhkan ketahanan air tinggi. Pada backcase, terdapat transparent screw down caseback yang memperlihatkan in-house automatic movement caliber F6N43. 

Strap leather pada Orient Star RE-AU0002S

Untuk bagian strap, Orient Star RE-AU0002S dilengkapi dengan leather strap hitam bertekstur kulit buaya. Kombinasi ini merupakan combo yang serasi untuk sebuah dress watch klasik. Adapun lebar lug pada jam tangan ini adalah 20 mm. Strap jam tangan ini dilengkapi dengan signed deployment buckle yang menambah kesan premium.

Guilloche Dial dan Pomme Hands Memberi Classic Vibes

Logo Orient pada posisi jam 6 di dial Orient Star RE-AU0002S

Orient Star RE-AU0002S memiliki motif dan tekstur guilloche pada dial berwarna putih. Terdapat dua tekstur pada dial, tekstur tappiserie pada bagian tengah dalam dan dibingkai tekstur garis tegak yang diaplikasikan melingkar. Sedangkan pada bagian marker, diberi tekstur circular melingkar mengikuti marker. Kombinasi tekstur tersebut bekerja sama dalam memberikan kilauan yang menawan. Pada bagian sisi luar dial terdapat railroad minute tracker khas jam tangan tahun 60-an. Meneruskan desain klasik, jam tangan ini dilengkapi dengan Roman indeks marker. Pada posisi angka 3 terdapat date window yang sedikit memotong marker angka 3. Logo Orient Star dan teks “AUTOMATIC” berada di posisi angka 6. Pada posisi angka 12 terdapat power reserve indicator.

Hands dan power reserve pada dial Orient Star RE-AU0002S

Jarum pada jam tangan ini memiliki desain pomme yang khas dengan lubang di dekat ujung jarum jam dan menit. Sedangkan jarum power reserve indicator berbentuk leaf atau daun. Semua hands pada Orient Star RE-AU0002S dibuat menggunakan warna biru yang berasal dari coating. Meskipun begitu, pomme hands pada jam tangan ini tetap indah dilihat, terutama jika dipasangkan dengan guilloche dial yang klasik. Dibekali double dome sapphire crystal anti gores dengan lapisan anti reflective, kaca tersebut terlihat jernih karena lapisan AR meminimalisir pantulan dan desain kaca double dome menghilangkan distorsi pada kaca jika dilihat dari samping.

Dibekali Automatic Movement dengan Power Reserve 50 Jam

Movement caliber F6N4 yang digunakan pada Orient Star RE-AU0002S

Orient Star RE-AU0002S dibekali dengan in-house automatic movement kaliber F6N43 yang mendukung komplikasi power reserve indicator. Komplikasi ini memudahkan kamu dalam melihat sisa daya pada jam tangan. Movement ini memiliki power reserve selama 50 jam. Yang artinya, jika dalam kondisi daya penuh, kamu tidak perlu khawatir jam tangan akan berhenti saat tidak dipakai selama 2 hari ketika weekend.

Rotor Orient Star RE-AU0002S yang diberikan logo berwarna emas

Selain itu, movement ini juga mendukung kemampuan hacking, hand winding, dan terdapat komplikasi tanggal. Calibre F6N43 memiliki rentang akurasi -15 hingga +25 detik per hari. Movement ini berdetak sebanyak 21,600 beat per jam. Meskipun movement ini bukan hi-beat, namun power reserve pada movement ini, lebih lama dari kebanyakan movement Orient lainnya. Menurut kami, power reserve lebih penting daripada hi-beat movement.

Final Thought

Dengan harga Rp8,8 juta, Orient Star RE-AU0002S memberikan kesan mewah seperti pada jam tangan ratusan juta. Desainnya yang klasik membuat jam tangan ini ideal untuk acara formal maupun bisnis, apalagi jika dipadukan dengan pakaian batik. Desain yang elegan dengan guilloche dial, pomme hands biru, dan polished stainless steel case berdiameter 38,7 mm memberikan tampilan dress watch yang glossy. Selain itu, jam tangan ini masih cocok dipakai untuk harian pada aktivitas indoor. Mumpung sedang ready, yuk langsung cek Orient Star RE-AU0002S di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more