Baselworld 2015: Seiko & Grand Seiko Live Report

Baselworld 2015: Seiko & Grand Seiko Live Report

Seiko Astron Dual-Time Caliber

Astron GPS Solar dengan caliber X7 telah diluncurkan pada 2012. Di tahun 2014, koleksi jam tangan tersebut bertambah dengan diluncurkannya generasi kedua caliber; X8, yang memiliki fitur chronograph. Revolusi Astron tidak berhenti di situ. Pada 2015 ini, generasi ketiga caliber diluncurkan dan didesain khusus untuk Anda yang berjiwa petualang.

Dengan Astron GPS Solar Dual-Time, traveling ke seluruh dunia masih memiliki beberapa kendala. Hanya dengan menggunakan tenaga cahaya, Astron terhubung dengan jaringan GPS dan menunjukkan waktu dengan akurasi yang sangat detil serta dapat diatur dengan menekan tombol daerah (time zone) tempat Anda berada. Sekarang dengan New Dual-Timer caliber, Anda dapat mengetahui waktu bukan hanya di tempat Anda berada saat ber-traveling, namun juga waktu di tempat asal (home time zone) menggunakan indikator sub-dial 12 jam dengan indikator AM/PM yang terpisah. Selain itu, letak penunjuk hari ada di posisi jam 2 dengan tampilan desain retro, serta penunjuk tanggal terletak di posisi jam 4. Penunjuk tanggal akan menunjukkan tanggal secara akurat hingga 4 Februari, 2100, berkat fitur Perpetual Calendar dari Astron. Selain itu, Pengoperasian jam tangan menjadi lebih simple dengan adanya jaringan elektronik pada crown-nya.

Foto 2. Retro Style: letak penunjuk hari ada di posisi jam 2, serta penunjuk tanggal terletak di posisi jam 4

Gambar 1. Retro Style: letak penunjuk hari ada di posisi jam 2, serta penunjuk tanggal terletak di posisi jam 4

Dual-Time caliber ini ditawarkan dengan 8 desain berbeda yang masing-masing memiliki ciri khas Astron. Bagian dial memiliki desain yang sederhana, jelas, dan gampang untuk dibaca/diamati. Cover/case-nya dipoles dengan sentuhan manusia menggunakan tehnik zaratsu ala Seiko yang sempurna sehingga dapat merefleksikan cahaya di setiap sudutnya. Perbandingan warna dial juga dibuat ergonomis oleh manajemen ahli energi Seiko. Dial-dial khas tersebut merupakan produk terbaik dari pabrik; Seiko memiliki spesialisasi tersendiri dalam produksi modul GPS sehingga memiliki efisiensi energi pada warna-warna yang digunakan. Bracelet-nya diproduksi dengan penghubung yang mudah difungsikan serta didesain dengan baik agar pengguna jam tangan merasa nyaman saat mengenakannya di mana pun lokasi traveling yang dikunjungi. Jam ini tersedia dalam lima desain dengan cover titanium dan tiga lainnya terbuat dari steel.

Pada 8 desain yang diluncurkan, Dual-Timer caliber generasi baru ini dipamerkan dengan status terbatas (limited edition) dimana dial-nya terbuat dari mutiara. Selain itu, jam ini hanya diproduksi sejumlah 3000 buah dan masing-masing memiliki nomor seri yang berbeda.


Grand Seiko

Pada 2015 ini, Grand Seiko kembali ke tahun 1967 dan desain jam tangan otomatis yang pertamanya, 62GS. Seri 62GS tidak hanya otomatis, jam tersebut juga sangat akurat, melebihi tingkat standar tertinggi yang ada. Desainnya juga mengadopsi gaya sepanjang masa Grand Seiko. 62GS memiliki sisi cover/case yang mengkilap mewah serta jarak dial yang lebar. Selain itu, jam tangan tersebut juga memiliki konstruksi bezel-free dengan polesan zaratsu khas Grand Seiko.

08-GS-ZES_2528

Gambar 2. Koleksi terbaru Grand Seiko

Terdapat delapan macam koleksi terbaru seri 62GS. Empat di antaranya merupakan pengembangan dari 1967 dengan caliber otomatis dan empat lainnya adalah interpretasi modern dari mesin (movement) Grand Seiko paling unggul, termasuk Spring Drive. Semuanya merupakan edisi terbatas (limited edition). Caliber 9S65 merupakan model dari hasil pengembangan. Yang satu terbuat dari steel, sedangkan lainnya merupakan variasi dari olahan emas 18 karat. Lambang singa di bagian belakang cover/case, susunan dial, penunjuk waktu yang jelas, dan logo tipe dial (Diashock) merupakan adopsi dari 62GS original secara keseluruhan. Hi-beat 36.000 caliber mempunyai dua tipe modern case yang terbuat dari steel. Selain itu dua produksi Spring Drive caliber dengan lapisan titanium berkonsentrasi tinggi. Dalam tipe-tipe modern tersebut, diameter case lebih besar, serta bagian belakang case yang eksklusif (see-through) dan bracelet dari metal/besi. (machtwatch)