Special Report: HKTDC Watch & Clock Fair 2015

Special Report: HKTDC Watch & Clock Fair 2015

Hong Kong merupakan salah satu negara bisnis terbesar di Asia. Bulan September 2015 ini, Hong Kong menggelar sebuah pameran besar (salah satu yang terbesar) se-Asia serta global. Adalah HKTDC atau Hong Kong Trade Development Council yang menyelenggarakan pameran brand dan bisnis dari segala bidang termasuk Watch&Clock.

europe watchGambar 1. Salah Satu Booth yang Memamerkan Jam Tangan dengan Movement Asal Swiss

Berbagai brand jam tangan ternama hadir meramaikan pameran yang berlangsung pada 8-12 September 2015 ini. Meski didominasi oleh produk asal China, sebagian brand Eropa yang kini sedang populer seperti Daniel Wellington dan Elysee hadir untuk menyambut pasar Asia yang telah berkembang pesat. Hadir juga Copenhagen Watch Group yang beberapa brand di dalamnya memiliki popularitas tinggi di pasar Asia Timur. Produk-produk klas atas tersebut meramaikan area Salon de TE yang merupakan hall yang berisi produk-produk dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

seagull booth seagull watchesGambar 2. Booth dari Sea-Gull yang Memamerkan Produk-Produk Unggulannya

Big Brand asal China seperti Sea-Gull, Rossini, dan Fiyta mendapat tanggapan yang luar biasa selama pameran. Terlihat dari booth-nya yang tidak berhenti menerima tamu. Sea-Gull merupakan perusahaan jam tangan nasional China dan telah memproduksi secara mandiri mulai dari mesin hingga setiap detil produknya. Sedangkan Rossini dan Fiyta adalah dua produsen jam tangan yang mengandalkan mesin dari Swiss dan Jepang untuk menyempurnakan desain produk mereka.

fyta booth fytaGambar 3. Booth dari Fyta

image_1Gambar 4. Produk dari Nanoblocks

Selain brand-brand besar, ada juga produk-produk dari klas menengah seperti Mangosteen dengan branding Korean Style-nya. Beberapa barisan produk dengan kreatifitas tinggi seperti Nanoblocks dengan bentuk jam tangan yang mengadopsi LEGO, berjajar di showcase SmallOrder HKTDC tanpa sepi peminat. Agaknya pembagian area di gelaran HKTDC Watch&Clock Fair 2015 ini sangat efektif sehingga memudahkan buyer untuk menemukan produk yang mereka cari. (fbi/machtwatch)

*gambar oleh Machtwacth