Apa Itu Met Gala 2021? Pencinta Fashion & Jam Tangan Wajib Tahu 8 Fakta Ini

Apa Itu Met Gala 2021? Pencinta Fashion & Jam Tangan  Wajib Tahu 8 Fakta Ini

Beberapa hari belakangan, ranah dunia maya sedang diramaikan oleh topik seputar Met Gala 2021. Walaupun sudah usai digelar tanggal 13 September lalu, kemeriahan event tahunan ini masih sangat terasa. Di kalangan pencinta fashion dunia, popularitas Met Gala sudah tak perlu diragukan lagi. Tapi sebagai watch-lovers, apakah kamu sudah cukup memahami apa itu Met Gala? Yuk, perluas pengetahuan modemu dengan membaca 8 fakta tentang Met Gala yang sudah Jamtangan.com siapkan. Karena sudah banyak yang membahas outfit para seleb, di sini kita juga akan mengintip deretan jam tangan mewah yang ikut terlihat di red carpet. Ready?

1. Apa Itu Met Gala?

Suasana bagian eksibisi fashion di The Metropolitan Museum of Art.
Suasana bagian eksibisi fashion di The Metropolitan Museum of Art pada hari biasa.

Met Gala adalah singkatan dari Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute Gala, yakni salah satu event tahunan terbesar dan paling dinanti di industri fashion dunia. Kalau dunia perfilman punya Oscar sebagai event paling bergengsi, maka Met Gala bisa dibilang sebagai ‘Oscar’-nya dunia mode. Met Gala pertama kali diadakan pada 1948, dan sejak itu punya tradisi selalu diadakan di hari Senin pertama bulan Mei. Tapi, akibat pandemi Covid-19, tradisi ini menjadi sedikit terganggu. Setelah sempat di-cancel pada 2020, Met Gala akhirnya baru bisa diadakan lagi pada 13 September 2021 kemarin. 

Met Gala bukanlah ajang peragaan busana seperti fashion week, bukan juga ajang penghargaan. Lalu, apa sih yang dilakukan para selebriti dan pesohor yang hadir di sana? Sesuai venue-nya yang selalu diadakan di The Metropolitan Museum of Art, New York, Met Gala sebenarnya merupakan acara pembuka dari rangkaian eksibisi atau pameran fashion. Di malam ‘Gala’, tamu yang hadir akan lebih dulu berjalan di red carpet, mengeksplor galeri, lalu dilanjutkan dengan dinner dan perform dari artis-artis terpilih. Setelah the gala night, barulah beberapa hari atau bulan kemudian event akan dilanjutkan dengan gelaran eksebisi yang sebenarnya.  

2. Met Gala Diselenggarakan untuk Tujuan Apa? 

Suasana eksibisi Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination di Met Gala 2018.
Suasana eksibisi Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination di Met Gala 2018.

Bukan sekadar party event biasa, Met Gala Sebenarnya adalah acara malam pengumpulan dana untuk membuka pameran tahunan yang digelar oleh divisi Costume Institute di Metropolitan Museum of Art, New York. Sebab, departemen fashion di Museum of Art memang menjadi divisi yang harus ‘membiayai’ diri mereka sendiri. Untuk bisa mengadakan pameran, mereka harus terlebih dahulu menggelar fundraising, yang dilakukan melalui gelaran Met Gala ini. 

Itulah kenapa, setiap tamu yang hadir di Met Gala bukan datang secara gratis. Mereka harus membeli tiket, di mana hasil penjualan inilah yang akan digunakan untuk mendanai keberlangsungan operasional museum serta menyelenggarakan pameran. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Met Gala tiap tahunnya diadakan dengan tema yang berbeda-beda, karena memang menyesuaikan tema pameran yang digelar pada tahun tersebut. 

3. Apakah Ada Aturan Berpakaian Khusus di Met Gala?

Musisi Grimes dengan masker perak sebagai outfit di Met Gala 2021.
Musisi Grimes dengan masker perak sebagai outfit di Met Gala 2021.

Sebenarnya, baik itu di Met Gala 2021 maupun tahun-tahun sebelumnya, tidak ada aturan berpakaian khusus yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Setiap tamu dibebaskan untuk bereksplorasi dan berkreasi sesuai tema yang diberikan, tanpa adanya batasan-batasan khusus. Bahkan, Met Gala justru dijadikan ajang bagi para selebriti dunia untuk adu kreativitas dalam menciptakan kreasi style fashion. Maka jangan heran kalau di tiap tahunnya, gelaran Met Gala akan selalu identik dengan munculnya berbagai kostum eye-catching mulai dari yang serba mewah, hingga yang paling nyentrik dan anti-mainstream. Tiap tahunnya pula, outfit yang digunakan para seleb ke Met Gala akan selalu menjadi fokus dan topik perbincangan utama.

Tapi, khusus di Met Gala 2021 yang diadakan masih di kondisi pandemi, penyelenggara menetapkan aturan khusus. Semua tamu yang hadir diwajibkan sudah menjalani vaksin Covid-19, juga diharuskan memakai masker kecuali di red carpet dan saat dinner. Perubahan aturan ini rupanya tidak bisa diterima oleh semua selebriti. Nicki Minaj misalnya, akhirnya tidak hadir di Met Gala 2021 karena aturan vaksin yang ditetapkan. 

4. Apa Hubungan Anna Wintour & Met Gala?

Foto Anna Wintour, Editor in Chief Vogue, di Met Gala 2021.
Foto Anna Wintour, Editor in Chief Vogue, di Met Gala 2021.

Selama topik Met Gala banyak dibicarakan, kamu pasti juga sering mendengar nama Anna Wintour. Bagaimana tidak, editor-in-chief Vogue ini memang merupakan ‘orang nomor satu’ di Met Gala. Sejarah hubungan Vogue dan Met Gala sebenarnya sudah dimulai sejak 1972, saat editor pendahulu Anna bernama Diana Vreeland beralih menjadi konsultan di Costume Institute setelah keluar dari Vogue. Diana Vreeland lah yang awalnya mengonsep Met Gala sebagai event tematik yang harus dihadiri oleh selebriti dan orang-orang ternama dunia. 

Tapi di tahun 1995 Anna Wintour mengambil alih dan membawa Met Gala ke level lebih tinggi. Anna menghadirkan ide membuat red carpet, untuk menjadikan Met setara dengan Oscar di dunia perfilman. Nggak hanya berperan sebagai honorary chair, Anna bahkan juga menjadi penentu siapa saja yang diundang ke Met Gala. Yes, nggak sembarangan selebriti bisa datang ke event bergengsi ini. Hanya mereka yang dipilih dan diundang oleh Anna Wintour dan timnya secara pribadi yang boleh membeli tiket dan hadir. Di Met Gala 2021, Anna Wintour dibantu oleh Timothée Chalamet, Billie Eilish, Amanda Gorman, dan Naomi Osaka sebagai co-chair. 

5. Berapa Harga Tiket Met Gala?

Penampilan beberapa selebriti di Met Gala 2019 bertema “Camp: Notes on Fashion”
Penampilan beberapa selebriti di Met Gala 2019 bertema “Camp: Notes on Fashion”.

Karena merupakan event penggalangan dana, tamu yang datang tentu nggak gratis. Setelah mendapatkan undangan personal dari Anna Wintour dan tim, mereka harus terlebih dulu membeli tiket yang nanti akan digunakan untuk operasional divisi Costume Institute di Metropolitan Museum of Art. Harga tiket Met Gala pertama di tahun 1948 adalah $50 atau sekitar Rp700 ribuan. Pada 2019, harga tiket Met Gala dikabarkan sudah mencapai $35,000 per orang atau sekitar Rp490 jutaan. 

Jumlah orang yang boleh hadir pun sangat dibatasi, biasanya hanya 500-600 orang. Beberapa brand besar seperti Apple terkadang juga secara khusus membeli satu meja untuk tamu mereka dengan harga $200,000 – $300,000 atau sekitar Rp2-4 miliar. Tapi tentu saja, tamu yang akan diundang oleh brand juga harus diajukan dulu pada Anna Wintour. Jika mendapat persetujuan dari Anna, barulah tamu yang bersangkutan bisa diundang.  

6. Apa Tema Met Gala 2021?

Alexandria Ocasio-Cortez dengan outfit bertema “American Independence.”
Alexandria Ocasio-Cortez dengan outfit bertema “American Independence.”

Tema Met Gala 2021 adalah “American Independence”. Tema ini dipilih karena komite menginginkan Met Gala tahun ini bisa merefleksikan evolusi dan keberagaman mode di Amerika yang sudah banyak berkembang dari waktu ke waktu akibat perubahan sosial maupun politik. Setelah Gala event beberapa hari lalu, gelaran Met Gala 2021 akan dilanjutkan dengan sesi pameran atau eksibisi yang dibagi ke dalam dua sesi. Sesi eksibisi pertama mengangkat tema “In America: A Lexicon of Fashion” dan akan berlangsung tanggal 18 September 2021 di Anna Wintour Costume Center. 

Sementara eksibisi kedua mengangkat tema “In America: An Anthology of Fashion”. Di eksibisi bagian kedua ini, tim kurator dari Costume Institute Metropolitan Museum of Art akan bekerjasama dengan beberapa sutradara film kenamaan Amerika untuk membuat konsep cinematic yang menggambarkan perubahan fashion di Amerika dari abad ke-18 hingga sekarang. Eksibisi kedua Met Gala 2021 akan diadakan mulai 5 Mei-5 September 2022. 

7. Kemeriahan & Apa Saja yang ‘Trending’ di Met Gala 2021

Outfit Kim Kardashian yang menutupi wajah di Met Gala 2021 menjadi viral.
Outfit Kim Kardashian yang menutupi wajah di Met Gala 2021 menjadi viral.

Setelah setahun absen akibat pandemi, Met Gala 2021 tentu menjadi sangat spesial dan dinanti-nanti. Walaupun waktu penyelenggaraannya harus keluar dari tradisi Senin pertama bulan Mei, Met Gala 2021 nyatanya tetap menjadi trending topic di berbagai platforms karena kemeriahan acara dan jajaran top notch celebrities yang hadir di dalamnya. Hadir dengan busana yang merepresentasikan tema “American Independence”, nama-nama paling populer di industri hiburan dunia saat ini mulai dari Rihanna, Kendall Jenner, Gigi Hadid, Timothée Chalamet, Billie Eilish, dan banyak lagi tampak hadir menyemarakkan red carpet. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap tamu yang hadir di Met Gala 2021 juga selalu menganut prinsip “Go Big or Go Home” alias tampil all out dan extravagant dalam berbusana. Hal ini karena busana di Met Gala juga selalu menjadi sorotan utama jutaan pasang mata. Tak heran kalau selain untuk eksibisi, Met Gala juga dijadikan ajang bagi rumah-rumah mode ternama dunia seperti Gucci, Balenciaga, Versace, Givenchy, Oscar de la Renta,  dan lainnya untuk memamerkan koleksi eksklusif mereka. 

Foto selebriti di Met gala 2021. Billie Eilish, Rihanna, ASAP Rocky, Timothée Chalamet.
Foto selebriti di Met gala 2021. Billie Eilish, Rihanna, ASAP Rocky, Timothée Chalamet.

Di Met Gala 2021 sendiri, beberapa kostum seleb yang viral dan menjadi sorotan. Beberapa yang paling trending misalnya Kim Kardashian dengan outfit nyentrik all-black Balenciaga dress yang menutupi keseluruhan wajah, Billie Eilish yang merombak total penampilan street style-nya menjadi style feminin lengkap dengan rambut bob ala Marilyn Monroe, ASAP Rocky yang menggunakan ‘outfit selimut’ dari ERL, Iman dengan feather dress dan headpiece dari Dolce & Gabbana x Harris Reed, hingga Dan Levy dengan colorful outfit dari Loewe. 

8. Selebriti dan Jam Tangannya di Met Gala 2021

Kalau di banyak tempat lain kamu sudah bisa dengan mudah menemukan best outfit hingga worst outfit Met Gala 2021, Jamtangan.com tentu akan mengajakmu menyoroti event ini dari dunia horology. Yes, sekarang saatnya kita mengintip deretan jam tangan mewah apa saja yang ikut ‘nongol’ di red carpet Met Gala. Ini dia 7 seleb yang hadir dengan jam tangan paling menarik yang tertangkap kamera selama gelaran Met Gala 2021. Mana yang paling bikin kamu mupeng?

1. Justin Bieber & Rolex Daytona Yellow Gold

Foto Justin Bieber dengan jam tangan Rolex Daytona di red carpet Met Gala 2021.
Foto Justin Bieber dengan jam tangan Rolex Daytona di red carpet Met Gala 2021.

Di kalangan seleb Hollywood, Justin Bieber dikenal sebagai salah satu kolektor jam tangan mewah. Rupanya, jam yang digunakan suami Hailey Bieber ini ke Met Gala adalah Rolex Daytona Yellow Gold. Jam mewah ini dibekali fitur chronograph dan skala tachymeter pada bezel. Super mewah, karena dirancang dari material emas 18 karat.

2. Jimmy Fallon & Omega Speedmaster Mark II 1972

Host program talk show populer The Late Late Night ini rupanya adalah salah satu penggemar brand sponsor olimpiade. Yes, di Met Gala 2021, Jimmy Fallon tampak hadir dengan Omega Speedmaster Mark II 1972. Sesuai tahun rilisnya, jam ini kental dengan nuansa vintage. Sangat sempurna melengkapi setelan tuksedo yang dipakai sang host.

3. Kit Harrington & Harry Winston Midnight 42 mm

Kit Harrington memakai jam tangan Harry Winston di Met Gala 2021.
Kit Harrington memakai jam tangan Harry Winston di Met Gala 2021.

Tampil maskulin dengan formal black and white outfit, aktor Game of Thrones ini terlihat memakai jam tangan Harry Winston Midnight 42 mm di gelaran Met Gala 2021. Sebagai brand perhiasan dan jam tangan eksklusif asal New York yang sudah berdiri sejak 1932, jam tangan yang dirancang dari emas putih 18 karat ini sangat merepresentasikan tema “American Independence”, bukan?

4. Leon Bridges & Cartier Tank Cintrée in 18k Yellow Gold

Penyanyi dan penulis lagu soul asal Amerika, Todd Michael “Leon” Bridges, juga hadir di Met Gala 2021 dengan jam tangan mewah yang nggak kalah memikat mata yakni Cartier Tank Cintrée. Tank adalah salah satu seri legendaris brand Cartier yang dirancang sendiri oleh Louis Cartier pada 1916. Model yang dipakai Leon Bridges di Met Gala adalah yang dirancang dengan elemen emas 18 karat. 

5. Kaia Gerber & Omega De Ville Prestige Dewdrop

Kaia Gerber berpose dengan jam tangan Omega di red carpet Met Gala 2021.
Kaia Gerber berpose dengan jam tangan Omega di red carpet Met Gala 2021.

Tak banyak selebriti wanita yang terlihat hadir menggunakan jam tangan di gelaran Met Gala 2021. Tapi, Kaia Gerber sukses menyita perhatian dengan jam tangan Omega De Ville Prestige Dewdrop yang ia kenakan. Aksen diamond di bagian indeks marker dan inner bezel jam ini sukses menjadi penyempurna black gown elegan yang dipakai sang model.

6. Russell Westbrook & Diamond Encrusted Patek Philippe Nautilus

High-end brand asal Swiss, Patek Philippe, juga nggak ketinggalan ikut muncul di Red Carpet Met Gala 2021. Pemakainya adalah pebasket profesional Russell Westbrook. Russel terlihat tampil dengan setelan suit berwarna navy, ditemani jam tangan mewah Diamond Encrusted Patek Philippe Nautilus. Jam berdiameter 40 mm dirancang dengan rose gold bracelet 18 karat lengkap dengan hiasan diamond di berbagai sisi.

7. Kid Cudi & Ben Baller Bape x G-Shock DW-6900

Outfit Kid Cudi dengan jam tangan G-Shock di Met Gala 2021.
Outfit Kid Cudi dengan jam tangan G-Shock di Met Gala 2021.

Siapa sangka G-Shock ternyata juga ikut ambil bagian di Met Gala 2021. Tapi, jam yang digunakan Kid Cudi ini bukan sembarang G-Shock. Item ini merupakan hasil kolaborasi BAPE x Kid Cudi x G-Shock, dan di-custom khusus dengan warna case pink cerah serta strap berwarna perpaduan merah dan biru. G-Shock DW-6900 pun bisa jadi ‘barang mewah’ yang ikut mejeng di Met Gala.

Kamu Juga Bisa Beli G-Shock DW-6900 di Sini

Casio G-Shock DW-6900CB-1DS Men Digital Dial Black Resin Strap
Casio G-Shock DW-6900CB-1DS Men Digital Dial Black Resin Strap

Sekarang kamu sudah tahu apa itu Met Gala secara mendetail dan mendalam. Sebagai pencinta jam tangan, tak ada salahnya sekalian menambah pengetahuan fashion agar gayamu sehari-hari dengan jam kesayangan bisa makin kece. Oh ya, sama kayak style para seleb di Met Gala 2021 yang selalu up to date, Jamtangan.com juga selalu menghadirkan koleksi teranyar dan terkini dari brand-brand jam tangan paling populer. Ada lebih dari 50 brand jam tangan #PastiOri yang bisa kamu dapatkan dengan harga terbaik dan layanan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Jangan lupa update gaya dengan jam tangan yang kamu suka, ya!

Categories: Editor's Choices, Event, News