Wajah Baru Seiko Cocktail Time

Wajah Baru Seiko Cocktail Time
Seiko SSA341

Seiko SSA341

Tahun 2010, Seiko pernah memutuskan untuk menciptakan desain jam tangan baru bekerja sama dengan seorang bartender ternama bernama Ishigaki Shinobu. Hasil kerjasama itu melahirkan sebuah dress watch yang kemudian mendapat julukan “Cocktail Time” dan sangat populer di kalangan penggemar jam tangan. Banyak blog, situs, dan forum jam tangan memuji langkah Seiko merilis Cocktail Time ini, terutama dengan harganya yang lebih terjangkau dibanding jam tangan Swiss yang kualitasnya kurang lebih serupa. Namun apa nyana, meski dengan popularitas yang tinggi Cocktail Time hanya dijual untuk pasar domestik Jepang atau biasa disingkat dengan JDM. Akhirnya, kali ini Seiko pada Baselworld 2017 menarik perhatian khalayak ramai dengan mengeluarkan line-up Presage terbarunya. Dan ternyata, Seiko Presage yang diluncurkan ini mengacu pada desain Cocktail Time, termasuk “sunray dial”-nya yang khas dengan sentuhan baru.

Seiko SRPB44

Seiko SRPB44

Pada Seiko Cocktail Time baru ini, kali ini terdapat 8 macam tipe, yang secara garis besar dibagi dua yaitu dengan tampilan biasa (waktu + tanggal) serta dengan tambahan power reserve indicator untuk melihat sisa tenaga pada jam. Terdapat pilihan warna dial dari coklat, biru, putih, hingga abu-abu gelap. Selain itu juga ada varian dengan strap kulit maupun dengan bracelet. Pada tipe dengan power reserve indicator, mekanisme penunjuk tanggalnya berbeda dengan jam tangan Seiko kebanyakan yang berupa jendela kotak pada jam tiga. Mekanisme ini mempunyai tampilan berupa subdial khusus dengan tanggal yang ditunjukkan oleh jarum yang terpisah. Bagian dalam jam tangan digerakan oleh movement kaliber 4R, dengan kode 4R35 untuk varian biasa serta 4R57 untuk yang dilengkapi dengan power reserve indicator. Jam tangan ini terbuat dari material stainless steel, mempunyai diameter 40,5 mm, ketebalan 14,5 mm, serta dilengkapi oleh kristal Hardlex buatan Seiko.

SRPB46

Seiko SRPB46

Namun di balik semua itu ternyata Seiko mengetahui animo yang besar di seluruh dunia terhadap Cocktail Time. Oleh karena itu, Seiko Cocktail Time wajah baru ini kemudian akan didistribusikan tidak hanya di Jepang saja, namun seluruh dunia. Tentu hal ini disambut dengan gembira oleh para penggemar jam tangan terutama Seiko. Melihat gerak-gerik Seiko pada Baselworld kali ini, mulai dari reissue diver watch legendaris, Grand Seiko menjadi merek terpisah, hingga kemunculan wajah baru Cocktail Time, nampak jelas manuver Seiko untuk memantapkan posisinya sebagai produsen jam tangan kenamaan dunia.

 

DJO/jamtangan.com