TAG Heuer x Hodinkee Rilis Carrera Chronograph Seafarer

by Han Aug 12, 2024 4 min read
TAG Heuer x Hodinkee Carrera Chronograph Seafarer.
TAG Heuer x Hodinkee Carrera Chronograph Seafarer.

Tentang Hodinkee & Sejarah Singkat Seafarer

Model terakhir Abercrombie & Fitch Seafarer tahun 1968
Model terakhir Abercrombie & Fitch Seafarer tahun 1968

Hodinkee merupakan perusahaan media jam tangan asal New York yang telah berdiri sejak 2008. Media ini menyajikan informasi seputar dunia horologi yang terkenal sebagai editorial dan e-commerce paling berpengaruh di dunia untuk jam tangan baru dan vintage. Karena pengaruhnya yang besar itulah Hodinkee kerap berkolaborasi dengan brand watchmaker kenamaan dunia, termasuk TAG Heuer. 

Sejak akhir tahun 1940-an, Heuer memproduksi jam tangan chronograph khusus untuk pembalap, pilot, petualang, dan penggemar alam bebas. Beberapa jam tangan ini diberi label putih untuk mitra ritel, termasuk peritel asal Amerika Serikat yaitu Abercrombie & Fitch. 

Lalu sekitar tahun 1947-an, Heuer kembali diminta Abercrombie & Fitch untuk mendesain jam tangan yang memungkinkan para pemburu, nelayan, dan pelaut untuk memanfaatkan Teori Solunar milik John Alden Knight. Teori ini dapat memprediksi kapan hewan buruan akan aktif berdasarkan sejajarnya matahari dan bulan.

Iterasi pertama jam tangan Seafarer menampilkan dial berwarna krem dengan tiga subdial, salah satunya indikator pasang-surut yang legendaris. Pada tahun 1968, TAG Heuer menciptakan Abercrombie & Fitch Seafarer, Ref. 2446C dengan dial hitam, ini menjadi model terakhir dari jajaran Seafarer.

Nah, untuk merayakan Seafarer yang memulai debutnya pada 1968 silam, pada 2024 TAG Heuer berkolaborasi dengan Hodinkee baru saja meluncurkan jam tangan limited edition yang hanya diproduksi sebagai 968 unit. Adapun sebanyak 125 unit pertama akan dijual secara eksklusif melalui website Hodinkee Shop, sementara sisanya akan tersedia di butik TAG Heuer serta toko ritel di seluruh dunia.  

Masih Mempertahankan Komposisi Dial Pendahulunya 

TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee
TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee

Terinspirasi dari Heuer Seafarer 2446C yang asli, kolaborasi TAG Heuer dan Hodinkee tetap mempertahankan tampilan komposisi dial dan skala bezel dari tahun 1968. Sama seperti pendahulunya bagian dial-nya dibuat berwarna opaline hitam. Pada dial ini juga terdapat minute track dengan interval 5 menit pada bagian inner bezel.

Adapun tiga subdial dengan kombinasi warna biru langit, perak, dan putih yang mengikatkan dengan desain Seafarer klasik. Ketiga subdial ini memiliki fungsi berbeda, yaitu penghitung regatta 30 menit pada posisi pukul 3, detik waktu utama pada posisi pukul 6, serta indikator pasang-surut pada posisi pukul 9 yang dapat melakukan rotasi penuh selama 59 hari.

Meskipun fitur indikator pasang-surut sudah umum digunakan oleh model jam tangan lainnya, tetapi versi TAG Heuer ini punya sejarah panjang sejak ‘Solunar’ diperkenalkan pada tahun 1940-an. ‘Solunar’ merupakan kombinasi dari ‘solar’ dan ‘lunar’ yang memungkinkan pengguna mengetahui waktu matahari bersinar dan bulan. 

Intip Desain Case 

TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee
TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee

Untuk membangkitkan model vintage Seafarer, model ini menggunakan case “Glassbox” Carrera 42 mm yang menampilkan crystal sapphire super cembung menyerupai box. Lalu case bagian sisi atas dan bezel memakai polished finish, sedangkan bagian sisi samping bawah brushed finish. Case ini juga sudah tahan air hingga 100 meter. Terdapat pula crown dengan ukiran logo TAG Heuer pada posisi pukul 3 yang diapit dengan dua pusher. Sementara button bertuliskan “TIDE” pada posisi pukul 9 berfungsi untuk menjalankan fitur indikator pasang-surut. Kemudian case ini dipasangkan dengan rubber strap warna hitam dengan curved end yang terintegrasi dengan case-nya.

Caseback dan Movement TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee 

Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee
Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee

Jam tangan ini ditenagai oleh in-house automatic chronograph movement TH20-12, ini merupakan evolusi dari movement Caliber 02 Heuer yang ikonis. Movement ini dapat berdetak sebanyak 28.800vph, memiliki 33 jewels, serta cadangan daya tahan hingga 80 jam.

Kamu dapat melihat movement ini pada bagian caseback transparannya yang dilindungi oleh crystal sapphire. Adapun tulisan “TAG HEUER x HODINKEE” dan “CARRERA”, serta nomor urutan produksi limited edition.

Itulah informasi seputar TAG Heuer Carrera Chronograph Seafarer x Hodinkee yang tersedia secara limited edition. Jam tangan kolaborasi ini dijual seharga US$7.950 atau sekitar Rp126,5 jutaan. Kuantitasnya yang terbatas dan harganya yang cukup tinggi membuat koleksi TAG Heuer x Hodinkee ini mungkin akan sulit untuk mendapatkannya. Tapi tentang, kamu bisa dapatkan berbagai koleksi TAG Heuer lainnya di Jamtangan.com!

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more