TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 Limited Edition

TAG Heuer Carrera Chronograph X Porsche 963 Limited Edition

Untuk kesekian kalinya, TAG Heuer berkolaborasi bersama Porsche dengan merilis jam tangan. Dan di tahun 2024 ini, kedua brand merilis model TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 sebagai bentuk penghargaan untuk mobil yang bersaing dalam endurance race. Model jam tangan ini juga dianggap sebagai salah satu versi jam tangan paling modern dan berani dari racing chronograph. Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih lengkap tentang spesifikasi TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963.

Sekilas tentang Kolaborasi TAG Heuer Carrera x Porsche

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche (2021)
TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche (2021)

Nama TAG Heuer Carrera memiliki ikatan kuat dengan balap mobil cepat. Nama Carrera sendiri diambil dari perlombaan legendaris Carrera Panamericana, yang secara kebetulan merupakan nama yang telah lama dikaitkan dengan Porsche serta mobil balap 365 dan 911. Pada tahun 2021, TAG Heuer dan Porsche melakukan partnership dengan merilis jam tangan TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche yang terinspirasi dari model mobil Porsche. 

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963
TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

Dan di tahun 2024 ini, kedua brand tersebut pun merilis TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 yang dianggap sebagai jam tangan dengan desain bold dan paling modern yang pernah ada. Selain itu, Porsche 963 merupakan mobil dengan kategori LMH (Le Mans Hypercar) dan LMDH (Le Mans Daytona Hybrid) yang menggunakan teknologi hybrid untuk bisa tahan di trek saat balapan. Begitu pula dengan TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 yang mencerminkan inspirasi teknis dan memiliki tampilan sporty.

Case TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

Case TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963
Case TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 tidak mengambil inspirasi dari referensi historis atau tampilan jam tangan vintage. Namun, model jam tangan Carrera ini terinspirasi dari Porsche 963 sehingga menjadikannya sebuah statement watch dengan case modular besar, perpotongan tegas dan menggunakan skeleton dial. Koleksi inimenggunakan stainless steel case yang dilapisi lapisan PVD berbutir dan logo Porsche pada sisi sebelah kiri case. Case-nya berdiameter 44 mm, tebalnya 15,1 mm, dan lug-to-lug 49,7 mm dengan brushed dan matte finish pada permukaan dan samping case. Dimensi ini membuat TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 menjadi sport watch kontemporer berukuran besar saat dipakai di pergelangan tangan. 

Logo Porsche pada bagian samping case
Logo Porsche pada bagian samping case

Jam tangan ini menggunakan black forged carbon fixed bezel dan skala tachymeter dengan logo Porsche yang diisi white Super-LumiNova. Koleksi ini memakai kristal safir cembung dengan lapisan anti reflektif. Jam tangan kolaborasi ini juga memakai black DLC steel crown dan pusher. Pada central end-link terdapat ukiran angka 963 dan rubber strap dengan tekstur air inlet NACA yang ditemukan pada sebagian besar mobil balap. Transparent screw on caseback memakai kristal safir dan empat sekrup. Jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 100 meter.

Ukiran angka 963 pada central link
Ukiran angka 963 pada central link

Skeleton Dial pada TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

Dial TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963
Dial TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 menggunakan skeleton dial dengan NAC finish dan dirancang dengan arsitektur kompleks karena memakai tampilan polarisasi. Dial-nya dibuat dalam bentuk melingkar dan spiderweb bergaya radial yang mengingatkan kita pada sasis mobil balap Porsche. Desain dial juga mempertahankan display tri-compax klasik dengan subdial solid tertutup untuk memastikan subdial lebih mudah terbaca. 

Super-LumiNova pada TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963
Super-LumiNova pada TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963

Selain tulisan “PORSCHE” pada tachymeter, Super-LumiNova juga diterapkan pada indeks marker, jarum jam, jarum menit, dan date window di atas pukul 6. Aksen warna merah diterapkan pada indeks marker pada pukul 4 untuk menandai awal dari 24h Le Mans, serta jarum chronograph dan jarum pada subdial. Koleksi ini menggunakan tiga subdial, di mana subdial pada pukul 3 merupakan indikator chronograph 30 menit, subdial pada pukul 6 adalah detik utama, dan subdial pada pukul 9 merupakan indikator chronograph 12 jam.

Movement dengan Power Reserve 80 Jam

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 saat dipakai di pergelangan tangan
TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 saat dipakai di pergelangan tangan

TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 dibekali in-house automatic integrated chronograph movement caliber TH20-00 (Heuer 02). Movement ini menggunakan column-wheel dan vertical clutch untuk jump-free start pada fungsi chronograph. Movement ini berdetak sebanyak 28.800 bph dan memiliki power reserve 80 jam. Movement ini juga menampilkan sebuah rotor dengan bentuk mirip seperti steering wheel mobil Porsche. 

Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963   
Caseback TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963   

Koleksi ini dilengkapi black integrated rubber strap dengan folding clasp dan micro-adjustment. TAG Heuer Carrera Chronograph x Porsche 963 merupakan jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 963 pieces dan dibanderol dengan harga CHF9.000 atau sekitar Rp166 jutaan. Koleksi ini juga akan tersedia dalam Porsche-styled packaging dan dilengkapi travel pouch. Dapatkan koleksi TAG Heuer lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Breitling Superocean Automatic 46 Super Diver Watches

Breitling Rilis Koleksi Superocean Automatic Terbaru Salah Satunya Tahan Air 1000 Meter!

Next Article
Oris Divers Sixty-Five

Oris Divers Sixty-Five Caliber 400 38 mm dengan Power Reserve 5 Hari

Related Posts
Total
0
Share