Seiko Rilis Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time yang Bisa Kalibrasi dengan Satelit

by Han Sep 12, 2024 5 min read

Ketiga jam tangan tersebut terdiri dari dua versi standar, yaitu SSH165 dengan dial warna silver dan SSH167 menggunakan dial warna hitam. Sedangkan model SSH169 merupakan koleksi limited edition 1000 pcs dalam rangka merayakan Seiko Brand 100th Anniversary  dan dilapisi black PVD  serta dihiasi aksen warna keemasan. Penasaran dengan spesifikasinya? Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Spesifikasi Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time
Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time dibuat menggunakan super hard coated stainless steel case dengan brushed finish pada bagian atas case, serta polished finish pada bagian samping case dan bevel. Case-nya berdiameter 42 mm, tebalnya 12,9 mm, dan lug-to-lug 49,6 mm. 

Case Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time
Case Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Koleksi ini juga memakai kristal safir cembung dan super clear coating yang membuat dial terlihat jelas dan mudah terbaca. Seluruh jam tangan dilengkapi stainless steel bracelet dengan 3-fold clasp dan push button. Untuk water resistant, ketiga jam tangan memiliki ketahanan air hingga 100 meter. 

Pada koleksi ini, Seiko memindahkan skala timezone UTC dari inner flange ke bagian sisi luar samping bezel, dan ini dianggap sebagai posisi skala yang tidak biasa. Skala ini bisa dioperasikan dengan cara yang sama seperti bezel worldtimer yang menampilkan zona waktu dunia sesuai UTC.

Indeks marker dan hands diisi LumiBrite untuk meningkatkan visibilitas di tempat minim cahaya. Pada inner chapter ring terdapat trek menit dengan warna berbeda-beda. Koleksi ini memiliki beberapa subdial, seperti subdial kecil pada pukul 4 adalah indikator PM/AM, subdial pada pukul 6 adalah indikator chronograph 12 jam dan second time zone, subdial pada pukul 9 adalah indikator hari, power reserve, indikator untuk pemilihan mode seperti mode chrono, mode penerimaan sinyal GPS, dll, sedangkan subdial pada pukul 12 adalah indikator chronograph 1/20 detik. 

Dial Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time
Dial Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Date window ditampilkan pada pukul 4.30 dengan posisi horizontal. Sedangkan fungsi Time Transfer memungkinkan pengguna dapat menyamakan settingan waktu yang ditampilkan pada dial utama ke dalam settingan waktu pada subdial pukul 6. Cara mengaktifkan Time Transfer ialah dengan menahan dua pusher selama tiga detik.

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time dibekali GPS solar movement caliber 5X83 dengan power reserve selama 6 bulan saat daya terisi penuh dan disimpan di tempat gelap. Movement ini memiliki akurasi ±15 detik per bulan (tanpa sinyal GPS dan dalam suhu antara 5°C hingga 35°C). Caliber 5X83 juga memiliki ketahanan magnet hingga 4.800 A/m.  

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH169 saat dipakai
Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH169 saat dipakai

Movement ini menawarkan beberapa fitur menarik, seperti fungsi overcharging prevention, power saving, perpetual calendar, world time hingga 38 kota, fungsi dual time, dan indikator power reserve. Ada juga fungsi lainnya seperti status display koneksi satelit, automatic hand adjustment, dan kemampuan untuk berhenti dan menerima sinyal GPS (flight mode). 

Tiga Model Jam Tangan Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Berikut ini adalah tampilan dari ketiga model jam tangan Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time .

1. Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH169 Seiko Brand 100th Anniversary Limited Edition

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH169 Seiko Brand 100th Anniversary Limited Edition
Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH169 Seiko Brand 100th Anniversary Limited Edition

Seiko SSH169 dibuat dari stainless steel case dengan lapisan black PVD. Aksen warna keemasan ditampilkan pada crown, kedua pusher, dan ring pada subdial pukul 6 dan 12, serta jarum detik sentral. Pada caseback terdapat tulisan “LIMITED EDITION” dan serial number mulai dari 1 hingga 1.000. 

Caseback Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time
Caseback Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time

Koleksi ini menggunakan dial warna hitam dan termasuk jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 1.000 pieces. Trek menit pada inner chapter ring menggunakan warna hitam. Sedangkan stainless steel bracelet-nya dilapisi black PVD. Jam tangan ini dibanderol dengan harga €2.500 atau sekitar Rp42,5 jutaan.

2. Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH165

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH165
Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH165

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH165 memakai stainless steel pada case dan bracelet. Jam tangan menggunakan warna dial silver panda, aksen warna oranye pada jarum subdial dan ujung jarum sentral, serta trek menit pada inner chapter ring menggunakan warna hitam.

3. Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH167

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH167
Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH167

Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time SSH167 menggunakan case dan bracelet dari stainless steel. Jam tangan ini dirancang dengan dial warna hitam, aksen warna kuning pada jarum subdial dan ujung jarum sentral, serta trek menit pada inner chapter ring menggunakan warna putih. 

Demikianlah jam tangan Seiko Prospex Speedtimer GPS Solar Dual Time terbaru yang akan i dirilis global pada Oktober 2024. Tertarik untuk mengoleksinya? Dapatkan koleksi Seiko Prospex lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more