Seiko Kenalkan Presage Craftsmanship SPB447J1 dengan Urushi Lacquer Dial & Fitur GMT

by Han Sep 18, 2024 3 min read

Mengenal Urushi Lacquer, Teknik Tradisional dari Jepang

Proses pembuatan Urushi Lacquer dial
Proses pembuatan Urushi Lacquer dial

Sejak zaman kuno Jepang, teknik Urushi Lacquer telah digunakan untuk membuat mangkuk, piring, dan peralatan lainnya karena memiliki karakteristik bahan alami yang tahan lama. Teknik ini merupakan pelapisan pernis alami yang diambil dari getah pohon Urushi, lalu diaplikasikan secara berlapis-lapis untuk menciptakan permukaan yang halus dan tahan lama.

Setiap Urushi Lacquer dial dibuat secara handmade dan proses pembuatannya cukup rumit. Sehingga setiap produksinya memakan waktu lama karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeringkan setiap lapisannya.

Intip Case Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1

Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1
Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1

Jam tangan ini memiliki stainless steel case dengan super-hard coating berdiameter 40,2 mm, ketebalan 12,4 mm, dan lug-to-lug 48 mm. Lalu case-nya dipasangkan dengan calfskin leather berwarna coklat yang tersertifikasi Leather Working Group, yaitu perusahaan leather berkelanjutan. Tak hanya punya desain yang elegan, dress watch ini juga sudah tahan air hingga 100 meter yang aman digunakan berenang maupun terkena hujan. 

Punya Urushi Lacquer Dial yang Elegan

Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1
Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1

Hal yang menjadi highlight dari jam tangan ini adalah bagian dial-nya, yang hadir dengan Urushi Lacquer dial berwarna hitam lalu dibuat glossy finish. Sebagai jam tangan pertama dari Presage Craftsmanship Series yang dilengkapi fitur GMT, pada bagian inner ring dial terdapat skala 24 jam berwarna emas untuk melihat zona waktu kedua di negara lain.

Kemudian bagian indeks, jarum jam, serta jarum detiknya dibuat berwarna silver. Sedangkan jarum GMT dan jarum detik dibuat dengan warna emas bertekstur yang kontras. Adapun date window pada posisi pukul 3. Lalu dial ini dilindungi oleh dual-curved sapphire crystal dengan lapisan anti-reflektif.

Karena jam tangan ini merupakan dress watch maka tak mengherankan jam tangan ini tidak diberi lume pada hands atau marker-nya. Karena umumnya dress watch tidak membutuhkan lume.

Movement dengan Power Reserve 3 Hari dan Fitur Office GMT

Movement Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1
Movement Seiko Presage Craftsmanship Series Urushi Lacquer Dial GMT SPB447J1

SPB447J1 ditenagai oleh automatic movement Caliber 6R54 yang dapat berdetak sebanyak 21.600vph, memiliki 24 jewel, dan cadangan daya hingga 72 jam (3 hari). Selain itu, movement ini juga memiliki akurasi waktu sekitar +25/-15 detik per hari. Movement dengan rotor berwarna emas ini dapat dilihat melalui caseback transparan. 

Selain itu, movement ini juga dilengkapi dengan fitur office GMT yang mampu mengatur jarum GMT secara independen dan quick set. Sehingga kamu dapat mengetahui zona waktu kedua di negara lain.

Itulah informasi terkait Presage GMT Urushi Lacquer Dial SPB447J1 yang memiliki keunikan dial dari seni tradisional Jepang. Kabarnya, jam tangan ini akan dirilis global pada Oktober 2024 mendatang. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com, ya! Sambil menunggu kamu dapat cek koleksi Seiko Presage lainnya di sini.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more