Panerai Perkenalkan Submersible Elux LAB-ID PAM01800 dengan Inovasi Cahaya Elektrik

Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800
Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Tahun ini, Panerai merilis Submersible Elux LAB-ID PAM01800, yang dilengkapi dengan teknologi Elux sehingga dapat memancarkan cahaya dalam berbagai kondisi. Menariknya, jam tangan ini memiliki case yang dirancang dengan material Ti-Ceramitech dan sudah tahan air hingga 500 meter. Penasaran dengan detail dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Dirancang Menggunakan Teknologi Elux

Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800
Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Pada tahun 1966, Panerai menemukan material baru yang disebut ‘Elux’ atau singkatan dari elettroluminescenza yang artinya electroluminescent. Ini merupakan bahan bebas radioaktif yang dapat digunakan untuk menerangi berbagai perangkat, bahkan di ruangan gelap sekalipun. Panerai menciptakan panel electroluminescent yang terdiri dari permukaan bercahaya dalam berbagai ukuran, tahan goncangan, dan hemat energi.

Sebelumnya, teknologi ini banyak digunakan oleh Angkatan Laut di Italia, mulai dari panel lampu di pusat komando hingga untuk rambu-rambu pendaratan helikopter di dermaga kapal militer. Lalu teknologi Elux ini diadopsi oleh Panerai dan diaplikasikan kepada Submersible Elux LAB-ID PAM01800, yang memiliki visibilitas tinggi serta daya tahan yang tangguh. 

Memiliki Case dari Material Ti-Ceramitech

Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800
Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Setelah melakukan riset selama 7 tahun, Panerai memperkenalkan material baru, yaitu Ti-Ceramitech. Material ini dihasilkan melalui proses titanium ceramization melalui Plasma Electrolytic Oxidation untuk mengubah permukaan titanium menjadi lapisan keramik yang padat. Ti-Ceramitech diklaim 44% lebih ringan dari baja dan 10 kali lebih tahan retak dari keramik. 

Material ini diaplikasikan pada bagian case Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800 berwarna biru, yang memiliki diameter 49 mm dan ketebalan 12,6 mm. Selain itu, material Ti-Ceramitech juga turut diaplikasikan pada bezel-nya dengan warna serasi. Lalu case sudah tahan air hingga 500 meter dan dipasangkan dengan rubber strap berwarna biru yang nyaman digunakan saat menyelam. 

Intip Dial Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800 yang Bercahaya

Dial Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800
Dial Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Berkat teknologi Elux, PAM01800 memiliki Power Light yang dapat diaktifkan sesuai kebutuhan dengan total durasi 30 menit. Fitur ini digerakan oleh energi dari mainspring barrel yang memicu 8 micro generator berukuran 2.3 mm, termasuk kumparan magnet, sehingga menggerakan rotor yang berputar 80 kali per detik dan menghasilkan frekuensi elektronik tinggi 240 Hz untuk menyalakan lampu. Fitur ini dapat dioperasikan melalui pusher yang tersembunyi pada bagian belakang di posisi pukul 8. Power Light ini diaplikasikan pada marker, dot lume dan hands yang menghasilkan warna hijau terang. Adapun indikator Power Light pada posisi di atas pukul 6 yang dapat menunjukkan sisa energi yang tersedia untuk menerangi jam tangan. 

Sementara, terdapat lapisan Super-LumiNova diaplikasikan pada bagian bingkai jarum, marker, dan dot pada bezel. Untuk aksen bingkai hijau pada jarum jam dan indeks marker dial, menggunakan Super-LumiNova X2 yang menawarkan pencahayaan 10% lebih tinggi dari Super-LumiNova X1. Sedangkan aksen biru pada bingkai jarum menit dan pinggiran dot lume dilapisi oleh Super-LumiNova X1.

Movement dan Caseback Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Caseback Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800
Caseback Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800

Jam tangan ini digerakkan oleh automatic movement Caliber P.9010 yang diproduksi sendiri oleh Panerai. Movement ini memiliki 55 jewels, yang berdetak pada frekuensi 28.800vph, lengkap dengan power reserve hingga 3 hari. Tak hanya itu, movement ini juga dilengkapi dengan Glucydur® balance wheel, 6 barrel, 4 sistem paten, serta fitur tahan guncangan  Incabloc®. Sehingga, performa PAM01800 tak perlu diragukan lagi karena memiliki kinerja yang andal. 

Lalu movement tersebut dilindungi oleh solid caseback yang terbuat dari material Ti-Ceramitech. Adapun tulisan “ELUX” yang glow in the dark berkat teknologi Elux yang digunakan. 

Itulah informasi seputar Panerai Submersible Elux LAB-ID PAM01800, jam tangan ini diproduksi secara limited edition, yakni hanya 150 unit di dunia dan dirilis sebanyak 50 unit per tahun. Kabarnya, PAM01800 akan dijual seharga US$96.300 atau sekitar Rp1,5 miliar. 

Karena kuantitasnya yang terbatas dan harganya yang tinggi, mungkin akan cukup sulit untuk mendapatkannya. Namun, kamu bisa temukan berbagai koleksi Panerai lainnya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Oris Divers Sixty-Five

Oris Divers Sixty-Five Caliber 400 38 mm dengan Power Reserve 5 Hari

Next Article
Longines Conquest Date

Rayakan 70th Anniversary Conquest Series, Longines Rilis Beragam Koleksi Conquest Baru

Related Posts
Total
0
Share