Kesederhanaan Paus Fransiskus Lewat Jam Tangan yang Dipakai

by Han Sep 04, 2024 4 min read
Paus Fransiskus terlihat memakai jam tangan yang diduga Swatch SR1130SW-GB743. (cc: Antara)
Paus Fransiskus terlihat memakai jam tangan yang diduga Swatch SR1130SW-GB743. (cc: Antara)

Dari pengamatan kami, berdasarkan bentuk lug dan strap, jam tangan tersebut diduga adalah Swatch SR1130SW-GB743, namun ada beberapa sumber lain juga mengatakan Paus Fransiskus juga terlihat memakai Casio MQ24-7B2. Seperti apa antusiasme umat Katolik di Indonesia menyambut kehadiran Paus Fransiskus dan apa jam tangan yang digunakan tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Paus Fransiskus Disambut dengan Hangat di Indonesia

Paus Fransiskus tiba di Jakarta (cc: TribunNews)
Paus Fransiskus tiba di Jakarta (cc: TribunNews)

Kehadiran Paus Fransiskus disambut hangat oleh umat Katolik di Indonesia. Dan setibanya di Jakarta, ia dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, bertemu perwakilan gereja, serta komunitas umat Katolik lainnya. Tidak hanya itu, Paus juga direncanakan melakukan dialog antar agama di Masjid Istiqlal pada tanggal 5 September. Dan di sore harinya, ia akan memimpin misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno dan diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 80.000 orang.

Paus Fransiskus Terlihat Memakai Jam Tangan yang Diduga Swatch SR1130SW-GB743

Paus Fransiskus terlihat memakai jam tangan Swatch SR1130SW-GB743
Paus Fransiskus terlihat memakai jam tangan yang diduga Swatch SR1130SW-GB743

Sosok Paus Fransiskus yang dikenal sederhana mendapat simpati publik yang melihatnya. Dan yang mengejutkan adalah pemimpin tertinggi gereja Katolik di dunia tersebut terlihat memakai jam tangan yang diduga Swatch SR1130SW-GB743. Banyak yang terkesima dengan kesederhanaan model jam tangan yang dipakai. Selain itu, jam tangan ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau dan bukan tergolong jam tangan mewah atau eksklusif.

Swatch SR1130SW-GB743 “Pope”
Swatch SR1130SW-GB743 “Pope”

Selain Swatch, Paus Fransiskus juga diduga memiliki jam tangan Casio Standard MQ 24 7B2. Dari salah satu sumber yang kami himpun yaitu situs religionunplugged, sumber tersebut menyatakan Casio sempat mengonfirmasi merek dan model jam tangan tersebut untuk pertama kalinya. Perwakilan Casio mengatakan sepertinya Paus Fransiskus memakai Casio MQ24-7B2 yang harganya sekitar Rp300 ribuan.

Casio Standard MQ 24 7B2 “Pope”
Casio Standard MQ 24 7B2 “Pope”

Jam Tangan Swatch Paus Fransiskus yang Dilelang

Swatch SR1130SW-GB743 milik Paus Fransiskus yang dilelang
Swatch SR1130SW-GB743 milik Paus Fransiskus yang dilelang

Sebelumnya di akhir tahun 2022, Paus Fransiskus juga menyumbangkan i jam tangan miliknya yaitu Swatch SR1130SW-GB743. Jam tangan tersebut dilelang dalam penjualan amal yang diselenggarakan Rago/Wright di Chicago, Amerika Serikat, (2022). Jam tangan tersebut didonasikan oleh Paus Fransiskus sebagai hadiah dalam upaya pengumpulan dana untuk  Brian LaViolette Scholarship Foundation yang mengadakan penjualan 49-lot sale bertajuk “Once Upon a Time Watch Project”.

Jam tangan tersebut terjual dengan harga  US$100.000 atau sekitar Rp1,5 milyar. Koleksi Swatch SR1130SW-GB743 tersebut juga dilengkapi surat keaslian dari sekretaris pribadi Paus Fransiskus, yaitu Pastor Fabio Salernon kepada keluarga LaViolette dan anggota Yayasan Brian LaViolette. Sepertinya setelah acara lelang, Paus kembali memiliki dan memakai jam tangan Swatch SR1130SW-GB743. Tidak heran karena jam tangan tersebut bukanlah produk eksklusif serta dapat ditemukan dengan mudah di toko jam tangan di seluruh dunia.

Jam Tangan yang Dipakai Paus Fransiskus Menunjukan Kesederhanaannya

Baik Swatch maupun Casio, jam tangan yang dipakai oleh Paus Fransiskus tetaplah menunjukan kesederhanaannya. Kedua jam tangan tersebut dirancang dengan hanya fungsi penunjuk waktu dan memakai quartz movement sehingga cukup akurat untuk harian dan sangat fungsional.

Demikianlah ulasan tentang jam tangan yang dipakai oleh Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Jakarta. Apakah kamu tertarik untuk mengoleksinya? Dapatkan koleksi Swatch lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more