Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Membersihkan strap jam tangan

Membersihkan strap jam tangan

Bagi para watch enthusiast, keluar rumah tanpa pakai jam tangan rasanya ada yang hilang. Kalau kamu termasuk golongan ini, kamu mungkin pakai jam tangan setidaknya 8-12 jam dalam sehari. Kalau baju yang kamu pakai seharian biasanya langsung dicuci, bagaimana dengan jam tanganmu?

Ya, jam tangan juga perlu dirawat dan dibersihkan, guys. Jangan cuma dipakai terus. Apalagi jam tangan bersentuhan langsung dengan kulit, terkena keringat hingga debu seiring aktivitas kita. Bakteri dan jamur bisa bersarang di sana.

Beberapa waktu lalu, sudah dibahas cara membersihkan jam tangan. Kali ini kita akan bahas secara spesifik cara membersihkan strap jam tangan berdasarkan materialnya. Yuk langsung praktikkan!

1. Leather Strap

Jam tangan dengan leather strap memang butuh perawatan lebih. Terkena air sedikit boleh, tapi sebaiknya hindari merendam strap kulit dalam air. Begini cara membersihkannya strap kulit:

Spinnaker Vintage Spence dengan leather strap.

Untuk memperpanjang usia strap, sebaiknya jangan digunakan setiap hari. Sebab bila digunakan setiap hari non-stop, strap leather bisa lebih cepat rusak. Setelah dipakai, istirahatkan strap leather-mu dengan mengganti strap atau memakai jam tangan lain.

Perawatan jam tangan kesayangan agar awet dan tahan lama

2. NATO dan Nylon Strap

Sebagian orang memilih jam tangan dengan nylon strap atau NATO karena kenyamanan dan fleksibilitasnya. Strap nylon juga tahan air dan paparan sinar matahari sehingga cocok mendukung aktivitasmu sehari-hari. 

Seiko Solar SZEV014. Foto: Seiko

Kekurangannya, strap nylon lebih mudah kotor, bau, dan bernoda. Nah, begini cara membersihkan atau mencuci NATO atau strap nylon jenis lain:

Sebenarnya ada cara yang lebih praktis. Setelah strap nylon dilepas dari case jam tangan, masukkan ke kaos kaki yang nggak terpakai. Setelah itu masukkan ke mesin cuci bersama dengan cucian lain. Eits, nggak perlu dimasukkan ke pengering ya, sebab strap nylon bisa meleleh bila terpapar panas berlebihan!

5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

3. Rubber Strap

Dibandingkan strap jam tangan jenis lain, rubber strap adalah yang paling mudah dibersihkan. Selain itu, rubber strap juga nyaman dipakai dan tahan lama. Strap jenis ini juga cocok untuk kamu yang aktif karena rubber nggak mudah bau. Berikut cara membersihkannya:

G-Shock GBX-100 dengan strap rubber. Foto: G-Shock

4. Bracelet

Kamu mungkin termasuk orang yang suka jam tangan dengan strap stainless steel atau bracelet. Kesannya memang lebih mewah dan elegan. Tapi sayang bracelet sedikit lebih susah dibersihkan daripada strap jenis lain. Berikut caranya:

Seiko Prospex SRPB99K1 dengan stainless steel strap/bracelet. Foto: Seiko

Gimana, sudah siap membersihkan strap jam tanganmu? Jam tangan kesayangan memang butuh perawatan. Jika strap jam tanganmu bersih, pasti juga nyaman dipakai.

Nah, kalau kamu lagi ingin menambah koleksi jam tangan, kamu bisa langsung mengunjungi Jamtangan.com. Banyak pilihan jam tangan branded dengan berbagai jenis strap. Yuk dipilih!

Baca Selengkapnya