Jacob & Co. Rilis Bugatti Tourbillon, Harganya Dibanderol 5,5 Miliar Rupiah!

Jacob & Co. Bugatti Tourbillon
Jacob & Co. Bugatti Tourbillon
Jacob & Co. Bugatti Tourbillon

Luxury brand asal Swiss, Jacob & Co., baru saja merilis jam tangan yang terinspirasi dari hypercar terbaru dari Bugatti yaitu Tourbillon. Jam tangan ini menghadirkan desain otomotif yang gagah dan sporty. Rilis secara limited edition, Jacob & Co. Bugatti Tourbillon hanya diproduksi sebanyak 250, sama seperti jumlah hypercar-nya. Untuk 150 produksi pertama dibuat dengan spesifikasi dan warna sesuai yang diulas pada artikel ini, 100 sisanya dibuat berdasarkan permintaan. Adapun harganya dibanderol US$340.000 atau setara Rp5,5 miliar! Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Jacob & Co. Berkolaborasi dengan Bugatti Sejak 2019

Jacob & Co. dan Bugatti telah menjalin kemitraan sejak 2019 lalu, saat itu mereka merilis jam tangan limited edition yang terinspirasi dari Bugatti Chiron dengan mesin W16 di dalamnya. Kali ini, kedua brand ini menghadirkan kreasi baru untuk merayakan peluncuran hypercar generasi terbaru dari Bugatti, yaitu Tourbillon. Adapun proses development Bugatti Tourbillon ini telah berjalan mulai Januari 2023 lalu. 

Desainnya Terinspirasi dari Bugatti Tourbillon

Bugatti Tourbillon
Bugatti Tourbillon

Sesuai namanya, jam tangan ini terinspirasi dari seri mobil terbaru Bugatti, yakni Tourbillon. Ini adalah mobil plug-in hybrid pertama dari Bugatti yang menggunakan mesin V16 8,3 liter. Untuk mengadopsi unsur otomotif dari mobil ini, Jacob & Co. menghadirkan 10 elemen desain jam tangan yang terinspirasi dari mobil ini. Mulai dari subdial yang dirancang seperti dashboard dan rpm mobil, hingga movement yang meniru mesin V16.

Jacob & Co. Bugatti Tourbillon Menggunakan Case Titanium

Case Jacob & Co. Bugatti Tourbillon
Case Jacob & Co. Bugatti Tourbillon

Jam tangan ini memiliki case dari material titanium dengan lapisan DLC berwarna hitam. Tampilan case-nya tampak maskulin dengan ukuran 52 mm x 44 mm yang mencerminkan bodywork berotot khas mobil. Lalu 3 subdial, miniatur mesin V16, serta bagian back case diberi sapphire crystal. Jam tangan ini juga sudah tahan air hingga 30 meter.

Adapun crown besar di bagian bawah case yang meniru kenop kontrol seperti mobil Bugatti. Sementara strap-nya menggunakan rubber strap berwarna hitam dengan folding clasp buckle yang dilapisi oleh DLC berwarna hitam. 

Intip Desain Dial yang Gagah 

Jacob & Co. Bugatti Tourbillon
Jacob & Co. Bugatti Tourbillon

Dial jadi highlight utama dari jam tangan ini, karena Jacob & Co. Bugatti Tourbillon mengadopsi desain dashboard Bugatti Tourbillon pada 3 subdial-nya. Lalu di bawah subdial-nya terdapat miniatur blok mesin V16 yang sangat canggih.

Miniatur ini terbuat dari satu blok sapphire yang dibuat menjadi 16 silinder berongga lalu dimasukan dengan banyak piston titanium. Logo Bugatti berwarna merah ditempatkan di bawah subdial bagian tengah, logo ini juga terdapat pada grille mobil Bugatti. Sehingga secara keseluruhan, kamu dapat melihat konstruksi supercar Bugatti Tourbillon pada jam tangan ini.

Yang menarik, miniatur mesin V16 ini bisa dijalankan dengan menekan tombol pada crown di bagian bawah case. Miniatur mesin V16 ini bisa diisi power reserve-nya dengan memutar crown ke salah satu sisi, sementara jika crown diputar ke sisi lainnya akan mengisi daya movement jamtangan, indikator power reserve bisa dilihat di subdial paling kanan.

Dashboard Mobil Bugatti (atas) dan subdial jam tangan (bawah)
Dashboard Mobil Bugatti (atas) dan subdial jam tangan (bawah)

Ketiga subdial tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Pada bagian paling kiri merupakan 30-second flying tourbillon. Kecepatan putaran ini hanya membutuhkan waktu 30 detik, Jacob & Co. mengklaim ini sebagai tourbillon tercepat yang pernah ada.  

Lalu pada bagian tengah subdial merupakan indikasi mundur untuk jam dan menit, yang meniru speedometer Bugatti Tourbillon terbaru. Jarum merah penunjuk menit bergerak secara retrograde, sementara jarum biru penunjuk jam bergerak secara jumping hour (melompat ke jam berikutnya setiap 60 menit). Setiap 12 jam sekali (pukul 12 siang dan  pukul 00.00 dini hari), kedua jarum akan melompat kembali ke angka 0 dan memulai waktu 12 jam berikutnya dari awal.

Terakhir, subdial paling kanan menampilkan indikator power reserve. Bagian itu terdiri dari jarum merah sebagai indikator daya movement jam tangan, sementara jarum biru sebagai indikator daya miniatur mesin V16. Jika jarum merah full, movement bisa berjalan selama 48 jam. Sedangkan jika jarum biru full, itu cukup untuk menyalakan miniatur mesin V16 sebanyak 10 kali.

Caseback dan Movement Jacob & Co. Bugatti Tourbillon

Caseback Jacob & Co. Bugatti Tourbillon
Caseback Jacob & Co. Bugatti Tourbillon

Jacob & Co. Bugatti Tourbillon digerakkan oleh JCAM55 yang terdiri dari 557 komponen. Movement ini dapat berdetak sebanyak 21.600 vph, memiliki 74 jewels, serta cadangan daya hingga 48 jam. Kamu dapat melihat mekanisme movement ini pada bagian caseback semi transparannya yang dilindungi oleh sapphire crystal. Lalu pada back case juga terdapat kenop busur yang berfungsi untuk mengatur waktu.

Itulah informasi seputar jam tangan kolaborasi Jacob & Co. dengan Bugatti. Untuk penggemar sport car, koleksi yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Namun karena kuantitasnya terbatas dan harganya fantastis, mungkin akan cukup sulit untuk mendapatkannya. Kamu bisa dapatkan berbagai jam tangan impianmu dengan mengunjungi laman atau website Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
GBM-2100

Casio G-Shock GBM-2100 Series dengan Metal Bezel, Tough Solar dan Bluetooth

Related Posts
Total
0
Share