Hidden Gem PRX Killer! The New Seiko SSB445P1 & SUR557P1

by Fazriano Sep 18, 2024 1 min read

Case dan Bracelet Seiko SUR557P1 dan SSB455P1

Seiko SUR557P1 on wrist
Seiko SUR557P1 di pergelangan tangan 7.5 inchi

Seiko Classic SUR557P1 memiliki desain simpel dan sporty dengan dial warna hitam. Stainless steel case pada jam tangan ini dirancang dengan diameter 38.9 mm, lug to lug 44.5 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Dimensi tersebut kami nilai sangat bersahabat untuk ukuran pergelangan 6 inchi ke atas. Jam tangan ini memiliki brushed finish pada bagian atas dan samping, serta polished di setiap bevel. Di posisi angka tiga kamu akan menemukan push & pull crown tanpa guard

Jam tangan ini memiliki screw down caseback dengan circular brushed finish. Desain case tersebut membuat jam tangan ini cocok untuk kegiatan harian maupun aktivitas outdoor karena memiliki ketahanan air 100 meter. Jam tangan ini memiliki hooded lug yang berarti lug tidak menonjol keluar dan memiliki kanopi di atasnya. Desain tersebut membuat titik hubung antara lug dan strap tidak terlihat. Adapun ukuran lug pada jam tangan ini adalah 20 mm.

Seiko SUR557P1 bracelet
Hooded lug pada Seiko SUR557P1

Meskipun memiliki ukuran lug yang standar, jam tangan ini terlihat seperti memiliki desain case dan bracelet yang menyatu (integrated). Desain hooded lug serta finishing yang serasi antara case dan bracelet, membuat jam tangan ini terlihat seperti jam tangan dengan desain integrated bracelet. Stainless steel bracelet pada jam tangan ini memiliki brushed finish pada permukaan atas dan samping, serta polished pada bevel. Polished finish juga bisa kamu temukan di center link. End link dan link pada jam tangan ini memiliki konstruksi yang solid sehingga menambah kesan kokoh. Untuk sistem penguncian, jam tangan ini dilengkapi dengan 3-fold clasp dengan double push button.

Seiko SSB445P1 on wrist
Seiko SSB445P1 di pergelangan tangan 7.5 inchi

Sedangkan Seiko SSB455P1, adalah versi chronograph dari Seiko SUR557P1. Jam tangan ini dirancang dengan stainless steel case diameter 40 mm, lug to lug 45.8 mm, dan ketebalan 11.5 mm. Meskipun sedikit lebih besar daripada Seiko SUR557P1, jam tangan ini tetap nyaman dipakai karena lug to lug yang pendek. Jam tangan ini memiliki brushed finish pada bagian atas dan samping, serta polished di setiap bevel dan bagian bawah case. Di samping case kamu akan menemukan crown dan pusher chronograph. Jam tangan ini mendukung ketahanan air 100 meter. 

Seiko SUR557P1 endlink
Endlink Seiko SUR557P1

Sama seperti Seiko SUR557P1, Jam tangan ini memiliki desain hooded lug yang membantu ilusi integrated bracelet. Lug pada jam tangan ini memiliki lebar 20 mm. Desain dan finishing pada bracelet jam tangan ini serupa dengan Seiko SUR557P1, yaitu brushed finish di atas dan samping link serta polished pada bevel dan tengah link.

Teak Dial yang Semakin Dekat Semakin Keren

Seiko SUR557P1 dial
Logo Seiko pada dial Seiko SUR557P1

Dial Seiko SUR557P1 berwarna hitam dengan tekstur garis horizontal (teak dial). Hands dan marker pada jam tangan ini memiliki desain baton. Marker pada jam tangan dieksekusi dengan sangat baik. Jika kamu melihat dari dekat, marker silver pada Seiko SUR557P1 memiliki garis vertikal di atas dan bevel yang di-polished. Marker pada posisi angka 12 berbeda karena memiliki dua marker yang disatukan untuk membantu orientasi saat melihat jam tangan. Marker pada angka 3 diganti dengan date window dengan frame silver. Date wheel pada jam tangan ini memiliki latar putih dengan teks hitam. LumiBrite pada Seiko SUR557P1 berada di jarum jam, jarum menit, dan ujung setiap marker.

Seiko SSB445P1 Dial
Logo Seiko pada dial Seiko SSB445P1

Sedikit berbeda dari Seiko SUR557P1, Seiko SSB455P1 memiliki dial berwarna abu-abu gelap dan subdial berwarna hitam. Meskipun memiliki hands dan marker yang serupa dengan Seiko SUR557P1, dial pada jam tangan ini terasa lebih ramai dengan tambahan sub dial dan chapter ring. Subdial pada jam tangan ini berada di posisi angka 3 untuk menunjukan jam dengan format 24 jam yang mengikuti penunjuk jam utama, subdial posisi angka 6 untuk menunjukan detik waktu utama, dan posisi angka 9 menunjukan menit chronograph. Masing-masing sub dial memiliki teks dan jarum berwarna putih serta frame berwarna silver. Date window pada jam tangan ini berada di posisi angka 4:30, tidak memiliki frame, dan memiliki warna latar hitam dengan teks putih. LumiBrite pada Seiko SSB455P1 berada di jarum jam, jarum menit, dan indikator jam pada chapter ring. Dial pada kedua jam tangan ini dilindungi oleh flat sapphire crystal dengan anti reflective coating di sisi dalam.

Movement

Seiko SUR557P1 date window
Date window pada seiko SUR557P1

Kedua jam tangan ini ditenagai dengan in-house quartz movement. Seiko SUR557P1 dengan kaliber 6N52 dan Seiko SSB455P1 dengan kaliber 8T63. Movement 6N52 mendukung 3-hands analog dan fitur tanggal. Sedangkan kaliber 8T63 adalah movement mecha-quartz yang mendukung fitur chronograph. Movement mecha-quartz merupakan movement quartz dengan modul chronograph mekanis. Hal ini memberi karakter kepada jam tangan. Jarum detik chronograph bergerak menyapu dan akan kembali ke titik nol dalam sekejap saat me-reset chronograph sehingga karakteristiknya mirip mechanical chronograph.

Sub dial menit chronograph pada seiko SSB445P1
Sub dial menit chronograph pada seiko SSB445P1

Kedua movement ini memiliki akurasi +-15 detik per bulan dan dibekali baterai yang dapat bertahan sampai tiga tahun. Movement tersebut adalah pilihan yang sempurna bagi masing-masing jam tangan. Movement 6N52 pada SUR557P1 membuat jam tangan lebih tipis sehingga nyaman dipakai, sedangkan movement 8T63 pada SSB455P1 menambah fitur chronograph tanpa merusak desain language. Lebih dari itu, quartz movement sudah terkenal reliabel dalam menunjukan waktu, praktis dan perawatannya lebih mudah.

Kesimpulan

Seiko SUR557P1 & SSB445P1

Buat kamu yang bosan dengan tawaran jam tangan yang itu-itu saja, Mungkin Seiko SUR557P1 dan SSB455P1 bisa menjadi pilihan kamu. Kedua jam tangan ini memiliki desain yang menarik dengan hooded lug case yang membuatnya terlihat seperti integrated bracelet. Dial pada kedua jam tangan memiliki tekstur garis horizontal yang bermain dengan cahaya dengan indah. Kombinasi finishing brushed finish dan polished pada case dieksekusi dengan baik.

Seiko SUR557P1 dan SSB455P1 bukan satu-satunya pilihan dalam koleksi ini. Masing-masing dari jam tersebut juga memiliki varian warna lain yang tidak kalah menarik, kamu bisa cek di sini untuk koleksi 3-hands analog dan di sini untuk koleksi chronograph. Kedua jam tangan ini memiliki harga yang relatif terjangkau yaitu masih di bawah Rp5 juta dengan segala kelebihannya, sehingga kami bisa mengatakan jika koleksi ini merupakan “PRX killer”. Kalau kamu pilih yang mana? Kamu bisa cek koleksi Seiko lainnya di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more