Grand Seiko Rilis Dua Dress Watch “SBGW”, Ada yang Pakai Bracelet

Grand Seiko Rilis Dua Dress Watch “SBGW”, Ada yang Pakai Bracelet

Selama beberapa tahun terakhir, Grand Seiko telah memperkenalkan beberapa model jam tangan “SBGW”, yaitu jam tangan dress dengan desain klasik yang indah dan dibekali manual winding movement. Dan di akhir tahun 2023 ini, Grand Seiko mengumumkan untuk merilis Elegance Hand-Wound yang terdiri dari dua model. Kedua jam tangan tersebut adalah SBGW301 dengan leather strap hitam dan SBGW305 dengan steel bracelet

Grand Seiko Elegance Hand-Wound SBGW301 dan SBGW305
Grand Seiko Elegance Hand-Wound SBGW301 dan SBGW305

Koleksi Elegance dirancang dengan menggabungkan estetika Jepang khas Grand Seiko agar jam tangan memiliki desain timeless dan elegan saat dipakai di pergelangan tangan. Begitu pula dengan SBGW301 dan SBGW305 yang cocok dipakai sebagai dress watch. Kalau kamu penasaran dengan detail dan spesifikasi lainnya, yuk simak bocoran selengkapnya tentang Grand Seiko Elegance Hand-Wound dalam artikel di bawah ini!

Dua Versi Jam Tangan Grand Seiko Elegance Hand-Wound

Grand Seiko Elegance Hand Wound terdiri dari dua versi yaitu SBGW301 dan SBGW305. Berikut tampilan dari kedua jam tangan tersebut.

1. Grand Seiko Elegance Hand Wound SBGW301 

Grand Seiko Elegance SBGW301
Grand Seiko Elegance SBGW301

Grand Seiko Elegance SBGW301 menggunakan dial warna gading matte dengan sisi hour marker dan hands dibuat miring. Di bawah pukul 12 terdapat logo “GS” Grand Seiko. Kehadiran SBGW301 seolah menjadi rekreasi SBGW001 (2001) yang ikonis dan timeless. Sebenarnya, kebangkitan SBGW dengan manual-winding sudah dimulai sejak tahun 2017 dengan diluncurkannya SBGW231. Baik SBGW001 dan SBGW231 menggunakan black leather strap. Agar terlihat mirip dengan kedua jam tangan tersebut, Grand Seiko Elegance SBGW301 pun dilengkapi black leather strap dengan steel pin buckle.

Grand Seiko SBGW001 (kiri) dan SBGW231 (kanan)
Grand Seiko SBGW001 (kiri) dan SBGW231 (kanan)

2. Grand Seiko Elegance Hand Wound SBGW305 

Grand Seiko Elegance SBGW305
Grand Seiko Elegance SBGW305

Grand Seiko Elegance SBGW305 didesain dengan menonjolkan dial silver dan multi-row bracelet. Dial silver-nya dibuat dengan sunray brushed finish menggunakan hour marker dan hands yang sisi-sisinya dibuat miring. Desain jam tangan ini mengingatkan kita pada  SBGW235 (JDM). Bagian yang menarik dari SBGW235 adalah bracelet-nya. Bisa dibilang, sampai sekarang sulit mendapatkan bracelet SBGW235 di luar Jepang.

Beberapa butik di Eropa dan Amerika Serikat juga kesulitan untuk mendapatkannya. Namun sekarang, Grand Seiko fans di seluruh dunia sudah bisa mendapatkan jam tangan yang mirip dengan SBGW235 lengkap dengan BoR atau beads of-rice bracelet yang memiliki ukuran 19 mm pada lug dan dilengkapi folding clasp dengan push-button release.

Grand Seiko JDM ref. SBGW235
Grand Seiko JDM ref. SBGW235

Case Kecil dan Tipis pada Grand Seiko Elegance Hand-Wound

Case Grand Seiko Elegance Hand-Wound SBGW301
Case Grand Seiko Elegance Hand-Wound SBGW301

Grand Seiko Elegance SBGW301 dan SBGW305 menggunakan case dengan Zaratsu-polished finish berdiameter 37,2 mm, ketebalannya 11,7 mm, dan lug-to-lug 44.3mm. Dimensi case yang kecil dan tipis ini membuatnya nyaman dipakai oleh pergelangan tangan kecil dan mudah masuk ke sleeve baju lengan panjang. Kedua jam tangan juga menggunakan box-shaped sapphire crystal dengan lapisan anti reflective. Grand Seiko Elegance SBGW301 dan SBGW305 juga menggunakan smooth bezel yang membingkai kristal safir dengan sempurna. Dengan ketahanan air hingga 30 meter, jam tangan ini masih dapat beroperasi walaupun terkena cipratan air atau rintik hujan. 

Movement Grand Seiko Elegance SBGW301 dan SBGW305

Movement Grand Seiko Elegance dapat dilihat dari caseback
Movement Grand Seiko Elegance dapat dilihat dari caseback

Grand Seiko Elegance SBGW301 dan SBGW305 dibekali in-house hand wound movement caliber 9S64. Movement tersebut berdetak sebanyak 28.800 bph, memiliki power reserve 72 jam (3 hari), dan sudah diregulasi dengan standar tinggi Grand Seiko pada 6 posisi dan 3 suhu berbeda sehingga memiliki akurasi +5 hingga -3 detik per hari. Sedangkan caseback transparannya memperlihatkan gear train bridge besar yang terlihat estetis.

Grand Seiko Elegance Hand-Wound SBGW305 mulai tersedia pada awal Desember 2023, sedangkan SBGW301 baru akan tersedia pada awal Januari 2024. Tertarik untuk mengoleksi dress watch elegan lainnya? Segera kunjungi website/aplikasi Jamtangan.com! Ada banyak model jam tangan yang bisa kamu dapatkan di sana.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
APPLE WATCH SERIES 9 & ULTRA 2 STOP DIPASARKAN DI AS

Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 Terbaru Ditarik dari Market AS, Ini Alasannya

Next Article
spinnaker hull pearl diver

Terinspirasi Penyelam Mutiara, Spinnaker Rilis Hull Pearl Diver dengan Mother of Pearl Dial

Related Posts
Total
0
Share