Coming Soon: Garmin Fenix 8 dan Fenix E Series, Premium Smartwatch Multisport dengan Fitur Canggih

by Han Aug 29, 2024 5 min read
Garmin fēnix 8 Series

Varian, Material dan Teknologi Layar

Garmin fēnix 8 AMOLED

Garmin fēnix 8 AMOLED 51 mm Orange

Garmin fēnix 8 AMOLED dibuat dengan case polimer yang diperkuat fiber dan metal cover serta silicone strap. Koleksi ini tersedia dalam tiga varian ukuran yaitu 43 mm, 47 mm, dan 51 mm. Koleksi ini juga dibekali material premium seperti titanium bezel pada versi layar dengan kaca safir dan stainless steel bezel pada versi layar dengan Corning Gorilla Glass. Dibekali dengan layar AMOLED yang menawarkan resolusi tinggi (416 x 416 piksel untuk 43 mm dan 47 mm, serta 454 x 454 piksel untuk 51 mm). Layar AMOLED ini menawarkan kontras tinggi dan warna-warna yang hidup, bahkan di bawah sinar matahari langsung. 

Garmin fēnix 8 Solar

Garmin fēnix 8 Solar 47 mm Carbon Gray

Garmin fēnix 8 Solar dirancang dengan case polimer yang diperkuat fiber dan metal cover serta silicone strap. Koleksi ini tersedia dalam dua ukuran , 47 mm dan 51 mm , dengan layar MIP (Memory-In-Pixel) yang dilengkapi dengan teknologi pengisian daya solar serta seluruh fēnix 8 Solar dibekali titanium bezel. Layar MIP lebih hemat energi dan memungkinkan penggunaan baterai yang lebih lama, terutama saat digunakan di bawah sinar matahari langsung. Menggunakan kaca Power Sapphire, yaitu kaca safir dengan kemampuan pengisian daya solar yang ditingkatkan, memberikan perlindungan sekaligus memperpanjang masa pakai baterai. Dari segi ketebalan, fēnix 8 Solar lebih tebal (15,2 mm) dibandingkan fēnix 8 AMOLED (13,7-14,7 mm).

Garmin fēnix E

Garmin fēnix E 47 mm Slate Gray

Garmin fēnix E dibuat dengan case polimer yang diperkuat fiber dan metal cover serta silicone strap. Koleksi ini tersedia dalam ukuran 47 mm dengan layar MIP standar serta stainless steel bezel. Garmin fēnix E merupakan varian yang lebih terjangkau, namun tetap menawarkan fitur multisport yang lengkap, serta daya tahan baterai yang sangat baik. Smartwatch ini juga dilengkapi kaca Corning Gorilla Glass yang lebih ringan, namun tetap cukup tahan terhadap goresan dan benturan.

Kelebihan dan Fitur Utama

Speaker, Michropone dan Senter LED

Seluruh varian Garmin fēnix 8 dilengkapi dengan dengan speaker, mikrofon internal serta senter LED bawaan yang dapat diatur ke berbagai tingkat kecerahan. Fitur yang tidak ada di fēnix E ini sangat berguna saat beraktivitas di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan rendah.

Sistem Navigasi Global & Fitur Sensor

Seluruh seri fēnix 8 dan fēnix E dilengkapi dengan dukungan multi-band GNSS yang mencakup GPS, GLONASS, Galileo, dan BeiDou sehingga memberikan akurasi posisi terbaik di berbagai lingkungan. Selain itu, seluruh fēnix 8 dibekali sensor kesehatan dan olahraga seperti denyut nadi, oksigen dalam darah dan sensor-sensor untuk berpetualang seperti sensor termal, sensor guncangan, dan sensor tingkat cahaya. Sensor termal berfungsi memantau suhu tubuh dan lingkungan. Sensor guncangan mendeteksi benturan atau guncangan. Khusus pada fēnix 8, terdapat sensor kedalaman memungkinkan deteksi kedalaman saat menyelam dan aktivitas air lainnya hingga deteksi 40 meter. Pada fēnix E tidak dilengkapi dengan sensor kedalaman.

Ketahanan Air, Suhu dan Guncangan

Walaupun Garmin fēnix 8 dan fēnix E memiliki ketahanan air 10 ATM (100 meter). Namun fēnix 8 kini memiliki mode menyelam yang memungkinkan pengguna untuk menyelam hingga kedalaman 40 meter. Kemampuan ini didukung dengan tombol anti bocor (tidak tersedia di fēnix E) yang memastikan jam tetap berfungsi dengan baik di kedalaman tersebut. Koleksi ini juga sudah sesuai standar militer AS untuk ketahanan terhadap suhu ekstrem dan guncangan. Sementara itu fēnix E hanya memiliki APNEA mode pada mode diving-nya.

Fitur Konektivitas Lanjutan, SatIQ dan Power Manager

Garmin Pay dan Musik Onboard tersedia di semua varian fēnix 8, memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan menikmati musik tanpa perlu membawa ponsel. Khusus pada fēnix 8, dibekali teknologi SatIQ™ untuk mengoptimalkan GPS. Sementara Power Manager hadir di seluruh varian, memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan daya tahan baterai sesuai kebutuhan.

Fitur-fitur Baru

Sleep Coach dan Gen 5 Elevate Optical Sensor tersedia di semua varian, memberikan data tidur dan detak jantung yang lebih akurat. Fitur Pre-loaded TopoActive Maps yang hanya tersedia di fēnix 8 AMOLED dan fēnix 8 Solar. Fitur ini mendukung lebih dari 50 profil olahraga, sementara fēnix E fokus pada profil olahraga populer dengan metrik pelatihan dasar. Garmin fēnix 8 menawarkan kompatibilitas yang lebih baik dengan aplikasi pihak ketiga dan dukungan lebih banyak aplikasi di Garmin Connect IQ Store.

Daya Tahan Baterai

Garmin fēnix 8 AMOLED: Baterai dapat bertahan hingga 29 hari dalam mode smartwatch (untuk model 51 mm). Sementara fēnix 8 Solar yang teknologi pengisian daya solar, baterai dapat bertahan hingga 28 hari dalam mode smartwatch pada kondisi optimal. Sedangkan pada fēnix E, baterai dapat bertahan hingga 16 hari dalam mode smartwatch, memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi energi.

Garmin fēnix 8 dan fēnix E akan segera hadir di Jamtangan.com. Dengan varian yang lebih beragam dan pilihan warna yang menarik, Garmin memastikan bahwa setiap pengguna dapat menemukan smartwatch yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya mereka, baik itu untuk performa maksimal dengan fēnix 8 AMOLED dan Solar atau keseimbangan fitur dengan harga yang lebih terjangkau pada fēnix E. Garmin fēnix 8 dan fēnix E menetapkan standar baru dalam dunia smartwatch multisport, menyediakan fitur lengkap yang didesain untuk mendukung aktivitas outdoor dengan teknologi dan ketahanan yang luar biasa. Sambil menunggu koleksi ini tersedia, cek koleksi Garmin lainnya di Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more